Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Harga Diri Peserta Didik Kelas VIII Di MTs N 2 Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.567Keywords:
Counseling, Cognitive Behavior, Technique, RestructurisationAbstract
Harga diri sebagai hasil evaluasi individu (kognisi) tentang dirinya sendiri yang mempengaruhi emosi (kasih sayang) sehingga menampilkan perilaku menerima dan menunjukkan seberapa banyak individu percaya pada dirinya sendiri bahwa ia berharga. Individu yang memiliki harga diri rendah biasanya cenderung kurang percaya diri, karena mereka meremehkan bakat mereka sendiri dan merasa tidak ada yang menghargai mereka. Berdasarkan hasil pengamatan, wawancara dan distribusi kuesioner harga diri yang dilakukan peneliti di sekolah menemukan siswa yang memiliki harga diri rendah seperti menghindari situasi yang memicu kecemasan, kurang percaya diri dan menunjukkan rentang emosi yang sempit. Dari masalah ini para peneliti mencoba menerapkan layanan konseling perilaku kognitif dengan teknik restrukturisasi untuk siswa yang memiliki harga diri rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling perilaku kognitif dengan teknik restrukturisasi kognitif pada harga diri siswa kelas VIII di MTs N 2 Bandar Lampung pada Tahun Akademik 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain pra-eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs N 2 Bandar Lampung yang termasuk dalam kriteria harga diri rendah. Kemudian diperoleh 12 sampel menggunakan teknik sampling jenuh untuk menangani siswa ini. Skor rata-rata skor harga diri sebelum berpartisipasi dalam layanan konseling perilaku kognitif teknik restrukturisasi kognitif adalah 44,8 dan setelah mengikuti layanan konseling perilaku kognitif dengan teknik restrukturisasi kognitif meningkat menjadi 65,8. Dari hasil uji-t dengan derajat kebebasan df = 11 dengan tingkat signifikan α = 0,05 sebesar 1,796. karena thitung <tabel (-13,472 <1,796), maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh pada penerapan layanan konseling kognitif perilaku dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap harga diri siswa kelas VIII di MTs N 2 Bandar Lampung. Saran yang diajukan oleh peneliti, yaitu guru bimbingan konseling diharapkan dapat memprogram dan melatih siswa dengan penerapan layanan bimbingan konseling untuk mengatasi masalah siswa, terutama pada siswa yang memiliki penilaian diri negatif. maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh pada penerapan layanan konseling kognitif perilaku dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap harga diri siswa kelas VIII di MTs N 2 Bandar Lampung. Saran yang diajukan oleh peneliti, yaitu guru bimbingan konseling diharapkan dapat memprogram dan melatih siswa dengan penerapan layanan bimbingan konseling untuk mengatasi masalah siswa, terutama pada siswa yang memiliki penilaian diri negatif. maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh pada penerapan layanan konseling kognitif perilaku dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap harga diri siswa kelas VIII di MTs N 2 Bandar Lampung. Saran yang diajukan oleh peneliti, yaitu guru bimbingan konseling diharapkan dapat memprogram dan melatih siswa dengan penerapan layanan bimbingan konseling untuk mengatasi masalah siswa, terutama pada siswa yang memiliki penilaian diri negatif.References
Hadi Sutrisno, Metodologi Research, (Yogyakarta, Andi Offset, 1988).
Haryanthi Putu Suta Luh & Tresniasari Nia, Efektifitas Metode Terapi Ego State Dalam Mengatasi Kecemasan Di Depan Publik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Online) Jurnal, (http://journal.unair.ac.idfilerPDFartikel%204-14-1.pdf diakses pada tanggal26 Februari 2016 pukul 12.32 WIB.
Jayanti Tri, 2012, Mengurangi Perilaku Siswa tidak Tegas Melalui Pendekatan REBT dengan Teknik Assertive Training Univ. Negeri Semarang, (Online) Jurnal (http://journal.unnes.ac.idartikel_sjujbk309358.pdf diakses pada pukul 19.20 WIB 28 Januari 2016.
Kartono Kartini, Kamus Lengkap Psikologi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004)
Khairani Makmun, Psikologi Konseling, (Yogyakarta, CV.Aswaja Persindo, 2014).
Mappiare Andi, Pengantar Konseling dan Psikoterapi edisi Kedua, (Jakarta; PT.RahjaGrafindo Persada, 2011).
Margono.S, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010).
Novalia, Muhamad Syazali, Olah Data Penelitian Pendidikan, Bandar Lampung , 2014
Nurul Hidayah, Model Konseling Trait And Factor Terhadap Perencanaan Karir Pada Peserta Didik Kelas Vll Sekolah Manangah Pertama Negeri 28 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013, Skripsi, (Bandar Lampung: Iain Raden Intan Lampung , 2014),
Prayitno Dan Amti, Erman, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta, Pt. Rineka Cipta.2008
Purwati, Cicih. Meningkatkan Minat Studi Lanjut Ke Smk Melalui Layanan Informasi Karir Peserta Didik Kelas VIII SMP 2 Salem, Skripsi, Semarang, Universitas Negeri Semarang.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2015.
Gladding, Samuel T. The Creative Arts In Counseling. USA: American Counseling Associations.2011.
Hasanah, Nur. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Lingkaran (Round) Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Gorontalo. (Skripsi Program Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo)
Illarezkiwanda, Dunia BK-Bimbingan dan Konseling. [on-line], tersedia di: http://illarezkiwanda.blogspot.co.id/ [3 Maret 2016]
Ivanne’s Gallery, Peranan Percaya Diri Dalam Pembelajaran. [On-Line], tersedia di: http://vanneisblessing.blogspot.co.id/2012/02/peranan-percaya-diri-dalam-pembelajaran.html [31 Januari 2016]
John Creswell. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.
Maharani, Laila. Konseling Puisi:Konseling Diri Melalui Media Puisi. Bandar Lampung: CV. Teams Barokah. 2014.
Maya, Citraan Dalam Puisi, [On-Line], tersedia di: https://kelasmayaku.wordpress.com/2011/02/09/citraan-dalam-puisi/ [21 Maret 2016]
Muhibbinsyah. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2010.
Mustari, Mohamad. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2014.
Nursalim, Mochamad. Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Unesa university press.2010.
Prayitno. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. 2008.
Purwanti, septi rahayu. “mengatasi masalah kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling kelompok pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Karangpucung kabupaten cilacap”. (Skripsi Program Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2013)
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author gives the right to publish the first work to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The copyright of any article published by KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling is owned by the author without restrictions. For papers with more than one author, the authors agree and are permitted by the co-authors to make decisions regarding the release of pre-publication information in the paper to the media, government agencies, or both.
When an author sends a manuscript with an Authorization Declaration Form (cover letter) to the Editorial office electronically, the manuscript is registered online through the Editorial Copyright Section and that means that the manuscript is placed under a copyright agreement with the editor and the author's copyright is officially assigned by the publisher. This process protects the author, as well as the editor, and allows coordinating permissions for reprint, post-print, or other use.
Under these rules, the authors retain copyright and other rights. Authors may make separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal, but reference to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling must be provided.Unavoidable disagreements must be communicated in writing. The author realizes that disagreement with KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling can result in rejection of the manuscript.
As a result of this Copyright Notice (taking into account the License Terms), authors and readers act under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike CC BY-SA 4.0 International License, while KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Editorial offices and publishers of Guidance and Counseling Journal obtain the right to complete the agreement. with libraries, repositories and databases for the dissemination of scientific information.