Abdurrahman Wahid: Universalisme Islam dan Toleransi

Ngainun Naim

Abstract


Artikel ini membahas pemikiran Abdurrahman Wahid tentang universalisme Islam dan toleransi. Pemikiran tentang universalisme Islam dan toleransi penting dibahas di tengah menguatnya gerakan Islam radikal di Indonesia. Eksistensi dan aksi kelompok Islam radikal membahayakan terhadap keharmonisan masyarakat Indonesia yang multikultural. Hal ini disebabkan karena cara pandang mereka yang monolitik dan sikap mereka yang intoleran. Respon kreatif dan konstruktif penting dilakukan untuk membendung laju pertumbuhan Islam radikal. Pada perspektif ini, pemikiran Abdurrahman Wahid menemukan relevansinya untuk diangkat dan direkonstruksi. Data untuk penulisan artikel ini adalah buku, jurnal, dan sumber-sumber tulisan lain yang relevan. Data-data yang ada kemudian dianalisis sesuai dengan topik tulisan. Tulisan ini menemukan bahwa pemikiran Abdurrahman Wahid tentang universalisme Islam berkontribusi terhadap terbangunnya toleransi dalam masyarakat Indonesia yang multikultural. Rekonstruksi pemikiran Abdurrahman Wahid ini penting dilakukan sebagai ikhtiar kreatif menghadirkan Islam yang ramah.


Full Text:

PDF

References


A.G., Muhaimin, Islam dalam Bingkai Budaya Lokal, Potret dari Cirebon, Jakarta: Logos, 2001.

Ali, As’ad Said, “Pengantar Ahli: Konstruksi Pemikiran Gus Dur”, dalam Syaiful Arif, Humanisme Gus Dur, Pergumulan Islam dan Kemanusiaan, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2013.

Arif, Muhammad, Pengantar Kajian Sejarah, Bandung: Yrama Widya, 2011.

Arif, Syaiful, Humanisme Gus Dur, Pergumulan Islam dan Kemanusiaan, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2013.

Asy’ari, Musa, Filsafat Islam tentang Kebudayaan, Yogyakarta: LESFI, 1999.

Azra, Azyumardi, Merawat Kemajemukan Merawat Indonesia, Yogyakarta: Kanisius & Impulse, 2007.

Baidhawy, Zakiyuddin, Ambivalensi Agama: Konflik dan Nirkekerasan, Yogyakarta: LESFI, 2002.

Barton, Greg, “Memahami Abdurrahman Wahid”, dalam Abdurrahman Wahid, Prisma Pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid, Yogyakarta: LKiS, 2000.

Covey, Stephen R., The 7 Habits of Highly Effective Families, Jakarta: Gramedia, 2000.

Gunawan, Adi W., Apakah IQ Anak Bisa Ditingkatkan?, Cet. Ke-2, Jakarta: Gramedia, 2007.

Heryanto, Ariel., “Pop Culture and Competing Identities”, dalam Ariel Heryanto (ed.). Popular Culture in Indonesia, Fluid Identities in Post-Authoritarian Politics, London: Routledge, 2008.

Hidayat, Komaruddin, “Membangun Teologi Dialogis dan Inklusivistik,” dalam Komaruddin Hidayat dan Ahmad Gaus AF (Eds.), Passing Over, Melintas Batas Agama, Cet. Ke-2, Jakarta: Gramedia, 2001.

______, Wahyu di Langit, Wahyu di Bumi, Jakarta: Paramadina, 2003.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i., Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Sejarah, Bandung: Mizan bekerja sama dengan Ma’arif Institute, 2009.

Muzir, Inyiak Ridwan, Hermeneutika Filosofis Hans-Georg Gadamer, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Nuh, Muhammad, Menyemai Kreator Peradaban, Renungan tentang Pendidikan, Agama, dan Budaya, Jakarta: Zaman, 2014.

Purnomo Pr, Aloys Budi, Membangun Teologi Inklusif-Pluralistik, Jakarta: Kompas, 2013.

Ricklefs, M.C., Mengislamkan Jawa, Sejarah Islamisasi di Jawa dan Penentangnya dari 1930 sampai Sekarang, terj. FX Dono Sunardi & Satrio Wahono, Jakarta: Serambi, 2013.

Ruslani, Masyarakat Kitab dan Dialog Antaragama, Studi atas Pemikiran Mohammed Arkoun, Yogyakarta: Bentang, 2002.

Sardi, Martino, “Membangun Hidup Beragama yang Beradab demi Damai yang Berkesinambungan”, dalam Moch Nur Ichwan dan Ahmad Muttaqin (eds.), Agama dan Perdamaian, Dari Potensi Menuju Aksi, Yogyakarta: PR Peace Program Studi Agama dan Filsafat Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.

Sauri, Sofyan, Membangun Komunikasi dalam Keluarga, Bandung: Genesindo, 2006.

Syarbini, Amirullah, Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama, Jakarta: Quanta, 2011.

Wahid, Abdurrahman Wahid, Islamku, Islam Anda, Islam Kita, Jakarta: The Wahid Institute, 2006.

______, Menggerakkan Tradisi, Esai-Esai Pesantren, Yogyakarta: LKiS, 2001.

______, “Dialog Agama dan Masalah Pendangkalan Agama”, dalam Komaruddin Hidayat dan Ahmad Gaus AF (Eds.), Passing Over, Melintasi Batas Agama, Cet. Ke-2, Jakarta: Gramedia, 2001.

______, “Universalisme Islam dan Kosmopolitanisme Peradaban Islam”, dalam Nurcholish Madjid, dkk., Islam Universal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

______, Membaca Sejarah Nusantara, 25 Kolom Sejarah Gus Dur, Yogyakarta: LKiS, 2010.

______, Muslim di Tengah Pergumulan, Jakarta: Lappenas, 1981.

______, Pergulatan Negara, Agama, dan Kebudayaan, Depok: Koekoesan, 2001.

______, Sekadar Mendahului, Bunga Rampai Kata Pengantar, Bandung: Nuansa, 2001.

Jurnal:

A’la, Abd., “The Genealogy Of Muslim Radicalism In Indonesia, A Study of the Roots and Characteristics of the Padri Movement”, Journal of Indonesian Islam, Volume 02, Number 02, Desember 2008.

Asrori, Ahmad., “Radikalisme Di Indonesia: Antara Historisitas dan Antropisitas”, Kalam, Volume 9, Nomor 2, 2015.

Feillard, Gwenaël., “Adapting to Reformasi: Democracy, Human Rights, and Civil Society in the Indonesian Islamist Discourse”, Moussons, Volume 7, 2003.

Makalah:

Abdullah, M. Amin., “The Intersubjective Type of Religiosity: A Contribution (a fresh Ijtihad) of Indonesian Islamic Studies to a Multicultural Society”, Makalah, AICIS XV di Manado, 21-24 November 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v10i2.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.