PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS 3 MI ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG
Abstract
Proses pembelajaran selama ini guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga sehingga proses pembelajaran terkesan monoton dan hasil belajar peserta didik banyak yang tidak mencapai nilai KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar Fiqih kelas III MI Ismaria Al-Qur’aniyyah Rajabasa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.Jenis Penelitian ini yaitu eksperimen dan bersifat quasi eksperimental Design dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas III C sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 peserta didik. Sampel yang diambil menggunakan teknik cara simple random sampling, yaitu cara pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Alat pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis perhitungan uji t dengan program SPSS v.20 menggunakan uji t independent dengan taraf signifikan α : 0,05 (5%) sedangkan sig.2 tailed sebesar 0,000 dengan demikian Sig < α (H0 Ditolak dan H1 Diterima). Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran tipe practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar Fiqih Kelas III MI Ismaria Al-Qur’aniyyah Rajabasa Bandar Lampung.References
Abdul Kodir, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs (PRP) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standae Kompetensi Menafsirkan Gambar Teknik Listrik di SMK Negeri Pamekasan. Volume 2, Nomor 1.
Asiah, N. (2014). Inovasi Pembelajaran Suatu Pendekatan Teori Mendesain Pembelajaran. Lampung: Anugrah Utama Rahrja.
Ayu Eka Putri, E. I. (2018, Juni). Pengaruh Model Active Learning Tipe Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Siswa X TKJ dalam Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri 3 Pariaman. Volume 6, Nomor 1.
Dahar, R. W. (2009). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Eko Widianto, I. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs dengan Media Handout Terhadap Hasil Belajar Siswa SMKN 3 Jombang . Volume 3, Nomor 3.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hisyam Zaini, d. S. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakakarta: Pustaka Insan Madani.
Nisa, K. (2017, 2 10). Pengaruh Penerapan Strategi Practice Rehearsal pairs Terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas VII E di MTS Negeri Kanpar Kabupaten Kamar.
Rahmat Sujiyanto, T. S. (t.thn.). Penerapan Strategi Practice Rehearsal Pairs dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Kelas V SDN Kalijaran 01 Maos Cilacap. Volume 4, Nomor 2.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung: Alfabet.
-------------(2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
-------------(2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitaif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sumarni, S. (2010). Metodolgi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Satuan Pendidikan KTSP . Surabaya: Kecana.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).