Media Pembelajaran ICT Berbasis Video Animasi Interaktif Bahasa Inggris di Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.24042/terampil.v11i1.17599Keywords:
Soft skill, Inovasi, Pembelajaran Matematika dan Era DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran ICT berbasis Video Animasi Interaktif Bahasa Inggris di Kelas III SD. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 25 siswa. Data dikumpulkan dari observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif dimana terdapat beberapa teknik antara lain analisis data tingkat kevalidan produk dan analisis data uji coba. Analisis data kuantitatif dari masing-masing penilaian ahli, guru, dan respon siswa menggunakan skala likert dengan kategori sangat baik (5), baik (4), cukup (3), kurang (2), dan sangat kurang (1). Skor yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian terdiri dari sepuluh langkah kemudian disederhanakan menjadi empat langkah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan dari ahli materi keseluruhan mencapai 93,33%, hasil penilaian dari ahli desain/media keseluruhan mencapai 88%, hasil penilaian dari ahli media komunikasi pembelajaran keseluruhan mencapai 95%, hasil penilaian dari pengguna media keseluruhan mencapai 90%. Dari validasi dan skor penilaian para ahli dan pengguna secara keseluruhan dikategorikan sangat valid sehingga media pembelajaran ICT berbasis video animasi interaktif yang telah peneliti kembangkan, sudah memenuhi kriteria layak dan tervalidasi oleh ahliReferences
Ariawan, I. K. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Menggunakan Model Addie Pada Materi Passing Control Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3). https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.66639
Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104. http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950
Astini, N. K. S. (2020). Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Astutiningtyas, R., & Yanuartuti, S. (2020). Relokasi pembelajaran seni dalam bentuk daring online untuk meningkatkan kreativitas selama pandemi covid-19. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 138–145. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1182
Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan pendampingan pembuatan dan pemanfaatan media audio-visual interaktif dalam pembelajaran sejarah yang berbasis pada konservasi kearifan lokal bagi MGMP sejarah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 131–140. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29722
Ayuningtyas, I., Fadhilah, M. A., & Arifin, R. W. (2018). Media Pembelajaran Mengenal Hewan Dalam Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif. PIKSEL: Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 6(1), 85–94. https://doi.org/10.33558/piksel.v6i1.1403
Diartha, P. M. P., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. I. W. (2019). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19969
Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Fatmawati, N. L. (2021). Pengembangan video animasi powtoon sebagai media pembelajaran bahasa inggris usia sekolah dasar di masa pandemi. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 65–77. https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4834
Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Nearpod. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418–426. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127
Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327–338. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021
Hermawan, Y. D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Eksistensi Pendidik di Era Digital. Quality, 8(2), 303–318. http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i2.8182
Inayah, I. S. (2023). Peran Media Pembelajaran “Papan Pintar” Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2923–2936. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10049
Insiyah, L. W., & Rukmana, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Plotagon Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14000
Kurniawan, A. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pembelajaran di SMP Negeri 5 Ponorogo, Jawa Timur. Jurnal Teknodik, 55–64. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.369
Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
Munawaroh, L., Rokmanah, S., & Syachruroji, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(01), 170–180. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i01.39651
Muslih, Y. N. (2022). Layanan Konsultasi Melalui Parental Mediation untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 6(2), 169–192. https://doi.org/10.29240/jbk.v6i2.4689
Pratama, I. P. A., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 317–329. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.47377
Puspitasari, N. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid 19 pada guru SD Negeri Dukuhwaru 01. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(2).
Rivalina, R., & Siahaan, S. (2020). Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran: Kearah pembelajaran berpusat pada peserta didik. Jurnal Teknodik, 73–87. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.690
Rodiya, Y., Nugroho, W., & Kardipah, S. (2022). Pemanfaatan Dan Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis ICT Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 102–118. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v10i1.6214
Rusmana, I. M., & Kurniawarsih, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.11
Saputra, I. M. M., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 10–16. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32843
Sartika, F., Desriwita, E., & Ritonga, M. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20(2), 115–128. https://doi.org/10.21831/hum.v20i2.32598
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video animasi pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Sumarsono, A., Anisah, A., & Iswahyuni, I. (2019). Media interaktif sebagai optimalisasi pemahaman materi permainan bola tangan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.21831/jpji.v15i1.24051
Suratun, S., Irwandani, I., & Latifah, S. (2018). Video pembelajaran berbasis problem solving terintegrasi chanel youtube: pengembangan pada materi cahaya kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271–282. http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602
Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439–448. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606
Utami, Y. P., & Dewi, P. S. (2020). Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.572
Widiya, W., & Reinita, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Video Kinemaster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Sdn Gugus 1 Kecamatan Junjung Sirih Kabupaten Solok. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 108–117. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.282
Windiani, P. A., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Pernapasan Hewan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 341–353. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.45354
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).