Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Terbitan Karya Agus Wahyudi
DOI:
https://doi.org/10.24042/terampil.v10i1.16099Keywords:
Buku Ajar, Bahasa Arab, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku ajar bahasa Arab karya Agus Wahyudi kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian menggunakan studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Analisis data dengan content analysis meliputi menyusun rangkaian instrumen berdasarkan kriteria buku ajar, mengumpulkan data, penghimpun data primer dan data sekunder, mengkategorikan data pada masing-masing indikator penelitian, menganalisis buku ajar, dan melakukan penilaian dalam indikator yang sudah ditetapkan yakni kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis terhadap buku teks bahasa Arab kelas V karya Agus Wahyudi diperoleh skor kelayakan isi 33 (91,6%) kategori “Sangat Layak”, kelayakan penyajian memperoleh 34 (65,3%) kategori “Layak”, kelayakan bahasa memperoleh 28 (100%) kategori “Sangat Layak” dan kelayakan grafik memperoleh 36 (100%) kategori “Sangat Layak”. Untuk total hasil skor secara keseluruhan penilaian instrument memperoleh 131 (86,18%) kategori “Sangat Layak”, sehingga dapat disimpulkan analisis buku ajar bahasa Arab karya Agus Wahyudi memenuhi standar BSNP dan buku ajar siap digunakanReferences
Afifuddin, M. (2021). Pembentukan Lingkungan Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Fattah (STITAF) Siman Lamongan. Cendekia, 13(01), 42–54.
Albab, D. U. (2018). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Mi Kelas Iv Kurikulum 2013 Terbitan Kemenag Ri Tahun 2020. Jurnal Al-Maqayis, 5(1), 1–17.
Ariesandi, D. (2018). Analisis unsur penokohan dan pesan moral dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata sebagai upaya pemilihan bahan ajar apresiasi sastra di SMA. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 2(1).
Asrory, A. F., Zamani, A. F., & Daroini, S. (2022). Studi Kelayakan Buku Ajar Bahasa Arab Berdasarkan Standar BSNP. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 103–116.
Azhari, A. W. (2018a). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kelas Vi Madrasah Ibtidaiah Terbitan Karya Toha Putra. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(2), 125–136.
Azhari, A. W. (2018b). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kelas Vi Madrasah Ibtidaiah Terbitan Karya Toha Putra. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(2), 125–136.
Azhari, A. W. (2018c). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Kelas Vi Madrasah Ibtidaiah Terbitan Karya Toha Putra. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(2), 125–136.
Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131–147.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.
El-Yunusi, M. Y. M., Firmansyah, B., Dena, S., & Muiz, A. (2024). Penerapan Materi Pengajaran PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 8–15.
Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2).
Garancang, S., & Ima, N. (2022). Analisis buku Teks Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kelas XII Terbitan Kementerian Agama dan Erlangga. Inspiratif Pendidikan, 11(1), 196–206.
Hadin, A. F., & Fahlevi, R. (2016). Desain bahan ajar pendidikan kewarganegaraan berbasis pendidikan anti korupsi di perguruan tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 162–172.
Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157.
Kurniawati, N. (2019). Analisis Isi Buku Siswa Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 2013. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 219–240.
Maimunah, I., Ainin, M., Muassomah, M., & Sanusi, A. (2022). Analisis Buku Ajar MI Berstandar ACTFL. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 4(2), 52–64.
Muhtarom, Y., Suharsono, S., & Syaefudin, F. (2022). Analisis Materi Buku Ajar Bahasa Arab Sekolah Menengah Pertama Terpadu Rabbi Radiyyah Rejang Lebong. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 55–61.
Muradi, A. (2018). Pembelajaran keterampilan bahasa Arab dalam perspektif gaya belajar peserta didik. Jurnal Al-Maqayis, 5(1), 72–92.
Nasution, S. (2023). Analisis Buku Ajar Durusullughah Al-Arabiyah Menurut Perspektif Rusydi Ahmad Thu’aimah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1–27.
Nisja, I. (2018). Kesesuaian buku teks bahasa dan sastra Indonesia Kelas X dengan Kurikulum 2013. Jurnal Gramatika, 4(1), 162–172.
Pransiska, T. (2018). Buku Teks Al-Lughah Al-‘Arabiyah Al-Mu’Āshirah Bagi Penutur Non Arab Desain, Kontruksi Dan Implementasi. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 1–20.
Ramah, S., & Rohman, M. (2018a). Analisis buku ajar bahasa Arab Madrasah Aliyah kurikulum 2013. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 2(2), 141–160.
Ramah, S., & Rohman, M. (2018b). Analisis buku ajar bahasa Arab Madrasah Aliyah kurikulum 2013. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 2(2), 141–160.
Ramda, A. H. (2017). Analisis Kesesuaian Materi pada Buku Teks Matematika Kelas VII dengan Kurikulum 2012. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1).
Rizal, H. S., & Chasanah, U. (2023). Analisis Konten Buku Ajar Bahasa Arab MTs Kelas VII Kurikulum KMA No. 183 2019. Jurnal Mu’allim, 5(1), 132–146.
Rokhmawati, A., Asih, I., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Rainbow Book Pada Materi Bangun Datar Kelas IV. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 85–94.
Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113–124.
Rosyadi, S. (2019a). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiayah Kelas 1 Dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Jurnal Al-Maqayis, 6(1), 1–14.
Rosyadi, S. (2019b). Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiayah Kelas 1 Dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Jurnal Al-Maqayis, 6(1), 1–14.
Siregar, S. L. A., Mulyono, M., & Surya, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis RME Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematisdan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 223–239.
Suryaningsih, Y. (2018). Ekowisata sebagai sumber belajar biologi dan strategi untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Bio Educatio, 3(2), 279499.
Syabrina, M. (2017). Menumbuhkan karakter tanggung jawab melalui buku ajar tematik integratif berbasis karakter. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 9–19.
Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian teoritis pengembangan bahan ajar bahasa Arab. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 127–144.
Wachdah, R. L. (2020). Evaluasi Buku Ajar Bahasa Arab Kelas X Madrasah Aliyah: Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Al-Ma ‘rifah, 17(1), 41–47.
Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis kontekstual dengan konsep tri hita karana untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479–490.
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8.
Yustikia, N. W. S. (2017). Pentingnya sarana pendidikan dalam menunjang kualitas pendidikan di sekolah. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 4(2), 1–12.
Zaluchu, S. E. (2020). Strategi penelitian kualitatif dan kuantitatif di dalam penelitian agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28–38.
Zulkifli, Z., & Royes, N. (2017). Profesionalisme guru dalam mengembangkan materi ajar bahasa arab di MIN 1 Palembang. Jip (Jurnal Ilmiah Pgmi), 3(2), 120–133.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).