STRATEGI PEMASARAN AYAM KAMPUNG DI BANDAR LAMPUNG

Selfi Alhuda

Abstract


Peternakan merupakan suatu kegiatan yang mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal.  Usaha peternakan ayam kampung tidak terlepas dari beberapa kendala yang dihadapi. Kendala yang dimaksud adalah tingginya tingkat resiko yang dihadapi dalam usaha ternak ayam kampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran ayam kampung, serta menganalisis strategi pemasaran ayam kampung di Kota Bandar Lampung melalui empat faktor; penetapan harga, promosi, distribusi dan produk dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis digunakan untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam memasarkan ayam kampung dan merumuskan strategi pemasaran yang digunakan di peternakan ayam ras petelur di Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi dan library research.  Hasil yang ingin dicapai adalah peternak dapat melakukan proses produksi yang berkelanjutan dan memiliki manajemen pemasaran yang baik sehingga dapat meningkatkan pendapatan.


Keywords


Strategi pemasaran; Ayam Kampung; Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Asri.1986. Manajemen Perusahaan, Pendekatan Operasional. BPFE, Yogyakarta.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. CV Alfabeta.

Boyd. 2000. Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan strategis dengan Orientasi Global. Erlangga, Jakarta.

Candrawati. 1999. Pendugaan Kebutuhan Energi dan Protein Ayam Kampung Umur 0-8 minggu. Tesis: Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Crowford. 1990. Ed. 2 . Evaluation of Libraries and formation services. Aslib, the Association for Information Management and Information Management International. London.

David. 1992. Pedoman Manajemen Merek. Kentindo Soho, Surabaya.

Djanahar. 2001. Pengantar Kuliah Manajemen Strategi-Analisa dan Pemilihan Strategies. Magister Manajemen Program Pasca Sarjana USU, Medan.

Downey. 1989. The Secondary Phase of Education. Ginn And Co, Boston.

Eddy Yunus. 2016. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi Offset Edisi 12, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Elyarni, R., & Hermanto, H. (2016). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. Jurnal Metris, 17(2), 81–88.

Fred. 2004. A Empirical Test of The Impact of Managerial Selft-Interest on Corporate Capital Structure. The Journal of Finance 43 h.

Hardiyansyah, A., Ikhwana, A., & Kurniawati, R. (2015). Analisis strategi pemasaran usaha mie basah (studi kasus di PD. Lugina-Garut). Jurnal Kalibrasi, 13(1).

Herlambang, Y., & Sn, S. (2014). Participatory Culture dalam Komunitas Online sebagai Reperesentasi Kebutuhan Manusia. TEMATIK, 1(2), 26–34.

Joomlal. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Edisi 10. Terjemahan: Chriswan Sungkono dan Machmudin Eka P. Salemba Empat, Jakarta.

Kotler. 1996. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Cetakan Pertama, PT. Indeks, Jakarta

Kotler. 2000. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan. PT. Erlangga, Jakarta.

Kotler. 2005. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Sembilan Jilid Satu. Indeks, Jakarta.

Margawati. 1989 Efisiensi Penggunaan Ransum oleh Ayam Kampong Jantan dan Betina pada Periode Pertumbuhan. Prosiding seminar Nasional tentang unggas Lokal. Fakultas Peternakan UNDIP. Semarang. Hal 127-132.

Martojo. 1992. Peningkatan Mutu Genetik Ternak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Pendidikan Tinggi. Pusat Antar Universitas Bioteknologi IPB, Bogor. http://www.agrin.ttri.gov.tw

Maulana. 1994. Menata Pembibitan Ternak di Indonesia dalam Menjamin Ketersediaan Bibit/Benih Ternak Indonesia. Orasi Ilmiah Guru Besar. Fakultas Peternakan IPB, Bogor.

Pramita, R. E. (2016). Perumusan Strategi Pada Richdjoe Barbershops Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2).

Rangkuti. 1999. Metode Penelitian Kuantitatif. Rajawali Press, Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2017. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rohadi. 2003. Hubungan Konformitas dengan Perilaku Merokok pada Remaja Sekolah Menengah Umum Negeri di 5 Wilayah DKI Jakarta. Disertasi: Program Doktoral Universitas Indonesia, Depok.

Roundle, K. 2010. A Beginners Guide to Ion Selective Electrode Measurements. Nico2000 Ltd, London.

Sedjati, R. S. (2018). Manajeman Pemasaran. Yogyakarata: Deepublish.

Sofyan. 1990. Manajemen Pemasaran. Ed. 1 Cet 3. Rajawali, Jakarta.

Stoner. 1994. Manajemen Jilid 1. Edisi Kelima Intermedia, Jakarta

Sudarsono. 2007. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Ekonisia- Kampus FE UUI, Yogyakarta

Sutama. 1991. Pengaruh Berbagai Tingkat Energi dan Protein Terhadap Performans Ayam Kampung. Tesis: Institut Pertanian Bogor, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/revenue.v2i2.10272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung