PENERAPAN MODEL STAD GUNA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN PADA MATA PELAJARAN PKN
Abstract
Pelaksanaan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran STAD pada siswa kelas II SDN. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari penerapan model STAD.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD dari pra siklus siswa yang tuntas mencapai 8 siswa dengan persentase 36%, pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas dengan persentase 64%, dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 19 siswa yang tuntas dengan persentase mencapai 86%. Terkait dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa ini peneliti bersama kolaborator menyampaikan pendapat bahwasannya model pembelajaran STAD ini sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran, hal ini sebabkan banyaknya perubahan peningkatan hasil belajar di setiap tahapan yang dilaksanakan oleh peneliti.References
Arrainsani. (2010). Pengertian dan Pendidikan Kewarganegaraan. Diunduh 8 Oktober 2018. (http://www.scribd.com/2010/02/04/ pengertian-dan-pendidikan- kewar-gane-garaan.
BNSP. (2006). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: Rineka Cipta.
Irawan Soehartono. (2008). Metode penelitian sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slavin. (2005). Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ce-takan I.
Sukardi. (2004). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sunarto, dkk. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Trianto. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Wardani. (2005). Teori dan praktik penelitian tindakan (action research). Bandung: Alfabeta.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).