PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PAKEM PADA MATERI BILANGAN PECAHAN DI SD
Abstract
Modul merupakan salah satu bahan bahan ajar yang mempunyai peran besar dalam kegiatan belajar mengajar. Pengembangan modul yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan yaitu modul yang menyajikan pembelajaran mandiri, interatif, menyenangkan dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), pada materi bilangan pecahan di kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil validasi menunjukkan bahwa modul matematika berbasis PAKEM pada materi bilangan pecahan di kelas III Sekolah Dasar dinilai sangat layak, hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 87,75%. Modul ini juga mendapatkan respon sangat baik dari peserta didik, hal ini terlihat dari nilai presentase sebesar 97%. Dapat disimpulkan bahwa modul ini menarik bagi siswa dan dapat menjadi sumber belajar alternatif yang digunakan siswa untuk mempelajari bilangan pecahan.References
Asmani, J Makmur. (2010). 7 Tips Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Diva Press.
Badaruddin, A. (2014). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Keterampilan Proses pada Materi Bilangan Pecahan. (Skripsi). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2018.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Heruman. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
_______. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jamaludin, U. (2017). Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: Nurani.
Listiawan, T. (2012). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Tulungagung: STAIN Tulungagung.
Mudlofar, A. (2012). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sabri, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Jakarta: PT Ciputat Press.
Sitepu, B.P. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2009). Metode dan teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
_______. (2013). Metode dan teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).