Pengaruh Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy (REBT) dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.560Keywords:
REBT, Worry, Counseling, GroupAbstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena di kelas VIII SMP Gajah Mada di Bandar Lampung yang berkaitan dengan siswa yang membuktikan, dengan indikator seperti palpitasi, lupa apa yang ingin mereka katakan selanjutnya, dan perlu menginstal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mempelajari sebelum dan setelah diberikan perawatan dan konseling Rasional Emotive Behavioral Therapy (REBT) dapat membantu siswa di Sekolah Menengah Gajah Mada, Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain pra-eksperimental. Peneliti menggunakan One-Group Pretest-Posttest Designs karena mereka tidak menggunakan kelompok kontrol.Sampel penelitian ini adalah 19 siswa dari kelas VIII SMP Gajah Mada di Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan sampel purposive, yaitu teknik pemilihan sampel dengan pertimbangan tertentu. Ada penurunan pendapat siswa yang dilihat dari rerata sebelum diberi izin 55,7 dan rerata setelah diberi izin 33,7, ini juga dibuktikan dari ketentuan thitung lebih besar dari tabel (24,044-1,734), sehingga memungkinkan siswa di Gajah Sekolah Menengah Mada di Bandar Lampung menggunakan perubahan setelah diberikan layanan terapi emosi (REBT). Rehabilitasi Emosional (REBT) memiliki dampak yang meningkat di Sekolah Menengah Gajah Mada, Bandar Lampung.Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Ada penurunan kecemasan siswa dilihat dari rerata sebelum diberi perlakuan 55,7 dan rerata setelah diberi perlakuan 33,7, ini juga dibuktikan dari ketentuan thitung lebih besar dari tabel (24,044-1,734), sehingga kecemasan siswa di Gajah Sekolah Menengah Mada di Bandar Lampung mengalami perubahan setelah diberikan layanan terapi perilaku emotif rasional (REBT). Jadi dapat disimpulkan bahwa terapi perilaku emotif rasional (REBT) memiliki pengaruh dalam mengurangi kecemasan siswa di Sekolah Menengah Gajah Mada, Bandar Lampung. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Ada penurunan kecemasan siswa dilihat dari rerata sebelum diberi perlakuan 55,7 dan rerata setelah diberi perlakuan 33,7, ini juga dibuktikan dari ketentuan thitung lebih besar dari tabel (24,044-1,734), sehingga kecemasan siswa di Gajah Sekolah Menengah Mada di Bandar Lampung mengalami perubahan setelah diberikan layanan terapi perilaku emotif rasional (REBT). Jadi dapat disimpulkan bahwa terapi perilaku emotif rasional (REBT) memiliki pengaruh dalam mengurangi kecemasan siswa di Sekolah Menengah Gajah Mada, Bandar Lampung. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. dengan demikian kegelisahan siswa di Sekolah Menengah Gajah Mada di Bandar Lampung mengalami perubahan setelah diberikan layanan terapi perilaku emotif rasional (REBT). Rehabilitasi Emosional (REBT) memiliki dampak yang meningkat di Sekolah Menengah Gajah Mada, Bandar Lampung. Jadi, dapat membatalkan hasil hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. dengan demikian kegelisahan siswa di Sekolah Menengah Gajah Mada di Bandar Lampung Rehabilitasi Emosional (REBT) memiliki dampak yang meningkat di Sekolah Menengah Gajah Mada, Bandar Lampung. Jadi, dapat membatalkan hasil hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak.References
Albert Ellis 2014, The Empirical Status Of Rational Emotif Behavior Therapy (Rebt) Theory & Practice Albert Ellis Institute New York, Tersedia Jurnal (http://albertellis.orgpdf_filesThe-Empirical-Status-of-Rational-Emotive-Behavior-Theory-and-Therapy.pdf diakses pada pukul 09.30 WIB 31 Januari 2016.
Al Qur’an dan Terjemahnya (revisi terbaru D.A RI, Semarang, CV. Asy Syifa) QS. Al-Fajr ayat 27:30.
Anwar Indi Dwisty Astrid, Hubungan Self Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Sumatera Utara, Tersedia Skripsi (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/14504/1/10E00001.pdf diakses pada tanggal 25 Februari Pukul 20.39 WIB.
Aqib Zainal, Konseling Kesehatan Mental, (Bandung: CV Yrama Widya, 2013).
Dewa Ketut Sukardi, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, (Jakarta, PT. Rineka Cipta, 2008).
Fahmi Agustiana Sixtine, Tingkat Kecemasan dan Depresi Pada Penderita Geographic Tongue (Studi Epidemiologi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember), Tersedia Skripsi(httprepository.unej.ac.idbitstreamhandle12345678961579Sixtine%20Agustina%20Fahmi%20%20111610101060.pdfsequence=1.pdf diakses pada pukul 09.23 WIB 23 Maret 2016.
Friedman.S.Howard & Schustack.W.Miriam, Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern, (Jakarta: Erlangga, 2008).
Gantina Komalasari & dkk, Teori dan Teknik Konseling, (Jakarta Barat, PT Indeks, 2011).
Hadi Sutrisno, Metodologi Research, (Yogyakarta, Andi Offset, 1988).
Haryanthi Putu Suta Luh & Tresniasari Nia, Efektifitas Metode Terapi Ego State Dalam Mengatasi Kecemasan Di Depan Publik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Online) Jurnal, (http://journal.unair.ac.idfilerPDFartikel%204-14-1.pdf diakses pada tanggal26 Februari 2016 pukul 12.32 WIB.
Jayanti Tri, 2012, Mengurangi Perilaku Siswa tidak Tegas Melalui Pendekatan REBT dengan Teknik Assertive Training Univ. Negeri Semarang, (Online) Jurnal (http://journal.unnes.ac.idartikel_sjujbk309358.pdf diakses pada pukul 19.20 WIB 28 Januari 2016.
Kartono Kartini, Kamus Lengkap Psikologi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004)
Khairani Makmun, Psikologi Konseling, (Yogyakarta, CV.Aswaja Persindo, 2014).
Mappiare Andi, Pengantar Konseling dan Psikoterapi edisi Kedua, (Jakarta; PT.RahjaGrafindo Persada, 2011).
Margono.S, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010).
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012).
Nani Wulandari, Guru BK SMP Gajah Mada Bandar Lampung.
Nevid.S.Jefrfrey, dkk, Psikologi Abnormal, (Jakarta: Erlangga, 2003).
Prambudhi Ambar Yuliastri dkk, 2015, Efektivitas Group Cognitive Behavior Therapy (GCBT) dalam Menurunkan Kecemasan Menghadapi Pelaku Bullying ditinjau dari Harga Diri Pada Korban Bullying Universitas 17 Agustus, (Online) Jurnal (htt://pejournal.umm.ac.idindex.phpjiptarticleviewFile21242274.pdf diakses 19.04 WIB 29 Januari 2016.
Puspito Triyoso Adi, Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rasional Emotiv Behavior Therapy (REBT) Untuk Pengembangan Kemampuan Berfikir Positif Pada Siswa Kelas VIII mtsN Sale Rembang Tahun Ajaran 2015/2016, Tersedia Skripsi, diakses pada 20.22 WIB 31 Maret 2016.
Safaria Triantoro & Saputra.E.Nofrans, Manajemen Emosi Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda, (Jakarta: Bumi Aksara,2012).
Setianingrum Ari Agustina, & dkk, 2013, Upaya Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Umum Menggunakan Teknik Relaksasi Pada Mahasiswa FKIP Unila, Tersedia Jurnal, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/viewFile/2796/1875.pdf diakses pada 12.11WIB 20 Juli 2015).
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta, PT Rineka Cipta, 1995).
Mardia Bin Smith, Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disiplin Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, Tersedia Jurnal, (http://repository.ung.ac.idgetsimlit_res1212Pengaruh-Layanan-Konseling-Kelompok-terhadap-Disiplin-Belajar-Siswa-di-SMA-Negeri-1-Atinggola-Kabupaten-Gorontalo-Utara.pdf diakses pada 20.24 WIB 31 Maret 2016.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta CV, 2011).
Suyadi, Buku Pegangan Bimbingan Konseling untuk Paud, (Jogjakarta, Diva Press, 2009). http://wirnursing.blogspot.co.id/2009/11/ansietas-atau-kecemasan.html?m=1,diakses pada Rabu, 25 Mei 2016 jam 12.40 WIB.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author gives the right to publish the first work to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The copyright of any article published by KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling is owned by the author without restrictions. For papers with more than one author, the authors agree and are permitted by the co-authors to make decisions regarding the release of pre-publication information in the paper to the media, government agencies, or both.
When an author sends a manuscript with an Authorization Declaration Form (cover letter) to the Editorial office electronically, the manuscript is registered online through the Editorial Copyright Section and that means that the manuscript is placed under a copyright agreement with the editor and the author's copyright is officially assigned by the publisher. This process protects the author, as well as the editor, and allows coordinating permissions for reprint, post-print, or other use.
Under these rules, the authors retain copyright and other rights. Authors may make separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal, but reference to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling must be provided.Unavoidable disagreements must be communicated in writing. The author realizes that disagreement with KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling can result in rejection of the manuscript.
As a result of this Copyright Notice (taking into account the License Terms), authors and readers act under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike CC BY-SA 4.0 International License, while KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Editorial offices and publishers of Guidance and Counseling Journal obtain the right to complete the agreement. with libraries, repositories and databases for the dissemination of scientific information.