EVALUASI KINERJA PERGURUAN TINGGI ISLAM BERBASIS BALANCED SCORECARD
Abstract
Pendirian lembaga pendidikan tinggi Islam sudah dirintis sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda hingga sekarang. Seperti sama-sama kita ketahui, dalam pertumbuhan dan perkembangannya telah berdiri cabang-cabang perguruan tinggi Islam untuk memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang lebih luas terhadap masyarakat. Untuk mengukur kinerja perguruan tinggi Islam salah satunya adalah dengan balanced scorecard. Empat perspektif pengukuran kinerja perguruan tinggi menggunakan Metode Balanced Scorecard: (a) Konsumen: untuk mengetahui bagaimana pelanggan menilai kita; (b) Internal bisnis: untuk mengetahui keunggulan yang kita miliki; (c) Inovasi dan pembelajaran: untuk mengetahui bagaimana kita melakukan perbaikan dan penyempurnaan secara terus-menerus; (d) Keuangan: untuk memberikan kinerja yang baik dari aspek keuangan kepada stakeholder. Kata kunci: balanced scorecard, internal bisnis, stakeholder
Published
2016-12-01
Section
Articles
Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).