Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564Keywords:
guidance, learning, resultsAbstract
Guru Bimbingan dan Konseling memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dan berat baik untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa juga memberikan bimbingan belajar sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Bimbingan adalah proses pemberian bantuan kepada siswa dalam menyelesaikan masalah belajar yang dihadapi siswa, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai hasil belajar adalah kegiatan bantuan belajar yang bertujuan agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Hasil belajar siswa, terutama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 12 Kota Bandar Lampung, berada di bawah Kriteria Minimum untuk Kelengkapan (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu 70. Kondisi ini mengharuskan guru Bimbingan dan Konseling menerapkan bimbingan belajar sehingga pembelajaran siswa hasil dapat meningkat, sehingga rumusan masalah yang diangkat " ? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi situasi tertentu (dalam konteks tertentu) dan menggambarkan apa itu tentang perilaku objek yang diteliti. Alat pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan dalam pengolahan dan analisis data langkah-langkah yang digunakan adalah reduksi data, tampilan data yaitu proses pemilihan dan penyederhanaan data, display daya adalah penyajian data secara penuh dan verifikasi data adalah proses menggambar kesimpulan. ? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi situasi tertentu (dalam konteks tertentu) dan menggambarkan apa itu tentang perilaku objek yang diteliti. Alat pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan dalam pengolahan dan analisis data langkah-langkah yang digunakan adalah reduksi data, tampilan data yaitu proses pemilihan dan penyederhanaan data, display daya adalah penyajian data secara penuh dan verifikasi data adalah proses menggambar kesimpulan.References
Abu Bakar Braja, Psikologi dan Teknik Konseling, (Jakarta: Studia Press, 2004), cet. II.
Agus Suyanto, Bimbingan Kearah Belajar yang Sukses, (Jakarta : Bulan Bintang, 2001), cet ke vi.
Ahmadi dan Uhbiyanti, Cara Belajar yang Efektif, (Yogyakarta : PUBIB, 2008).
Anni Mulyani, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009).
Burhan Bungin, Analisis Data Penelitian Kualitatif : Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003).
Cholid Narbuko dan Abu Ahmad, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Bumi Aksara, 1997).
Dalyono, Psikologi Pendidikan, (Semarang: IKIP Semarang Press, 2007).
Daryanto, Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2007).
Depdikbid, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2003 tentang Standar Pendidikan Nasional, (Jakarta: 2003).
Dewa Ketut Sukardi, Dasar-Dasar Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, (Surabaya: Usaha Nasional, 2003), edisi revisi keempat.
______________, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000) .
Djumhur dan Mohammad Surya, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, (Bandung: Ilmu, 2005), edisi revisi ketiga.
H.B. Sutopo, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Surakarta: Sebelas Maret University Press, 2002).
Hellen A, Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Ciputat Press, 2002), cet. 1
Imam Suprayogi dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial Agama, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003).
Imam Utama, Membangun Kebiasaan Belajar dalam Diri Siswa, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002).
Kartini Kartono, Bimbingan dan Dasar-dasar Pelaksanaannya, (Jakarta; Rajawali Bina Aksara, 2003).
______________, Pengantar Metodologi Riset Sosial, (Bandung: Alumni Madar Maju, Cetakan IV, 2006).
Koenjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, Cet. ke 4, 2003).
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002).
Moh. Surya, Bimbingan Belajar Sukses, (Surabaya : Bina Ilmu, 1998).
Muhammad Fariska, Kualitas Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003).
Muhammad Umar dan Sartono, Bimbingan dan Penyuluhan, (Bandung: Pustaka Setia, 2008).
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2005).
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).
______________, Tuntunan Menyusw Karya Ilmiah, (Jakarta: Sinar Baru, 2007), Edisi Revis ketiga.
Nawawi Nurdin, Urgensitas Evaluasi Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Press, 2002).
Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001).
Prayitno, dkk., Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Depdiknas, 2003).
Rohman Ali. Bimbingan Konseling : Telaah Fungsi dan Peran), (Jakarta: Media Amanah, 2007), edisi Revisi kedua.
S. Nasution, Metode Research : Penelitian Ilmiah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), Cet kesebelas.
______________, Metodologi Penelitian Dasar, (Jakarta: Bulan Bintang, 1994).
Sardiman AM., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004).
Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009).
Sutrisno Hadi, Metodologi Research, (Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM., 1986), Jilid I.
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).
Syamsu Yusuf LN, A. Juntika Nurihsan, Landasan Bimbingan dan Konseling, (Bandung: Rosda Karya, Cet. I, 2005).
Tim Sinar Grafika, Himpunan Perundang-undangan Rl Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). (Jakarta : Sinar Grafika, 2003).
Winarno Surahmad, Dasar dan Tehnik Research, (Bandung: Tarsito, 2001), cet. III.
WS. Winkel, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, (Jakarta: Gramedia, 2002), cet. Ke-4.
Yusuf Gunawan, Pengantar Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: Gloria Indonesia, 2001).
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author gives the right to publish the first work to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The copyright of any article published by KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling is owned by the author without restrictions. For papers with more than one author, the authors agree and are permitted by the co-authors to make decisions regarding the release of pre-publication information in the paper to the media, government agencies, or both.
When an author sends a manuscript with an Authorization Declaration Form (cover letter) to the Editorial office electronically, the manuscript is registered online through the Editorial Copyright Section and that means that the manuscript is placed under a copyright agreement with the editor and the author's copyright is officially assigned by the publisher. This process protects the author, as well as the editor, and allows coordinating permissions for reprint, post-print, or other use.
Under these rules, the authors retain copyright and other rights. Authors may make separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal, but reference to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling must be provided.Unavoidable disagreements must be communicated in writing. The author realizes that disagreement with KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling can result in rejection of the manuscript.
As a result of this Copyright Notice (taking into account the License Terms), authors and readers act under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike CC BY-SA 4.0 International License, while KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Editorial offices and publishers of Guidance and Counseling Journal obtain the right to complete the agreement. with libraries, repositories and databases for the dissemination of scientific information.