PRAKTEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTU ANIMASI MULTIMEDIA DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Ida Fiteriani UIN Raden Intan Lampung
  • Nur Asiah UIN Raden Intan Lampung
  • Baharudin Baharudin UIN Raden Intan Lampung
  • Shyintia Fitri Dewi UIN Raden Intan Lampung

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama yang perlu ditingkatkan kualitasnya dan parameter sederhananya terlihat dari hasil belajar peserta didik. Berdasarkan pra penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPA peserta didik di MI masih rendah. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran sangat jarang mengkondisikan peserta didik untuk bisa belajar dengan memaksimalkan potensi kelompok. Peserta didik lebih diarahkan belajar secara individual dan menanamkan kompetisi yang tinggi, sehingga dengan pola ini kelebihan belajar kelompok dengan prinsip belajar kooperatif tidak terbentuk dalam belajar siswa. Aktifitas ini kemudian lebih diperparah, ketika proses peningkatan retensi dan motivasi belajar siswa tidak didukung dengan penggunaan media bantu pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa, sementara fungsinya diketahui sangat besar dalam membantu pembentukan pemahaman konsep, membuat semangat dan gairah belajar, serta menjadikan kelas menjadi lebih hidup. Berdasarkan alasan logis itu, dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantu Animasi Multimedia terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa di Kelas IV MIN 11 Bandar Lampung. Jenis penelitian menggunakan Quasi Exsperiment dengan teknik pengumpulan data berupa observasi intensif, wawancara mendalam, pengujian dengan tes, dan analisis terhadap dokumentasi sekolah. Analisis data berikutnya diuji menggunakan uji t, dengan sebelumnya asumsi uji normalitas dan uji homogenitas telah terpenuhi. Hasil perhitungan menunjukkan thitung = 5,621 lebih besar dari ttabel = 2,002, karenanya dapat ditarik kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang sangat signifikan penggunaan model pembelajaran koopertaif  tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu animasi multimedia terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa di kelas IV MIN 11 Bandar Lampung.

References

Ayu Nur Shawmi, “Analisis Pembelajaran Sains Madrasah Ibtidiayah (MI) dalam Kurikulum”. Terampil¬, Vol. 4 No. 1 (2016)

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Prenamedia Group, 2013).

Husniyatus Salamah Zainiyati, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT, (Jakarta: Kencana, 2017).

Isjoni, Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok, (Bandung: Alfabeta, 2014).

Ida Fiteriani dan Iswatun Solekha, “Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Siswa Kelas V MI Raden Intan Wonodadi Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Terampil, Vol. 4 No. 1, (2016)

Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2015).

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014).

Rusman, Deni Kurniawan, dan Cepi Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2015).

Siti Fatonah dan Zuhdan K Prasetyo, Pembelajaran Sains, (Yogyakarta: Ombak, 2014)

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. (Jakarta: Prenamedia Group, 2014).

Usman Samatowa, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, (Jakarta: Indeks, 2016)

Uyoh Sadulloah, Agus Muharram, dan Bambang Robandi, PEDAGOGIK (Ilmu Pendidikan), (Bandung: Alfabeta, 2015).

Published
2019-08-08
Section
Articles