PENGARUH KEBIJAKAN SUBSIDI, FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI) DAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI KASUS NEGARA – NEGARA DI ASEAN)

Reniza Helena Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan subsidi, FDI, dan tata kelola pemerintahan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dari tujuh negara di ASEAN.  Dengan menggunakan metode data panel, di mana data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari World Bank.  Kebijakan subsidi harus tepat sasaran agar mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang.  Selain itu, FDI harus mampu menjadi alat transfer teknologi dan menyerap tenaga kerja bagi negara tujuan investasi.  Tata kelola pemerintahan yang baik akan menjadi pendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih efektif untuk kedepan, di mana faktor keamanan dan kenyamanan suatu negara menjadi fakus utama, baik untuk pemerintahan  dan masyarakat negara itu sendiri maupun para investor dan wisatawan.


Keywords


Pertumbuhan ekonomi; Subsidi; Foreign Direct Investment (FDI); Tata Kelola Pemerintahan

Full Text:

PDF

References


ADB. 1998. Annual Report. Manila. Asian Development Bank (ADB).

Aidt, Toke, Jayasri Dutta dan Vania Sena. 2008. Governance Regimes, Corruption and Growth: Theory and Evidence. Journal of Comparative Economics 36 (2008) 195–220.

Alam, Rafayet, Erick Kitenge, and Bizuayehu Bedane. 2017. Government Effectiveness and Economic Growth. Economic Buletin. Vol 37 issue 1.

Aldaba, M. Rafaelita dan Josef T. Yap, 2009. Investment and Capital Flows:

Implication of the ASEAN Economic Community. Philippine Institute for

Development Studies.

Anoraga, Pandji. 1995. Perusahaan Multinasional dan Penanaman Modal Asing, Jakarta: Pustaka Jaya

Azam, Muhammad., Khan, Saleem., Zainal, binti Zalina., Karuppiah, Namasivayam., Khan, Farah. 2015. Foreign Direct Investment and Human Capital: Evidence From Developing Countries. Investment Management and Financial Innovation, 12 (3-1). Journal.

Badun, Marijana. 2006. The Quality of Governance and Economic Growth in Croatia. Occasional Paper No. 29.

Baltagi, Bagi. 2005. Econometric Analysis of Panel Data, Third Edition. John Wiley & Sons.

Bayar, Yilmaz. 2016. Public Governance And Economic Growth In The Transitional Economies Of The Europian Union. Transylvanian Review of Administrative Sciences, No. 48 E/2016, pp. 5-18.

Habib Nazir dan Muhammad Hassanudin, 2004. Ensiklopedia Ekonomi dan Perbankan Syariah, Bandung: Kaki Langit.

Sukirno,Sadano. 2010. Makro Ekonomi Teori Penganta, Raja Grafido Persada,Jakarta

Sukirno, Sadono. 2011. Makro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta Rajawali Pers.

Rofyanto Kurniawan dan Tri Wibowo. 2017. Seri Analisis Kebijakan Fiskal Dinamika Kebijakan Subsidi Pupuk dan Ketahanan Pangan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/revenue.v3i1.11621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung