ARAH GERAKAN SOSIAL KELOMPOK FUNDAMENTALISME SALAFI LAMPUNG

Abd. Qohar

Abstract


Abstrak

Permasalahan penelitian ini secara garis besar tentang bagaimana pola-pola gerakan fundamentalis salafi di lampung dalam mengatasi permasalahan kemanusiaan dan kemasyarakatan serta berusaha untuk mencari tentang implikasi perbedaan pola gerakan dengan hubungan sosial, politik dan kebudayaan.Untuk memperoleh data menganalisa metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dengan wawancara dengan para tokoh, kepustakaan dan observasi partisipatif.Temuan penelitian yang dapat disampaikan adalah  Gerakan fundamentalis di lampung secara umum adalah dakwah dan pendidikan.  Karena pada dasarnya para tokoh fundamentalis menginginkan tegaknya syariat Islam. Tokoh funadmentalsi Lampung terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu yang menginginkan tegaknya syariat Islam secara struktural dan kultural.

 

Kata Kunci: Gerakan, Fundamental Lampung


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdul Syukur.et.al., Perspektif Dakwah Islam tentang Perilaku Agama Islam dan Kekerasan Krisis Sosial di Desa Margomulyo kec. Jati Agung lampung selatan, Bandarlampung, Puslit IAIN Raden Itan Lampung , 2003, t.t.

Adam Schward, A Nation in Waiting: Indonesia Search for Stability, Washing & Unwin, 1999.

Ahmad al-Qathan Muhammad Zein, Thaghut, terj. Nabhani Idris dan Hidayatullah Nawawi Yogyakarta, al-Kautsar, 1999.

Al Maarif Setaf, Konfigurasi Kerukunan Hidup Beragama Pasca Orde Baru, Studi Analisa Potensi Konflik Bagi Masyarakat lokal di Kab. Lampung Selatan, Penelitain Kompetitip Depag RI, 2005.

Armstrong, Karen, A history of God : The 4000-Years Quest of Judaisme, Christianity and Islam, terj. Zainul Am. Bandung, Mizan, 2001.

Azyumardi Azra, Pergolakan Politik Islam: Dari Fundamentalisme, Modernisme, hingga Post-Modernisme Jakarta: Paramadina, 1996.

Daud Rasyid, Islam dalam Beragai Dimensi, Jakarta, Gema Insani Press, 1998.

Edy A. Effendy, Pergeseran Orientasi Sikap Keberagamaan Di Kampus-Kampus “Sekuler”, Jurnal Ulumul Qur`an, Nomor 3, Vol. IV, Th. 1993.

Fauzi Fattah, Solidaritas sosial keagamaan dalam masyarakat perkotaan, Bandar Lampung, P2M IAIN Raden Intan Lampung, 1996, t.t.

Haryatmoko, Etika Politik dan Kekuasaan, Jakarta,Kompas, 2003.

Hadimulyo, Fundamentalisme Islam: Istilah Yang dapat Menyesatkan, Jurnal Ulumul Qur`an Nomor 3, Vol. IV, Th. 1993.

Khaled Abou El Fadl, Atas Nama Tuhan , Jakarta, Serambi, 2004.

Maimun, Peta Keagamaan Lampung, Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Tanggamus, Bandar Lampung, Puslit IAIN Raden Intan, 2003, tidak diterbitkan.

Muhammad Abid al-Jabiri, Agama dan Penerapan Syari’ah, Yogyakarta, Fajar Pustaka, 2001.

Purwantoro, A., Meyoal Fundamentalisme, Jurnal Basis, Nomor 01-02, Tahun Ke 52, Januari-Februari 2003.

Tibi, Basam, Islam Kebudayaan da Perubahan Sosial, terj. Misbakh.dkk., Yogyakarta, Tiara Wacana, 1999.

Ummi Sumbulah, Konfigurasi Fundamentalisme slam, UIN Malang Press, 2009.

Yusril Ihza Mahendra, Modernisme dan Fundamentalisme dalam Politik Islam, Perbandingan Partai Masyumi (Indonesia) dan Partai Jama’at al-Islami (Pakistan) , Jakarta, Paramadina, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v7i2.1536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License