Dinamika Relasi Muhammadiyah dan NU Dalam Perspektif Teori Konflik Fungsional Lewis A. Coser

Khusniati Rofiah

Abstract


Konflik atau perselisihan yang terjadi dalam masyarakat, seringkali dianggap sebagai suatu masalah yang negatif (disfungsional ), yang dapat merusak perdamaian. Hal ini berbeda dengan Lewis A. Coser, yang justru mempunyai pandangan lain terhadap konflik. Baginya konflik justru memiliki “fungsionalitas” positif dalam masyarakat. Konflik yang terjadi antara Muhammadiyah dan NU tersebut sebagaimana teori konflik dari Coser tidak hanya bersifat disfungsional tetapi lebih banyak bersifat fungsional yaitu bersaing dalam hal kebaikan (Fastabiqul Khoirot). Dengan adanya konflik, pemahaman kesadaran pluralisme dan pikiran terbuka tertanam kuat pada setiap anggota Muhammadiyah dan NU. Penyelesaian konflik diantara keduanya dapat dilakukan melalui lembaga katup penyelamat (safety valve), misalnya kegiatan-kegiatan sosial dan intelektual yang melibatkan kedua belah pihak sebagaimana yang dilakukan oleh angkatan muda Muhammadiyah dan NU.


Full Text:

PDF

References


Balitbang Agama dan Diklat Keagamaan, Konflik Sosial Bernuansa Agama di Indonesia, Jakarta: Depaq RI, 2003.

Coser, A Lewis, The Fungtions of Sosial Conflict, New York, USA, The Free Press, 1956

Dean G. Pruitt, Jeffrey Z. Rubin, Teori Konflik Sosial, terj. Helly P. Soetjipto dan Sri Mulyantini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Depag RI, Konflik Etno Religius Indonesia Kontemporer, Jakarta: Depag RI, 2003.

George Ritzer- Douglas J.Goodman, Teori Sosiologi Modern, Jakarta : Kencana, 2004.

Mulyadi, Konflik Sosial ditinjau dari Segi Struktur dan Fungsi, Makalah, Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya UGM, tanpa tahun, Yogyakarta..

Loekman Soetrisno, Konflik Sosial Studi Kasus Indonesia, tk: Tajidu Press, 200.

Maswadi Rauf, Konsensus Politik, Sebuah Penjajagan Teoritis, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdiknas, 2000.

Poloma Margaret M, Sosiologi Kontemporer, Yasogama tim (terj.) Jakarta: PT. RajaGarfindo Persada, 2000.

Ramlan Surbakti, Dasar-dasar Ilmu Politik, Surabaya: Airlangga University Press, 1984.

Sjamsudduha, Konflik & Rekonsiliasi NU Muhammadiyah, Surabaya : PT. Bina Ilmu, 1999.

Sudarno Shobron, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama dalam Pentas Politik Nasional, Surakarta: University Muhammadiyah Press, 2003.

Syafuan Rozi dkk, Kekerasan Komunal : Anatomi dan Resolusi Konflik di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Syamsul Arifin, Menggagas Ukhuwah NU dan Muhammadiyah dalam ”Muhammadiyah-NU Mendayung Ukhuwah di Tengah Perbedaan”, Malang: UMM Press, 2004.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Zainuddin Maliki, Narasi Agung: Tiga Teori Sosial Hegemonik, Surabaya: Lembaga Pengkajian Agama dan Masyarakat, 2003.

Zeitlin M Irving, Memahami Kembali Sosiologi, Sunyoto (peny.), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.

Jurnal

Argyo Demartoto,, Strukturalisme Konflik : Pemahaman Akan Konflik Pada Masyarakat Industri Menurut Lewis Coser Dan Ralf Dahrendorf, dalam Jurnal Dilema Sosiologi Issn : 0215 - 9635, Vol 24 No. 1 Tahun 2010.

Internet

Blasius Baene, Telaah Tentang Fungsionalitas Konflik Dalam Masyarakat Menurut Lewis A. Coser. Lihat http: http://sapereaudenias. blogspot.com/2008/08/telaah-tentang-fungsionalitas-konflik. html, diakses tanggal 20 Mei 2011

Pramono U Tanthowi, Muhammadiyah dan NU dalam Kompetisi Makna "Civil Society", Kompas, Jumat, 6 Juli 2001 http://muhammadiyahstudies.blogspot.com/2010/11/muhammadiyah-dan-nu-dalam-kompetisi.html, diakses tanggal 20 Mei 2011

http://socialmasterpice.blogspot.com/2011/03/teori-konflik-coser -dahrendof.html




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v10i2.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.