Layanan Informasi Karir dalam Meningkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Kelas X Di Sekolah Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.565Keywords:
Service, Information, Career, MaturityAbstract
Kematangan karier siswa yang sangat rendah menjadi masalah di dunia pendidikan dilihat dari siswa yang masih ragu tentang karier di masa depan dalam menentukan masa depan yang sesuai dengan mereka. masalah dalam penelitian ini adalah "apakah upaya bimbingan karir dalam meningkatkan kematangan karir Madrasah Kelas X Aliyah Qudsiyah Kotabumi Siswa Madrasah dapat ditingkatkan setelah konseling kelompok". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kematangan karier yang dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Kotabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Design One Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 siswa dari Kelas X Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi Lmpung Utara, hasil skor tertinggi kematangan karier kuesioner adalah 25 item. Angket digunakan sebagai Pretest dan Posttest. Nilai rata-rata Karir Jatuh Tempo sebelum bergabung adalah 47,2 dan setelah mengikuti konseling, skor itu meningkat menjadi 73,3. dari hasil uji t dengan (df) = 9 taraf signifikan 0,05 sebesar 2,262. Karena nilai thitung ≥tabel (4,063 ≥ 2.262), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh layanan informasi karier dalam meningkatkan kematangan karier secara efektif untuk meningkatkan kematangan karier pada siswa di Madrasah aliyah qudsiyah Kotabumi , Lampung Utara. saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar guru bimbingan dan konseling dapat melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memasukkan layanan informasi kepada siswa. dari hasil uji t dengan (df) = 9 taraf signifikan 0,05 sebesar 2,262. Karena nilai thitung ≥tabel (4,063 ≥ 2.262), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh layanan informasi karier dalam meningkatkan kematangan karier secara efektif untuk meningkatkan kematangan karier pada siswa di Madrasah aliyah qudsiyah Kotabumi , Lampung Utara. saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar guru bimbingan dan konseling dapat melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memasukkan layanan informasi kepada siswa. dari hasil uji t dengan (df) = 9 taraf signifikan 0,05 sebesar 2,262. Karena nilai thitung ≥tabel (4,063 ≥ 2.262), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh layanan informasi karier dalam meningkatkan kematangan karier secara efektif untuk meningkatkan kematangan karier pada siswa di Madrasah aliyah qudsiyah Kotabumi , Lampung Utara. saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar guru bimbingan dan konseling dapat melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memasukkan layanan informasi kepada siswa. yang berarti ada pengaruh layanan informasi karier dalam meningkatkan kematangan karier secara efektif terhadap peningkatan kematangan karier pada siswa di Madrasah aliyah qudsiyah Kotabumi, Lampung Utara. saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar guru bimbingan dan konseling dapat melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memasukkan layanan informasi kepada siswa. yang berarti ada pengaruh layanan informasi karier dalam meningkatkan kematangan karier secara efektif terhadap peningkatan kematangan karier pada siswa di Madrasah aliyah qudsiyah Kotabumi, Lampung Utara. saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar guru bimbingan dan konseling dapat melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memasukkan layanan informasi kepada siswa.References
Al-Quran Terjemahan. Penyelenggara Penerjemah Al-Quran.
Anifa Nisrina Ayuni, Kematangan Karir Siswa Kelas Xl Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Keadaan Ekonomi Keluarga Di Sma Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2014/2015 (Skripsi Program Studi Bimbingan Dan Konseling Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Pendidikan Universitas Hegeri Yogyakarta) 2015
Arikunto, Suharsini, Prosedure Penelitian Jakarta, Rineka Cipta. 2010
Dewa Ketut Sukardi, MBA,MM. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, Pt Rineka Cipta, Jakarta, 2008
Gani, A. Ruslan, Bimbingan Karir, Angkasa, Bandung Cet2. 2010
Hendrik, Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai-Nilai Entrepreneurship Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa,(Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol.16, No 3, Januari 2015 IKIP PGRI Pontianak Kalimantan Barat, Hlm 26.(23 Oktober 2016)
M. Ramli, Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kematangan Karir Siswa Sma Negeri 1 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara, Jurusan Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.
Novalia, Muhamad Syazali, Olah Data Penelitian Pendidikan, Bandar Lampung , 2014
Nurul Hidayah, Model Konseling Trait And Factor Terhadap Perencanaan Karir Pada Peserta Didik Kelas Vll Sekolah Manangah Pertama Negeri 28 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013, Skripsi, (Bandar Lampung: Iain Raden Intan Lampung , 2014),
Prayitno Dan Amti, Erman, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta, Pt. Rineka Cipta.2008
Purwati, Cicih. Meningkatkan Minat Studi Lanjut Ke Smk Melalui Layanan Informasi Karir Peserta Didik Kelas VIII SMP 2 Salem, Skripsi, Semarang, Universitas Negeri Semarang.
Rahma, Ulifah, Bimbingan Karir Peserta Didik, Malang : UIN:MALIKI Pres. 2010
Raja Grafindo Persada.2008
Rusman Tedi, Aplikasi Statistik Penelitian dengan SPSS edisi 4,Bandar Lampung, 2013
Sadiana, Khuria. Pengaruh Penggunaan Konseling Kelompok Rasional Emotif Terapi Dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Pada Peserta Didik Kelas X Do Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Pendidikan Krisna Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi,( Bandar Lampung), 2014
Sugiyono,Metode Penelitian Manajemen, Bandung, Penerbit Alfabeta.2013. Surakarta CV.ITA. 2014
Tohirin, Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah, Jakarta, Pt.
Undang-Undang Dasar Republik Indonesi, Pasal 27 (2), Surakarta CV.IT,
Wagilto, Bimo.Bimbingan Dan Konseling, Yogyakarta: ANDI,2010
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author gives the right to publish the first work to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The copyright of any article published by KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling is owned by the author without restrictions. For papers with more than one author, the authors agree and are permitted by the co-authors to make decisions regarding the release of pre-publication information in the paper to the media, government agencies, or both.
When an author sends a manuscript with an Authorization Declaration Form (cover letter) to the Editorial office electronically, the manuscript is registered online through the Editorial Copyright Section and that means that the manuscript is placed under a copyright agreement with the editor and the author's copyright is officially assigned by the publisher. This process protects the author, as well as the editor, and allows coordinating permissions for reprint, post-print, or other use.
Under these rules, the authors retain copyright and other rights. Authors may make separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal, but reference to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling must be provided.Unavoidable disagreements must be communicated in writing. The author realizes that disagreement with KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling can result in rejection of the manuscript.
As a result of this Copyright Notice (taking into account the License Terms), authors and readers act under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike CC BY-SA 4.0 International License, while KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Editorial offices and publishers of Guidance and Counseling Journal obtain the right to complete the agreement. with libraries, repositories and databases for the dissemination of scientific information.