Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (CBT) dengan Teknik Self Control untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.561Keywords:
CBT, Behavior, AggressiveAbstract
Agresivitas yang dilakukan oleh remaja di sekolah adalah karena kurangnya nurani pada remaja, lebih rendah kontrol terhadap impuls, lebih rendah sensitivitas terhadap nilai-nilai moral. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan agresif adalah faktor lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMPN 9 Bandar Lampung ada siswa yang berperilaku agresif dan agresif secara verbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari terapi perilaku kognitif (CBT) dalam mengurangi motivasi agresif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimental pretest-posttest satu Desain Grup. Sampel dalam penelitian ini membuktikan 14 siswa yang memiliki kompatibilitas.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket agresif, wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan analisis data statistik (kuantitatif). Hasil perhitungan skor rata-rata sebelum memulai konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan teknik Self Control adalah 115,5 dan setelah mengikuti pelatihan konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan teknik Self Control adalah 68,5. Dari hasil uji-t dengan df = 13 dengan taraf signifikansi 0,05 -2,160. Nilai -> - (15.982> -2.160) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Terapi Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan teknik Kontrol Diri dalam Mengurangi Motivasi Kelas VIII di SMPN 9 Bandar Lampung.References
Agus, A. Rahman. Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers . 2014
Aladin, Assen. Cognitive Hypnotherapy (On-line) tersedia di: http://cognitivehypnotherapy.com/basics. html 2008
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan (Edisi Revisi VI), Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Barbara,Krahe. Perilaku Agresi.Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2001.
Baron, Robert A & Byrne, Donn. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga, 2002.
Beck, A. T. Thinking and Depression: II. Theory and Therapy (On-line), tersedia di: http://Theoryandtherapy.com/basics.html 2009
Beck, Judith S. Cognitive-Behavior Therap. New York: The Guilford Pres, 2011
Borba. Building moral intelligence. http:// www.academicjournals.org /err/PDF/ Pdf%202001/Jan/Niu. pdf diakses tang a l4/01/2016 jam 17.30 WIB. 2001.
Bush, John Winston. Cognitive Behavioral Therapy (On-line), tersedia di: http://cognitivetherapy.com/basics.html 2007
Chaplin, J.P, Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2000.
Dayakisni, dkk. Psikologi Sosial. Malang : UMM Press, 2009.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya (cet 8). Jawa Barat: Diponegoro, 2005.
Gunawan W. Adi. Jurus Pengendalian Diri (On-line) tersedia di: http://adiwgunawan.com/awg.php?cohttp://azrl.wordpress.com/2008/10/26/mengendalikan-diri/ 2008
McLeod, John, Pengantar Konseling: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Kencana, 2008
Myers, David G. Social Psychology-8th ed . New York :Higher Education, 2005.
NACB. Cognitive-Behavioral Therapy (On-line) tersedia di: http://www.nacbt.org/whatiscbt. htm 2007
Oemarjoedi, A. Kasandra. Pendekatan Cognitive Behavior dalam Psikoterapi . Jakarta: Kreativ Media, 2003.
Pengaruh Cognitif Behavior Therapy dalam Memperkuat Empati pada Remaja dengan Perilaku Agresif (On-line), tersedia di: http//www. google umk.ac.id 2013.
Rimm, Sylvia. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Santrock, J.W. Life Span Development / Perkembangan Masa Hidup . Jakarta : Erlangga, 2002
Sedarmayanti, dkk. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju, 2002.
Suciati. Psikologi Komunikasi.Yogyakarta: Buku Litera. 2015
Sugiyo. Komunikasi Antar Pribadi. Semarang : UNNES PRESS, 2005
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, 2009.
Supriyo. Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Semarang : CV. Niew Setapak, 2008
Syaripuddin Azwar. Reabilitas dan Validitas .Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.
Wayan Nurlancana. Pemahaman Individu Non Tes. Surabaya: Usaha Offest, 1990.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author gives the right to publish the first work to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The copyright of any article published by KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling is owned by the author without restrictions. For papers with more than one author, the authors agree and are permitted by the co-authors to make decisions regarding the release of pre-publication information in the paper to the media, government agencies, or both.
When an author sends a manuscript with an Authorization Declaration Form (cover letter) to the Editorial office electronically, the manuscript is registered online through the Editorial Copyright Section and that means that the manuscript is placed under a copyright agreement with the editor and the author's copyright is officially assigned by the publisher. This process protects the author, as well as the editor, and allows coordinating permissions for reprint, post-print, or other use.
Under these rules, the authors retain copyright and other rights. Authors may make separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal, but reference to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling must be provided.Unavoidable disagreements must be communicated in writing. The author realizes that disagreement with KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling can result in rejection of the manuscript.
As a result of this Copyright Notice (taking into account the License Terms), authors and readers act under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike CC BY-SA 4.0 International License, while KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Editorial offices and publishers of Guidance and Counseling Journal obtain the right to complete the agreement. with libraries, repositories and databases for the dissemination of scientific information.