Pembelajaran Problem Solving Modifikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Authors

  • Fahrudin Fahrudin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Netriwati Netriwati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rizki Wahyu Yunian Putra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2556

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Problem Solving Modifikasi, Ability to Understand Mathematical Concept, Learning Problem Solving Modification

Abstract

The purpose of this study is to determine the improvement of the ability to understand mathematical concepts with problem-solving learning modification better than the ability to understand mathematical concepts with conventional learning. This research is a quantitative research type of quasi-experiment. Hypothesis test used in this research is t-test. The result of research indicates that the improvement of students' mathematical concept comprehension ability using problem-solving learning modification is better than the ability to understand mathematical concept using conventional learning.

References

Asmah Ahmad, N. S. (2014). Mathematical Problem-Solving Behavior of Sucessful Problem Solvers. Malaysia: Jurnal Sains & matematik Malaysia, 4(2), 1-13.

Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di Smk. Manajemen Pendidikan, 11(1), 2–7.

Dona Dinda Pratiwi. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191-202.

Farida, F. (2015). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis VCD. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 25–32.

Karim, A. (2013). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan. 4(2), 198-207.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.

Murizal, A. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Netriwati, N. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Pemecahkan Masalah Matematis menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–190.

Patnani, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Pada Mahasiswa. Journal Psikogenesis, 1(2), 130-142.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTS di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), 16–25.

Rahman, A., Armiati, A., Akmil, A., & Rizal, Y. (2015). Implementasi Ctl Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 24–29.

Ramadhani Dwi Purwanti., Dona Dinda Pratiwi., &Achi Rinaldi. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1) , 115-122.

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model pembelajaran problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Biology Education, 1(3).

Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–282.

Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Maple 11 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91–98.

Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183–194.

Downloads

Published

31-05-2018