Pengaruh Assertiveness Training Terhadap Konsep Diri pada Peserta Didik Kelas X Di SMK N 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.571Keywords:
Counseling, Assertiveness, Training, , Concept, SelfAbstract
Konsep diri sangat penting bagi kehidupan seseorang karena dengan konsep diri, seseorang dapat mengendalikan perilakunya dan dapat mengetahui mana yang baik dan buruk baginya. Masalah konsep diri siswa dapat dikategorikan sebagai masalah sosial pribadi, karena siswa yang memiliki konsep diri negatif tidak hanya mempengaruhi perkembangan mereka, tetapi juga mempengaruhi reaksi terhadap situasi di lingkungan mereka. Pelatihan Ketegasan adalah latihan keterampilan sosial yang diberikan kepada individu yang terganggu oleh kecemasan, tidak mampu membela hak-hak mereka, menjadi terlalu lemah, membiarkan orang lain merusak diri mereka sendiri, dan tidak mampu mengekspresikan kemarahan mereka dengan baik dan mudah tersinggung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pelatihan ketegasan pada konsep diri pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental, menurut sifatnya penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner, observasi, wawancara dan teknik dokumentasi. Selanjutnya, langkah-langkah yang digunakan dalam menganalisis data adalah pertama mengedit, coding, entri data, dan pembersihan kemudian untuk mengetahui keberhasilan percobaan dengan menggunakan uji t dan dengan bantuan program SPSS. Hasil yang diperoleh bahwa, konsep diri siswa kelas X di SMK Negeri 5 Bandar Lampung dapat dipengaruhi oleh konseling asertivenes pelatihan. Hal ini dapat dilihat dengan: perubahan sikap dari sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan konseling asertivenes traing, dan berdasarkan uji pengaruh dengan uji t dapat dihitung t> dari t tabel atau (4,004>References
Cholid Narbuko & Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta, 2005
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta,2000
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, Cetakan kelima, 2014
Djaali, Psikologi Pendidikan, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2012
Dwi Prayitno, Mandiri Belajar SPSS, PT Buku Kita, Yogyakarta, 2009
Edi Kurnanto, Konseling Kelompok, Alfabeta, Bandung, 2013
Gerald Corey, Teori Dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi, PT. Refika Aditama, 2013
Hendriati Agustiani, Psikologi Perkembangan, PT. Refika Aditama, Bandung, 2009
M Dalyono, Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2010
M. Nur Ghufron dan Rini Risnawita S, Teori-Teori Psikologi, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta, 2010
Mohammad Ali Dan Mohammad Asrori, Psikologi Remaja, Aksara, Jakarta, 2011
Nidya Damayanti, Buku Pintar Panduan Bimbingan Konseling, Araska, Yogyakarta, 2012
Nindya Damayanti, Panduan Bimbingan Konseling, Araska, 2012
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia, Jakarta, 2010
Sofyan S. Willis, Konseling Individual Teori dan Praktek, Alfabeta Bandung, 2013
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung,2013
--------------, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D, Alfabeta,Bandung, 2009
Zainal Mustafa, Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi, Graha Ilmu, Yogyakarta,2009.
http://irvanhavefun.blogspot.co.id/2012/03/teknik-asertif-training.html diakses pada tanggal 9 februari 2016
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author gives the right to publish the first work to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The copyright of any article published by KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling is owned by the author without restrictions. For papers with more than one author, the authors agree and are permitted by the co-authors to make decisions regarding the release of pre-publication information in the paper to the media, government agencies, or both.
When an author sends a manuscript with an Authorization Declaration Form (cover letter) to the Editorial office electronically, the manuscript is registered online through the Editorial Copyright Section and that means that the manuscript is placed under a copyright agreement with the editor and the author's copyright is officially assigned by the publisher. This process protects the author, as well as the editor, and allows coordinating permissions for reprint, post-print, or other use.
Under these rules, the authors retain copyright and other rights. Authors may make separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal, but reference to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling must be provided.Unavoidable disagreements must be communicated in writing. The author realizes that disagreement with KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling can result in rejection of the manuscript.
As a result of this Copyright Notice (taking into account the License Terms), authors and readers act under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike CC BY-SA 4.0 International License, while KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Editorial offices and publishers of Guidance and Counseling Journal obtain the right to complete the agreement. with libraries, repositories and databases for the dissemination of scientific information.