Efektivitas Layanan Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk Mengembangkan Tanggung Jawab Belajar pada Peserta Didik Kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.576Keywords:
study, self, management, service, counseling, behavioralAbstract
Tanggung jawab belajar adalah proses di mana seseorang berinteraksi secara langsung menggunakan semua indranya dengan objek pembelajaran dan lingkungan melalui pendidikan di sekolah yang menghasilkan perubahan perilaku seperti pengetahuan, cara berpikir, keterampilan, sikap, nilai-nilai dan kesediaan untuk menanggung semua konsekuensi dari kegiatan pembelajaran sepenuhnya kesadaran, kemauan, kepemilikan, dan disiplin yang bertujuan untuk menguasai materi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konseling perilaku dengan teknik manajemen diri efektif untuk mengembangkan tanggung jawab belajar siswa kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung pada tahun ajaran 2016/2017. Desain eksperimen semu yang digunakan adalah desain kelompok pretest-posttest nonequlvalent, yang merupakan jenis desain yang biasanya digunakan dalam percobaan yang menggunakan kelas yang sudah ada sebagai kelompok, dengan memilih kelas yang diharapkan memiliki kondisi atau kondisi yang sama. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yang memiliki kategori tanggung jawab belajar tinggi dan sedang. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengembangan tanggung jawab belajar siswa setelah menerapkan layanan perilaku dengan teknik self-management yang diperoleh (df) 78 kemudian dibandingkan dengan tabel 0,05 = 2,101, kemudian thitung ≥ ttabel ( 3,679 ≥ 2,101) atau nilai tanda (2-tailed) lebih kecil dari nilai kritis 0,005 (0,000 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, selain itu nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol (115.275 ≥ 101.925). Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan konseling perilaku dengan teknik manajemen diri dapat mengembangkan tanggung jawab belajar pada siswa kelas XI Al-Azhar 3 SMA Lampung Tengah Tahun Akademik 2016/2017.References
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta
Arintoko. 2011. Wawancara Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Andi
Azwar, Saifuddin. 2004. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunarsa, D. Singgih. 2004. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.
Gerungan W.A. 2010. Psikologi Sosial. Bandung. Refika Aditama
Hartono dan Boy Soedarmadji. 2012. Psikologi Konseling Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Komalasari, Gantina, Wahyuni dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.
Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.
Mappiare, Andi. 2006. Kamus Istilah Konseling & Terapi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Marwi, Trio Isnansyah dan Sutijono. (2012). Penggunaan Strategi Pengelolaan Diri (Self-Management) Untuk Mengurangi Tingkat Kemalasan Belajar Pada Siswa Kelas VIII E MTs Al Rosyid Dander-Bojonegoro, Vol. 12 No. 1. Diambil di http://ppb.jurnal.unesa.ac.id/130_891/ [di akses pada tanggal 8 April 2013].
Nursalim dan Mustaji. 2010. Media BImbingan dan Konseling. Semarang: Penerbit Unesa University Press
Rusmana Nandang. 2009. Bimbingan dan Konseling kelompok di Sekolah. Bandung. Rizqi Press
Tirtarahardja umar dan Sulo S. L. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Sudani, dkk. 2013. Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Teknik Pemodelan Untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada
Diunduh dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/765/638 pada tanggal 19 September 2013.
Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The author gives the right to publish the first work to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The copyright of any article published by KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling is owned by the author without restrictions. For papers with more than one author, the authors agree and are permitted by the co-authors to make decisions regarding the release of pre-publication information in the paper to the media, government agencies, or both.
When an author sends a manuscript with an Authorization Declaration Form (cover letter) to the Editorial office electronically, the manuscript is registered online through the Editorial Copyright Section and that means that the manuscript is placed under a copyright agreement with the editor and the author's copyright is officially assigned by the publisher. This process protects the author, as well as the editor, and allows coordinating permissions for reprint, post-print, or other use.
Under these rules, the authors retain copyright and other rights. Authors may make separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal, but reference to KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling must be provided.Unavoidable disagreements must be communicated in writing. The author realizes that disagreement with KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling can result in rejection of the manuscript.
As a result of this Copyright Notice (taking into account the License Terms), authors and readers act under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike CC BY-SA 4.0 International License, while KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Editorial offices and publishers of Guidance and Counseling Journal obtain the right to complete the agreement. with libraries, repositories and databases for the dissemination of scientific information.