Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca
DOI:
https://doi.org/10.24042/terampil.v10i1.13725Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan Membaca, Pojok BacaAbstract
Terdapat peserta didik kelas V yang belum lancar membaca sehingga diperlukan gerakan literasi sekolah melalui pojok baca agar kemampuan membaca siswa menjadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi sekolah melalui pojok baca dalam meningkatkan kemampuan membaca, kemampuan membaca peserta didik setelah diterapkan pojok baca, dan dampak dan kendala dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah melalui pojok baca dalam meningkatkan kemampuan membaca. Metode penelitian dalam penelitian ini kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Data dianalisis meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi gerakan literasi sekolah melalui pojok baca telah sampai pada tahap pembiasaan dan tahap pengembangan. Tahap pembiasaan dilakukan dengan kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dan tahap pengembangan dilakukan dengan kunjungan ke perpustakaan sekolah, adanya pojok baca kelas, serta adanya tim gerakan literasi sekolah. Kemampuan membaca mengalami peningkatan setelah diadakannya gerakan literasi sekolah melalui pojok baca, akan tetapi masih ada kendala yang dihadapi dalam penerapannya melalui pojok baca yaitu minimnya ruang kelas dan masih terbatasnya ketersediaan buku sehingga buku bacaan yang ada di pojok baca tidak diperbarui secara rutin.References
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV. Pilar Nusantara.
Al-Rosyid, H., Purnama, B. E., & Uly, I. (2021). Sistem informasi penjualan buku berbasis website pada toko buku standard book seller pacitan. Menulis Buku Digital Modern, 33.
Chumaidah, M., Jalil, A., & Hidayat, C. T. (2020). Taman Baca Masyarakat “Tholabul’ilmi” Sebagai Sarana Meningkatkan Literasi Desa Panduman Kecamatan Jelbuk. Journal of Community Development, 1(1), 19–24.
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437.
Febriana, M. P. M. (2022). Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca di SD Kartika II-10 Jayaloka.
Hanum, A. E. (2021). Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar melalui Program Membaca Menyenangkan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(05), 1104–1111.
Hartyatni, M. S. (2018). Membangun budaya baca melalui pengelolaan media sudut baca kelas dengan “12345.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 1–11.
Hayun, M., & Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa Sd Lab School Fip Umj. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79–89.
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh literasi terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63.
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6.
Kamal, D. B. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Media Ikan Darat Pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar.
Marimbun, A., & Tambunan, W. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 78–82. https://doi.org/10.33541/jmp.v11i2.4171
Muhammad, E. B., Sholichah, A. S., & Aziz, J. A. (2019). Pengaruh budaya membaca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat tahun 2019. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 332–343.
Naana, T. M. O., Mansyur, M., & Rabani, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Lancar Melalui Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Siswa Kelas II SD Negeri 47 Kendari. Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 77–86.
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi sebagai kecakapan hidup abad 21 pada mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40.
Pramayshela, A., Tanjung, E. Y., Pasaribu, F. Y., & Pohan, R. I. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Kelas 4 Sd. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 111–125.
Puspitaningtyas, A. R., Rofek, A., Fernanda, P. T., Jamila, N., & Prabu, R. M. A. Q. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas IA SD Negeri 1 Mangaran Tahun Ajaran 2022/2023. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 444–450.
Riana, R. (2021). Kemampuan Membaca Kritis di Tinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Membaca pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 625–631.
Rochmah, Z., & Bakar, M. Y. A. (2021). Studi Kebijakan mengenai Gerakan Literasi Sekolah. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 110–115.
Suryaman, M. (2015). Analisis hasil belajar peserta didik dalam literasi membaca melalui studi internasional (PIRLS) 2011. Litera, 14(1).
Susanti, D. I., Aminuyati, & Achmadi. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah untuk Meingkatkan Budaya Membaca di SMK Negeri 8 Pontianak. Equity In Education Journal, 1(1), 56–61.
Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–9.
Walyyunita, R., Indriati, D. K., Mustanfidah, A., & Fitriana, A. (2021). Dampak Gedget terhadap minat baca peserta didik SD/MI: Pengaruh gadget. Semai: Seminar Nasional Pgmi, 1(1), 555–568.
Zuhri, K. H. S. (2022). Implementasi Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik di SD IT Cita Mulia.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).