Islam Toleran: Membangun Toleransi dengan Jalan Spiritual

Andi Eka Putra

Abstract


Banyak jalan yang pernah dicoba dan ditempuh dalam rangka membangun Islam toleran di Indonesia. Berbagai jalan yang pernah dicoba itu adalah jalan dialog dengan berbagai modelnya, komunikasi etnik, kerukunan umat beragama, hingga kerjasama. Secara teoritik, beberapa pendekatan pernah ditempuh dan dijalankan dalam rangka membangun toleransi yang sungguh-sungguh. Salah satu pendekatan teoritik yang cukup signifikan dan kontekstual dalam membangun Islam toleran di Indonesia adalah melalui  pendekatan tasawuf atau jalan spiritual Islam. Ekspresi spiritual lebih mengedepankan keharmonisan, keterbukaan dan penerimaan akan yang lain yang sejati, tanpa basa-basi atau toleransi yang semu. Spiritualitas adalah inti keberagamaan di Indonesia yang dapat ditawarkan kepada dunia.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Wahid, Islamku, Islam Anda, Islam Kita, The Wahid Institute, Jakarta, 2006.

Alwi Shihab, Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka Dalam Beragama, Mizan, Bandung, 1999.

Bawa Muhayyaddin, Tasawuf Mendamaikan Dunia, terj. Su’aidi Asy’ari, diberi kata pengantar oleh Annemarie Schimmel, Pustaka Hidayah, Bandung, 2006.

Budhy Munawar-Rachman, Sekularisme, Liberalisme dan Pluralisme, Grasindo, Jakarta, 2010.

Haidar Bagir, “Islam (juga) Agama Cinta: Pengantar Penerbit”, dalam John D. Caputo, Agama Cinta, Agama Masa Depan, terj. Martin Lukito Sinaga, Mizan, Bandung, 2013.

Hans Kung, “Perdamaian Dunia, Agama-agama Dunia, Etika Dunia”, dalam Ali Noer Zaman (Ed), Agama Untuk Manusia, terj. Ali Noer Zaman, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2000.

Husein Muhammad, Mengaji Pluralisme Kepada Mahaguru Pencerahan, Mizan, Bandung, 2011.

JB. Banawiratma dan Zainal Abidin Bagir (ed), Dialog Antar umat Beragama: Gagasan dan Pralktik di Indonesia, Mizan, Bandung, 2010.

John L. Esposito, Masa Depan Islam: Antara Tantangan Kemajemukan dan Benturan dengan Barat, terj. Yuliani Liputo, Mizan, bandung, 2010.

Karlina Supelli, “Ciri Antropologis Pengetahuan”, dalam Ihsan Ali Fauzi dan Zainal Abidin Bagi (Penyunting), Dari Kosmologi ke Dialog: Mengenal Batas Pengetahuan, Menentang Fanatisme, Mizan, Bandung, 2011.

Kautsar Azhari Noer, “Passing Over”: Memperkaya Pengalaman Keagamaan”, dalam Komaruddin Hidayat dan Ahmad Gaus AF (ed), Passing Over: Melintasi Batas Agama, Gramedia, Jakarta, 1998.

Martin van Bruinessen (ed), Conservative Turn: Islam Indonesia dalam Ancaman Fundamentalisme, Mizan, Bandung, 2014. Para peneliti buku ini yaitu Moch Nurichwan, Ahmad Najib Burhani, Mujiburrahman, Muhammad Wildan, Martin van Bruinessen.

Muhammad Imarah, Islam dan Pluralitas: Perbedaan dan Kemajemukan dalam Bingkai Persatuan , terj Abdul Hayyie Al-Katanie, Gema Insani Press, Jakarta, 1999.

Muhammed Arkoun, Membedah Islam di Barat: Menepis Tudingan, Meluruskan Kesalahpahaman, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.

Nurcholish Madjid, Islam Agama Kemanusiaan, Paramadina, Jakarta,1995.

Nur Syam, Tantangan Multikulturalisme Indonesia: Dari Radikalisme Menuju Kebangsaan, Kanisius, Yogyakarta, 2009.

Reshad Field, Tabir Terakhir: Petualangan Rohani ke Negeri Para Darwis, terj. Syarifah Levi, Serambi, Jakarta, 2004.

Seyyed Hosein Nasr (ed), Ensiklopedi Tematis Spiritualitas Islam, terj. Rahmani Astuti, Mizan, Bandung, 2002.

Syafa’atun Almirzanah, When Mystic Maters Meet: Paradigma Baru dalam Relasi Kristiani-Muslim, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v10i2.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.