Soft skill sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.24042/terampil.v11i1.22628Keywords:
Soft skill, Inovasi, Pembelajaran Matematika dan Era DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran soft skill sebagai inovasi dalam pembelajaran matematika di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengeksplorasi integrasi soft skill ini mempengaruhi keterlibatan siswa, motivasi belajar, dan pemahaman terhadap matematika, dengan desain penelitian studi kasus. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggabungan soft skill dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif yang signifikan. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran berbasis soft skill cenderung lebih termotivasi, terlibat aktif dalam proses belajar, dan mampu mengaplikasikan konsep matematika dalam konteks nyata dengan lebih baik. Namun, kesuksesan integrasi ini juga sangat tergantung pada dukungan dari administrasi sekolah dan kebijakan pendidikan. Administrasi sekolah yang mendukung dan kebijakan yang inklusif sangat penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan soft skill siswa. Meskipun demikian, tantangan seperti kurangnya pelatihan guru dalam mengintegrasikan soft skill, serta keterbatasan infrastruktur teknologi, tetap menjadi hambatan yang perlu diatasi. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang peran soft skill dalam pembelajaran matematika di era digital, diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pembuat kebijakan, administrator sekolah, guru, dan semua pihak yang terlibat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan matematika di masa depanReferences
Adhiwiguna, I. M. A., Artini, L. P., & Wahyuni, L. G. E. (2023). Perceived Teaching Creativity and Observed Implementation of Creativity in Distance Learning Activities. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 11(1), 42–48. https://doi.org/10.23887/jpbi.v11i1.32076
Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981–990. https://doi.org/10.58230/27454312.496
Elmasari, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Metakognitif Berbasis Softskill Pada Pendidikan Vokasi Dalam Mendukung Dunia Industri 4.0. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(4), 1385–1390. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i4.3645
Forsell, J., Forslund Frykedal, K., & Hammar Chiriac, E. (2020). Group work assessment: Assessing social skills at group level. Small Group Research, 51(1), 87–124. https://doi.org/10.1177/1046496419878269
Gomez, F. C., Trespalacios, J., Hsu, Y.-C., & Yang, D. (2022). Exploring teachers’ technology integration self-efficacy through the 2017 ISTE Standards. TechTrends, 1–13. https://doi.org/10.1007/s11528-021-00639-z
Gusteti, M. U., Rahmalina, W., Azmi, K., Mulyati, A., Wulandari, S., Hayati, R., Syariffan, S., & Nurazizah, N. (2023). Penggunaan Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Analisis Berdasarkan Studi Literatur. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2735–2747. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5963
Higgs, M., & Dulewicz, V. (2024). The Importance of Emotional Intelligence. In Leading with Emotional Intelligence: Effective Change Implementation in Today’s Complex Context (pp. 15–35). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-031-48970-9_2
Jahangiri, J., Oxman, V., & Stupel, M. (2022). Testing the NCTM 2020 Standards Using Rigorous Mathematics and Multiple Solutions to a Single Geometric Problem. Resonance, 27(6), 1061–1077. https://doi.org/10.1007/s12045-022-1397-z
Khanal, B., Devkota, K. R., Acharya, K. P., Chapai, K. P. S., & Joshi, D. R. (2024). Evaluating the competencies of university teachers in content, pedagogical, and technological knowledge. Cogent Education, 11(1), 2360854. https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2360854
Komalasari, Y., & Ayumida, S. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Smart DTD Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Jurnal Infortech, 6(1), 84–93. https://doi.org/10.31294/infortech.v6i1.22195
Li, X. (2021). Investigating US preschool teachers’ math teaching knowledge in counting and numbers. Early Education and Development, 32(4), 589–607. https://doi.org/10.1080/10409289.2020.1785226
Li, X., Zhang, S., & Cao, Y. (2022). Characteristics of Chinese high-quality mathematics lessons from a lesson structure perspective. ZDM–Mathematics Education, 54(3), 653–664. https://doi.org/10.1007/s11858-022-01365-3
Mahoney, J. L., Weissberg, R. P., Greenberg, M. T., Dusenbury, L., Jagers, R. J., Niemi, K., Schlinger, M., Schlund, J., Shriver, T. P., & VanAusdal, K. (2021). Systemic social and emotional learning: Promoting educational success for all preschool to high school students. American Psychologist, 76(7), 1128. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/amp0000701
Masduki, M., & Prastya, N. M. (2022). Perubahan Pola Kerja Jurnalistik Pasca COVID-19 dan Penurunan Kualitas Berita di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(3), 266–280. https://doi.org/10.31315/jik.v19i3.5058
Merliza, P., & Retnawati, H. (2018). Continuing professional development (CPD) for junior high school mathematics teachers: An evaluation study. REID (Research and Evaluation in Education), 4(1), 79–93. https://doi.org/10.21831/reid.v4i1.18757
Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279
Mudita, I. G., Artini, L. P., & Wahyuni, L. G. E. (2021). Perceived and Observed Teaching Creativity in Distance Learning Activity in SMA Negeri 1 Bebandem. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.31929
Mulyani, R., & Lubis, R. S. (2024). The Effect of Intellectual Intelligence (IQ) and Emotional Intelligence (EQ) on Student Mathematics Learning Outcomes. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 12(2), 354–363. https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i2.11225
Muyassaroh, K. A., & Masduki, M. (2023). Profil Berpikir Aljabar Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Generalisasi Dan Berpikir Dinamis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Fi-Fd. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(1), 27. https://doi.org/10.24853/fbc.9.1.27-42
Nilamsari, N., & Astutik, E. P. (2021). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi SPLDV Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 37–44. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.37-44
Noviyanto, W. Y., & Wardani, N. S. (2020). Meta Analysis of the Effect of the Discovery Learning Approach on the Critical Thinking Ability of Class V Thematic Science Content. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27959
Nurbaeti, N., & Syahid, A. (2023). Penggunaan Software Geogebra Classic Pada Mata Pelajaran Matematika (Program Linear). Education and Learning Journal, 4(1), 74–80. http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v4i1.204
Olszewski, B., & Crompton, H. (2020). Educational technology conditions to support the development of digital age skills. Computers & Education, 150, 103849. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103849
Pramitasari, M., & Nurfitriah, S. (2024). Loose Parts: Meningkatkan Konsep Matematika Awal Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 907–917. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.478
Saputra, H., Utami, L. F., & Purwanti, R. D. (2023). Era Baru Pembelajaran Matematika: Menyongsong Society 5.0. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 146–157. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11155
Silver, H. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3). https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3
Suryati, L., Simatupang, W., Irfan, D., & Muskhir, M. (2022). Optimasi Implementasi Soft Skill Berbasis Teknologi Informasi Bagi Guru Kejuruan pada Pendidikan Vokasi. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 90–99. https://doi.org/10.31849/zn.v4i.12705
Widiawati, Y. (2022). Investigating English language teachers at tertiary level in adopting technological pedagogical content knowledge: Challenges in the 21st century. EduLite: Journal of English Education, Literature and Culture, 7(1), 100–110. http://dx.doi.org/10.30659/e.7.1.100-110
Widjayanti, R. P., Muhimmah, H. A., & Istiqfaroh, N. (2024). Pengaruh Kurikulum di Jepang dan di Indonesia Terhadap Kualitas Pendidikan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7506–7543. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15876
Yahya, I. S., & Sanapiah, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP. Media Pendidikan Matematika, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.33394/mpm.v4i2.373
Yoseptry, R., Aisyah, I., Rostiani, M., Azizah, A. T. N., & Restiana, R. (2023). Implementasi Kurikulum Darurat Pada Masa Pendemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SD Negeri Cipamokolan 4 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 6(2), 192–205. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.547
Yuliyanti, A., & Rahayu, T. S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika: Meta – Analisis. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33518
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).