LKPD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian inibertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis scientific approach yang layak dan menarik. Pengembangan LKPD dalam penelitian ini sesuai menggunakan prosedur development research yang melalui tiga tahapan yaitu self evaluation, expert review dan one-to-one, dan small group. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan (1) deskriptif, data yang diperoleh dari teknik angket, seperti: data validasi dan respon peserta didik dan (2) jawaban peserta didik dianalisis secara deskriptif. Adapun hasil pengembangan ini adalah (1) Penilaian ahli materi mencapai kriteria interpretasi tinggi, dengan persentase rataan mencapai 70%, penilaian ahli media mencapai kriteria interpretasi sangat tinggi, dengan persentase rataan mencapai 80%, dan validasi oleh praktisi mencapai kriteria interpretasi tinggi, dengan persentase rataan 79%; (2) Respon peserta didik SD terhadap LKPD berbasis scientific approach pada uji kelompok kecil terhadap 10 peserta didik maupun uji kelompok besar dengan melibatkan 32 peserta didik mencapai kriteria sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat menarik bagi peserta didik dan dapat digunakan sebagai salah satu media penunjang dalam pembelajaran.References
Andi Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Aning Wulandari. 2010. Efektivitas Pembelajaran Kontekstual pada Kemampuan Menyelesaikan LKPD Aljabar dan LKPD Cerita ditinjau dari Gaya Belajar pada peserta didik kelas X (sepuluh) Madrasah Aliyah di Kabupaten Bojonegoro. Surakarta: PPs. P. Matematika.
Atsnan, M.F. & Gazali, R.Y. 2013. Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Yogyakarta: Prosiding FMIPA UNY. ISBN: 978–979–16353–9–4
BSNP. 2006. Penyusunan KTSP Kab/Kota (Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah). Jakarta: BSNP.
-------. 2007. Penyusunan KTSP Kab/Kota (Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah). Jakarta: BSNP.
Dekdikbud. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Mei Fita A. U. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik (scientific approach) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Semarang: PGSD IKIP PGRI.
Muhsetyo, G., dkk. 2007. Pembelajarn Matematika SD. Jakarta. Universitas Terbuka.
Rieno, S.N. Zulkardi. & Nila, S. 2013. Developing Multimedia On Linear Programing That Using Simplex Method. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun I, No. 2. Palembang: PPs Unsri.
Sulastri, E. 2005. Kemampuan Berpikir Kreatif peserta didik pada Pemecahan Masalah Lingkungan dengan Problem Based Learning. Bandung. FMIPA UPI.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Yulianti. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Peluang Berbasis Reciprocal Teaching untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis peserta didik Kelas XI SMK Negeri 3 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 4. No. 1. Palembang: Unsri.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).