PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN SHOPEEPAYLATER “BAYAR NANTI” TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH

Sonia Aftika, Hanif Hanif, Yulistia Devi

Abstract


ShopeePayLater adalah jasa yang diberikan oleh Shopee kepada pengguna untuk mendapatkan produk terlebih dahulu namun pembayaran dapat dilakukan pada awal bulan berikutnya. Berdasarkan pra riset yang dilakukan terhadap 109 mahasiswa di Bandar Lampung melalui kuisioner online google form, ditemukan bahwa 106 mahasiswa dengan sistem pembayaran ShopeePayLater dalam waktu seminggu justru menurunkan perilaku konsumennya. Hal ini berbanding terbalik dengan alasan logis bahwa menggunakan ShopeePayLater seharusnya mening-katkan perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan data primer dengan angket online kepada mahasiswa dan populasi 23.901 mahasiswa aktif di UIN Raden Intan Lampung, sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana yang diolah menggunakan SmartPls 3 dan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel penggunaan ShopeePayLater berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen mahasiswa di UIN Raden Intan Lampung. Dalam perspektif bisnis syariah, hal ini diperbolehkan dalam Islam karena pembayarannya tidak dicicil tetapi pada awal bulan berikutnya dimana jumlah tambahan yang harus dibayar saat checkout berupa biaya layanan atau margin penjualan dan tidak berupa bunga pinjaman (qardh).


Keywords


Sistem Pembayaran, ShopeePayLater, Perilaku Konsumtif.

Full Text:

PDF

References


Ali, Zainuddin. 2008. Hukum Gadai Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.

Anatasya, Nadya. 2020. “Pengaruh Penggunaan Fitur ShopeePayLater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fisip Usu.” Universitas Sumatera Utara.

Anthony, Leonardo, and Hendi Sama. 2021. “Studı Kualıtatıf Mengenaı Faktor Penerımaan Aplıkası E-Commerce Shopee Dan Fıntech Shopeepay Bagı Masyarakat Senıor.” Journal Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Science 1 (1): 678–86.

Aryani, Dwi, and Febrina Rosinta. 2010. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi 17 (2): 114–26.

Cashman, Selly. 2007. Discovering Computers: Menjelajah Dubia Komputer Fundamental. 3rded. Jakarta: Salemba Infotek.

Hamilton. 2005. Wasteful Consumption in Australia. The Australia Institute.

Hariyanti, Puji. 2014. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Ilkom Uii.

Hasanah, Rohmatul. 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Kredit Shopee Paylater Dari Marketplace Shopee. SKRIPSI Fakultas Syariah IAIN Purwokerto.

Iprice. n.d. “Diagram Pengguna Marketplace Di Indonesia.” https://teknologi.id/technology/pengunjung-marketplace-tertinggi-februari-2021-pada-iprice.

Muhammad Ridwan, Ilham Galang. 2019. “Perilaku Konsumtif Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Belanja Online Aplikasi Lazada Di Medan).” Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, 4–5.

Muttaqin, Zainal. 2006. “Analisis Pengaruh Penggunaan Alat Pembayaran Dengan Menggunakan Kartu Dan Variabel-Variabel Makroekonomi Terhadap Permintaan Uang Di Indonesia.” Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, 13.

Nurliyani, Hani dan Fauziah Safarina. 2015. Buku Seri Praktikum E-Commerce. Jakarta: Laboratorium Manajemen Menengah Litbang.

Otoritas Jasa Keuangan. 2016. “Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 77 /POJK.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.” Otoritas Jasa Keuangan, 1–29. https://www.ojk.go.id/id/regulasi/otoritas-jasa-keuangan/peraturan-ojk/Documents/Pages/POJK-Nomor-77-POJK.01-2016/SAL - POJK Fintech.pdf.

Pearson, McLeod. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba.

Prastiwi, Iin Emy, and Tira Nur Fitria. 2021. “Konsep Paylater Online Shopping Dalam Pandangan Ekonomi Islam.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7 (1): 425. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1458.

Rosyidi, Suherman. 2011. Pengantar Teori Ekonomi Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro & Makro. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Shopee. n.d. “Limit Kredit ShopeePayLater”. https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimana-cara-mengaktifkan-ShopeePayLater.

Sidabutar, Iin Cristin. 2020. “Pengaruh Kepuasan Pengguna Fitur Shopee Paylater Terhadap Loyalitas Pelanggan,” 1–153.

Sumartono. 2002. Terperangkap Dalam Iklan : Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Veblen, Thorstein. 2003. “The Theory of the Leisure Class. A Penn State Electronic Classics Series Publication.” 2003. http://www.thevenusproject.com/downloads/ebooks/theory-leisureclass.pdf,.

Wardoyo, W, and Intan Andini. 2017. “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma.” Jurnal Manajemen Dayasaing 19 (1): 12. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i1.5101.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/revenue.v3i1.11228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung