DISKURSUS ASPEK POLITIK PENYELESAIAN KONFLIK LAHAN ENKLAVEREGISTER 45 KABUPATEN MESUJI PROVINSI LAMPUNG

M. Sidi Ritaudin

Abstract


Abstrak

 

Politik hukum di Indonesia masih banyak memendam rsoalan, ironisnya tidak pernah terselesaikan dengan baik hingga nirkonflik. Terlebih lagi pasca diberlakukannya otonomi daerah, yang idealnya pemerintah memberikan peluang bagi daerah-daerah otonomi untuk berkompetisi melakukan pembangunan daerah secara optimal. Alih-alih mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) yang besar yang digali dari potensi masing-masing daerah, malah menjadi beban anggaran pemerintah pusat, di sisi lain, para Bupati/ Walikota laksana raja-raja kecil yang berkuasa di daerah yang mendominasi penuh atas lahan/tanah yang menjadi daerah kekuasaannya, sehingga banyak lahan yang disewa/dikontrak oleh pengusaha yang bermodal besar, mengalahkan kepentingan warga masyarakat, bahkan menimbulkan kerusakan seperi illegal logging, pembakaran hutan dan lain sebagainya. Maka muncul konflik karena ada beberapa versi penjelasan, seperti BPN, Pemerintah, Pengusaha dan Rakyat Jelata. Dalam konteks ini, aspek politik memgang peranan penting dalam memecahkan berbagai persoalan sengketa lahan. Dan diselesaikan setuntas-tuntasnya, sehingga tercipta rasa aman dan kepastian hukum.

 

Kata Kunci : Konflik  Horizontal, Sengketa Lahan,  Aspek Politik


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adams, Ian, Ideologi Politik Mutakhir Konsep, ragam, Dan Masa Depannya, Yogyakarta : Qalam, 2004.

Bethke, Jean, Democracy On Trial, New York : BasicBook, 1995.

Budihardjo, Miriam, Dasar-dasar Ilmu Politik, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Efendi, Firdaus, (penyusun), Memberantas Illegal Logging Menyelamatkan Hutan dan Massa Depan Bangsa, Jakarta, Nuansa Madani, 2006.

Fukuyama, Francise, Kemenangan Kapitalisme Demokrasi Liberal, (judul asli : The End of History and The Last Man), diterjemahkan oleh Muhammad Hussein Amrullah, Yogyakarta : PT Penebit Qalam, 2001.

Heynes, Jeff, Demokrasi dan Masyarakat Sipil di Dunia Ketiga Gerakan Politik Baru Kaum Terpinggir, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2000.

Ismail, Faisal, Republik Bhinneka Tunggal Ika Mengurai isu-Isu Konflik, Multikulturalisme, Agama dan Sosial Budaya, Jakarta : Kementerian Agama RI Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 2012.

Mahfud, Moh., Hukum dan Pilar-Pilar Demokrasi, Yogyakarta : Gama Media, 1999.

Mudzhar, M. Atho, “Pluralisme, Pandangan Ideologis dan Konflik Sosial Bernuansa Agama” dalam Moh. Soleh Isre (ed), Konflik Etno Religius Indonesia Kontemporer, Jakarta : Departemen Agama RI Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan Puslitbang Kehidupan Beragama Bagian Proyek Peningkatan Pengkajian Kerukunan Hidup Umat Beragama, 2003.

Nugroho, Indonesia Sekitar Th.2000, Jakarta, CV Rajawali, 1983.

O’dea, Thomas F., Sosiologi Agama, Suatu Pengantar Awal, Tim Peneerjemah Yasogama,, Jakarta CV Rajawali, 1987.

Pahrudin, Agus, dkk, “Penyerapan Nilai-Nilai Budaya Lokal dalam Kehidupan Beragama di Lampung: Studi tentang Budaya Lokal di Lampung” dalam, Afif, HM, Saiful Bahri (editor), Haronisasi Agama dan Budaya di Indonesia, Buku 1,, Jakarta : Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2009.

Poloma, Margaret M, Sosiologi Kontemporer, Tim Penerjemah Yasogama, Jakarta :, CV Rajawali, 1984.

Ranadireksa, Hendarmin, Bedah Konstitusi Lewat Gambar Dinamika Konstitusi Indonesia, Bandung : Fokus Media, 2007.

Robertsron, Ian, Sosiology, Wort Publisher, Second Edition, 1981.

Shils, Edward, “Angkatan Bersenjata dalam Pembangunan Politik Negara-Negara Baru, (diterjemahkan dari John H. Kautsky (ed), Political Change in Underdeveloped Countries, Nationalism and Communism, New York, 1962), dalam Sartono Kartodirdjo, Elite dalam Perspektif Sejarah, Jakarta : Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan, Ekonomi dan Sosial. LP3ES, 1981.

Steinberg, David J., “Alam Kehidupan Petani” (Diterjemahkan dari Steinberg David J, In Search for South East Asia,, dalam Sartono Kartodirdjo, Elite dalam Perspektif Sejarah, Jakarta : Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan, Ekonomi dan Sosial. LP3ES, 1981.

Sunggono, Bambang , Hukum dan Kebijaksanaan Publik, Jakarta : Sinar Grafika, 1994.

Tibi, Bassam, Islam and The Cultural Accommodation of Social Change, Boulder Sanfrancisco & Oxford, Westview Press, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v10i1.1598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License