Paradigma Baru Kepemimpinan Madrasah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan paradigma baru kepemimpinan dimadrasah. Metode penelitian yang dihunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Kepemimpinan transformatif merupakan jenis kepemimpinan baru (new leadership paradigm) yang dipandang efektif untuk mendinamiskan perubahan, terutama pada situasi lingkungan yang bersifat transisional. Hasil penelitian menunjukan adanya pergeseran paradigma kepemimpinan di Madrasah Aliyah Al-Fadlliyah. Kepala Madrasah Aliyah Al-Fadlliyah telah memiliki dan memenuhi kelima komponen yang menunjukan karakteristik kepemimpinan transformatif yang dikemukakan oleh Bass & Avolio.References
Andang. (2014). Manajemen & kepemimpinan kepala sekolah. Yogyakarta: Arruz Media.
Indarti, L. (2017, Juni). Dimensi-Dimensi Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Islam. TA’ALLUM, 05(01).
Intan Silvana Maris, d. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII(2).
Komsyiah, I. (2016, November). Kepemimpinan Transformatif perkembangan dan implementasinya pada lembaga pendidikan. TA’ALLUM, 4(2), 295-297.
machali , I., & Hidayat, A. (2018). The Handbook Of Education Management. Jakarta: Prenadamedia.
Nurkholis. (2006). Manajemen berbasis sekolah. Jakarta: Grasindo.
Raharjo, S. T. (2006, Juli). Analisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja, komitmen organisasi dan kinerja karyawan (studi empiris pada Depag Kabupaten kendal dan Depag Kota Semarang. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, 3(2).
Robbins, S. (2002). Perilaku Organisasi . Jakarta: Penerbit Erlangga.
Shulhan, M. (2017, November). Dialektika Gaya Kepemimpinan Transformatif Dan Madrasah Unggul Dalam Perspektif Kebijakan Daya Saing Pendidikan Bermutu. TA’ALLUM, 5(2).
Usman, M. U. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).