Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Alam Lampung
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan memperoleh informasi dengan menganalisis manajemen pengembangan sumber daya manusia di sekolah alam Lampung dengan melihat dari: (1) Jenis pengembangan sdm; (2) Metode pengembangan sdm. Dan (3) paktor penghambat pengembangan sdm, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di Sekolah Alam Lampung. Hasil penelitian menunjukan. Adapun jenis dan bentuk dari pengembangan SDM disekolah alam lampung, mempunyai program “sekolah guru” adapun jenis pelatihan sdm sekolah alam lampung ada tiga yaitu: pelatihan jasadiyah, pelatihan fikriyah, pelatihan rukhiyah. Yang mana dilaksanakan dalam bentuk metode seperti enricment, workshop, cooching, ataupun pelatihan yang lain sebagaimya. yang mana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kopetensi tenaga pendidik. Kegiatan ini bisanya dilaksanakan secara berkelanjutan,sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Adapun kegitan pengembangan lainnya biasanya dilaksanakan di akhir semester biasanya di ikutsertai dari sekolah alam lainnya.References
Abdurarahmat fatonii. organisas dan manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT Renika cipta, 2009.
Abdurrahmat Fathoni. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2009.
Barney, Jay B. Integrating organizational behavior and strategy formulation research: A resource based analysis, 1992.
———. “Organizational culture: can it be a source of sustained competitive advantage?” Academy of management review 11, no. 3 (1986): 656–65.
Cardoso Faustino, Gomes. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Adi, 2003.
Danang Sunyoto. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta, 2012.
———. manajemen sumber daya manusia, CAPS,. Yogyakarta, 2012.
Edi sutrisno. manajemen sumber daya manusia. Jakarta: kencana, 2000.
Ema Kusumawati. Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi. Bekasi: Konferensi Nasional IlmuPengetahuan dan Teknologi (KNIT), 2015.
Eman Suherman. Kiat sukses Membangun SDM Indonesia Melalui Pendidikan dan Pelatihan Entrepreneurship. Cetakan pertama. Bandung: PT Alfabeta, 2012.
Gomes Faustiono Kardoso. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi II. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2003.
Hadari nawawi. manajemen sumber daya manusia (untuk bisnis yang kompetit). Yogyakarta: Gajah Mada University Pres, 2005.
Haromain, Haromain. “Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pondok Pesantren.” Jurnal Pendidikan Humaniora 1, no. 2 (2014): 136–49.
Hasibuan S.P. Malayu. manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumu Aksara, 2008.
Hasim, Rustam, Nani I. Rajaloa, dan Mukhtar Yusuf. “MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA TENAGA PENDIDIK OLEH DINAS PENDIDIKAN KOTA TERNATE.” Humano: Jurnal Penelitian 8, no. 2 (2018): 123–36.
Kadarman, Jusuf Udaya. penegantar ilmu manajemen. Jakarta: PT Prenhallindo, 2001.
Lexy J. Moloeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Mahendro, Priansyah Donni sumardjo. manajemen pengembangan sumber daya manusia. bandung: alfabeta, 2018.
Mahendro Sumardjo, Donni Juni Priansa. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta, 2018.
Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Cet.10. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Malayu S.P. Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Malayu hasibuan. manajemen sumber daya manusia. Cet. 6. Jakarta: PT Bumi askara, 2003.
Malayu S.P. Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000.
Muhtarom, Ali. “Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Profesionlitas Dosen Perguruan Tinggi Agama Islam Provinsi Banten.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 1, no. 02 (2015): 117–30.
Nana syaodih sukmadinata. metode penelitian pendidikan. bandung: PT Remaja rosdakarya, 2012.
Nurul Zuriah. Metedologi Penelitian Social Dan Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2007.
Priyatna, Muhammad. “Manajemen pengembangan sdm pada lembaga pendidikan Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 09 (2017): 21.
Rully Indrawan, Poppy Yuniawati. Metedologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, Dan Pendidikan. Bandung: PT. Rafika Aditama, 2014.
Samsudin S. manajemn sumber daya manusia. Bandung: Pustaka Setia, 2006.
Sedarmayanti. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negri Sipil. Ke-7. Bandung: PT Refika Aditama, 2014.
———. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen PNS. Banduung: PT. Refika Aditama, 2013.
———. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju, 2001.
Subandi, Subandi, dan Ahmad Fauzan. “Manajemen Good Corporate Governance Pada Usaha Kecil Dan Menengah Berbasis Sumber Daya Manusia.” AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam 23, no. 1 (2018): 173–96.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2008.
———. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Cet. 8. Bandung: Alfabeta, 2010.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Thoha, Mohammad. “Manajemen Peningkatan Mutu Ketenagaan dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Madrasah Aliyah Negeri Pamekasan.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2017): 169–82.
Tim Dosen, FIP-IKIP Malang. “Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan.” Surabaya: Usaha Nasional, 1980.
Wayne Mondy. ManajemenSumberDayaManusia. Jakarta, 2008.
Wilson Bangun. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga, 2012.
Copyright (c) 2021 Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).