Efektivitas Konseling Puisi Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas Vii SMPN 24 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.562Keywords:
Counseling, Poetry, Media, Guidance, ConfidenceAbstract
Keyakinan adalah kunci motivasi diri. Setiap orang akan membutuhkan kepercayaan diri setiap hari dalam berbagai cara, termasuk siswa dalam proses belajar di sekolah. Tingkat kepercayaan yang baik memudahkan untuk membuat keputusan dan memperlancar cara untuk membantu, membangun hubungan, dan membantu orang lain dalam membangun kesuksesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari apakah konseling puisi sebagai media bimbingan dan konseling efektif dalam meningkatkan kepercayaan siswa kelas VII SMPN 24 Bandar Lampung pada tahun akademik 2015/2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 24 Bandar Lampung yang tidak muncul saat mengikuti lomba membaca puisi dan terbang komedi, 20 siswa, yang kemudian mengajukan pertanyaan tentang kepercayaan diri yang telah disetujui validitasnya. Secara keseluruhan, siswa-siswa ini termasuk dalam kategori kurang percaya diri. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ada peningkatan kepercayaan diri siswa setelah meminta layanan konseling sebagai media bimbingan dan konseling dengan perolehan df = 18 kemudian dibandingkan dengan tabel 0,05, maka tabel = 2,101 dan nilai lebih besar dari tabel, (3,939 ≥ 2,101 ).Kelas menengah di SMP Negeri 24 Bandar Lampung pada Tahun Akademik 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ada peningkatan kepercayaan diri siswa setelah meminta layanan konseling sebagai media bimbingan dan konseling dengan perolehan df = 18 kemudian dibandingkan dengan tabel 0,05, maka tabel = 2,101 dan nilai lebih besar dari tabel, (3,939 ≥ 2,101 ). Kelas menengah di SMP Negeri 24 Bandar Lampung pada Tahun Akademik 2015/2016.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ada peningkatan kepercayaan diri siswa setelah meminta layanan konseling sebagai media bimbingan dan konseling dengan perolehan df = 18 kemudian dibandingkan dengan tabel 0,05, maka tabel = 2,101 dan nilai lebih besar dari tabel, (3,939 ≥ 2,101 ). Kelas menengah di SMP Negeri 24 Bandar Lampung pada Tahun Akademik 2015/2016.References
Abdurrahman, Fatoni. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta. 2011.
A. Said Hasan Basri. Peran Media Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Islam di Sekolah, Jurnal Dakwah. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. 2010.
Al-Quran dan Terjemahannya. Departemen Agama RI. Bandung: Syaamil Qur’an. 2007.
Anwar, Sutoyo. Pemahaman Individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2012.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2015.
Gladding, Samuel T. The Creative Arts In Counseling. USA: American Counseling Associations.2011.
Hasanah, Nur. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Lingkaran (Round) Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Gorontalo. (Skripsi Program Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)
Illarezkiwanda, Dunia BK-Bimbingan dan Konseling. [on-line], tersedia di: http://illarezkiwanda.blogspot.co.id/ [3 Maret 2016]
Ivanne’s Gallery, Peranan Percaya Diri Dalam Pembelajaran. [On-Line], tersedia di: http://vanneisblessing.blogspot.co.id/2012/02/peranan-percaya-diri-dalam-pembelajaran.html [31 Januari 2016]
John Creswell. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.
Maharani, Laila. Konseling Puisi:Konseling Diri Melalui Media Puisi. Bandar Lampung: CV. Teams Barokah. 2014.
Maya, Citraan Dalam Puisi, [On-Line], tersedia di: https://kelasmayaku.wordpress.com/2011/02/09/citraan-dalam-puisi/ [21 Maret 2016]
Muhibbinsyah. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2010.
Mustari, Mohamad. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2014.
Nursalim, Mochamad. Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Unesa university press.2010.
Prayitno. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. 2008.
Purwanti, septi rahayu. “mengatasi masalah kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling kelompok pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Karangpucung kabupaten cilacap”. (Skripsi Program Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2013)
Rostina Sundayana. Statistika Penelitian Pendidkan. Bandung: Alfabeta.2014.
Sarwono, Sarlito W. Dan Eko A. Meinamo. Psikologi Sosial. Depok: Salemba Humanika. 2009.
Sarwitto, Putra, Ciri-Ciri Orang Percaya Diri, [On-Line], Tersedia di: http://wargasawitto.blogspot.co.id/2013/02/ciri-ciri-orang-percaya-diri.html [30 Januari 2016]
Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.2005.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2013.
Suhardita, Kadek. “Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa”. Edisi Khusus No.1. Agustus 2013
Supriatna, Mamat. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rajawali Pers. 2011.
Tumigar, Sriwahyuni. “Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Dengan Model Amati, Tiru, Modivikasi Menggunakan Media Video Pembacaan Puisi Pada Siswa Kelas VII A SMPN 1 Sambong Kabupaten Blora”. Skripsi (Semarang, UNS, 2014)
Undana. Pelaksanaan Kegiatan, [On-Line], tersedia di: http://bimbingankonseling-undana.blogspot.co.id/p/pelaksanaan-kegiatan.html [27 Januari 2016]
Utama, Wahyu Puja. “efektivitas Pemberian Layanan Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas IX C di SMPLB Krida Utama 2 Loceret Tahun 2014/2015”, Skripsi (Kediri, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2014)
Wayan, Nurkencana. Pemahaman Individu. Surabaya: Usaha Nasional. 2010.
Widoyo, Eko Putra. Penelitian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014
Wikipedia Bahasa Indonesia. Puisi, [on-line], tersedia di: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kategori:Puisi [15 Januari 2016]
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author gives the right to publish the first work to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The copyright of any article published by KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling is owned by the author without restrictions. For papers with more than one author, the authors agree and are permitted by the co-authors to make decisions regarding the release of pre-publication information in the paper to the media, government agencies, or both.
When an author sends a manuscript with an Authorization Declaration Form (cover letter) to the Editorial office electronically, the manuscript is registered online through the Editorial Copyright Section and that means that the manuscript is placed under a copyright agreement with the editor and the author's copyright is officially assigned by the publisher. This process protects the author, as well as the editor, and allows coordinating permissions for reprint, post-print, or other use.
Under these rules, the authors retain copyright and other rights. Authors may make separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal, but reference to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling must be provided.Unavoidable disagreements must be communicated in writing. The author realizes that disagreement with KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling can result in rejection of the manuscript.
As a result of this Copyright Notice (taking into account the License Terms), authors and readers act under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike CC BY-SA 4.0 International License, while KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Editorial offices and publishers of Guidance and Counseling Journal obtain the right to complete the agreement. with libraries, repositories and databases for the dissemination of scientific information.