PELATIHAN APLIKASI GIZI BERBASIS ANDROID BAGI SISWI PIONIR DALAM PENCEGAHAN MALNUTRISI DI SMA NEGERI 2 TUMI JAJAR

Antun Rahmadi, Bertalina Ny, Arie Nugroho

Abstract


Masalah malnutrisi pada remaja putri lebih disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang gizi. Di sisi lain, kelompok remaja putri memiliki akses informasi yang baik dengan tersedianya internet dan kepemilikan gadget. Karakteristik remaja yang sangat dekat dengan teman sebaya sehingga sangat mendukung upaya edukasi gizi melalui peer group. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pencegahan malnutrisi bagi siswi di SMAN 2 Tumi Jajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Metode yang digunakan adalah pelatihan penggunaan aplikasi gizi berbasis android. Pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang malnutrisi rata-rata sebesar 60,3% dan meningkatkan keterampilan peserta dalam penggunaan aplikasi berbasis android “Ceria” dan  “Fatsecret” sebesar 87%. Diharapkan peserta pelatihan  dapat berbagi pengetahuan yang diperolehnya dengan peer groupnya.

Full Text:

PDF

References


Aisha I, Attia B, Fatima Z, Uzma J, Qaisar M, et al., Maternal Anemia and its Impact on Nutritional Status of Children Under the Age of Two Years. Biomed J Sci &Tech Res 5(3). 2018.

Andita, U., Pengaruh pendidikan kesehatan sadari dengan media slide dan benda tiruan terhadap perubahan pengetahuan wanita usia subur. Jurnal Promkes.Vol. 4, no.2, diakses pada 9 Juni 2020 https://www.researchgate.net/publication/ 2016.

Cambridge International, Siswa Indonesia Pemakai Teknologi Tertinggi Dunia! https://edukasi.kompas.com/read/ 2018.

Jazulil, M., Azizah, F. L., dan Meita, M. N., Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA (online), volume 7, No.47, diakses 20 Agustus 2020. 2017.

Kemenkes, RI., Kenali Masalah Gizi yang Ancam Remaja Indonesia. Tersedia dalam: http://www.depkes.go.id/ diakses: 3 Mei 2020. 2018.

| Pelatihan Aplikasi Gizi Berbasis Android bagi Siswi Pionir dalam Pencegahan Malnutrisi di SMA Negeri 2 Tumi Jajar

Larasati, S., Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish, diakses pada 18 Mei 2020. 2018.

Metrikayanto, WD, Saifurrohman, M, & Suharsono, T., Perbedaan Metode Simulasi dan Self Directed Video Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Ketrampilan Resusitasi Jantung Paru (RJP) Menggunakan I-Carrer Cardiac Resuscitation Manekin Pada Siswa SMA Anggota Palang Merah Remaja (PMR)', Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, diakses pada 18 Mei 2020. 2019.

Notoatmodjo, Soekidjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2009.

Puskesmas Margodadi, Laporan Program Usaha Kesehatan Sekolah Puskesmas Margodadi Tahun 2016.

Rahmadi, A., Perbedaan Status Anemia Gizi Besi Remaja Putri yang Bersekolah di SMA Program dan Non-Program Suplementasi Tablet Tambah Darah. Borneo Journal of Medical Laboratory Technology, 1(1), 30-34. 2018.

Sheila, C., Improving women’s nutrition imperative for rapid reduction of childhood stunting in South Asia: coupling of nutrition specific interventions with nutrition sensitive measures essential. Maternal&Child Nutrition published by JohnWiley&Sons Ltd Maternal&Child Nutrition. 2016

Somantri,DW., Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media modul di Sekolah Dasar Negeri 8 Banjar Universitas Negeri Yogyakarta diakses pada 25 Juni 2020,http://journal.student.uny.ac.id/ 2015.

Sutono, S, Ratnawati, R, & Suharsono, T., Perbedaan nilai kompresi dada dan ventilasi pada pelatihan resusitasi jantung paru mahasiswa S1 Keperawatan dengan umpan balik instruktur, audiovisual dan kombinasi di Yogyakarta', Jurnal Ilmu Keperawatan, Vol.3, no.2, diakses pada 18 Juni 2020, 2018.

USAID, Multi-Sectoral Nutrition Strategy Technical Guidance Brief: Maternal Nutrition for Girls &Women Internet: http://www.comminit.com/africa/content/multi-sectoral-nutrition-strategy-2014-2025-technical-guidance-brief-effective-scale-nut. Accessed: May 3rd 2020. 2015.

Yuniati, Yenni & Yuningsih, Ani., Utilization of Smartphone Literacy In Learning Process. MIMBAR, Jurnal Sosial dan Pembangunan. 33. 90. 10.29313/mimbar.v33i1.2076. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/almuawanah.v1i2.8049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons

Al-Mu'awanah  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M, UIN Raden Intan Lampung p-ISSN  2721-043X   e-ISSN 2797-3395