Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor

Sri Latifah

Abstract


This is a research development that aim to produce product such as Student’s Worksheet (LKPD) oriented in values of Islam, through guided inquiry approach on the temperature and heat material for students of class X SMA/MA and to know the response of students toward it. The problem in this study include how to develop Student’s Worksheet (LKPD) oriented in values of Islam through guided inquiry approach on the temperature and heat material and the extent to which the response of students toward it.. This is a development research which apply Research and Development (R&D) method. Products produced is categorized as valid by the validation of subject matter experts with a percentage of 85%, subject matter experts to Islam with a score of 89% and design experts with a score of 91%, as well as products LKPD are very interesting based on the assessment of teachers with a percentage of 84%, and the response of students to the test field trials obtain a percentage score of 90%

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor untuk peserta didik kelas X SMA/MA dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk LKPD berorientasi nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor untuk peserta didik kelas X SMA/MA . Masalah dalam penelitian ini antara lain bagaimanakah mengembangkan LKPD berorientasi nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor dan sejauh manakah respon peserta didik terhadap LKPD berorientasi nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Produk yang dihasilkan berkategori valid berdasarkan validasi dari ahli materi dengan persentase 85%, ahli materi agama Islam dengan skor 89% dan ahli desain dengan skor 91%, serta produk LKPD sangat menarik berdasarkan penilaian guru memperoleh persentase 84%, dan respon peserta didik pada uji coba lapangan memperoleh skor persentase 90%.


Keywords


lembar kerja peserta didik; nilai-nilai agama Islam; pendekatan inkuri terbimbing

Full Text:

PDF

References


Al-qur’an dan terjemahnnya. (2008). Departemen Agama RI. Bandung: Diponegoro.

Annafi, N., Ashadi, & Sri, M. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inquiri Terbimbing Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA / MA. Jurnal Inkuiri, 4(3), 21–28.

Cahyati, F., & Suseno, N. (2015). Pengembangan LKS Materi Listrik Statis Berorentasi Nilai Al-quran Untuk Siswa Kelas IX Sekolah Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 60–68.

Hamzah, F. (2015). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA berbasis Intregrasi ISLAM-SAINS Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(September), 41–54.

Herman. (2015). Pengembangan lkpd tekanan hidrostatik berbasis keterampilan proses sains. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 11(2), 120–131.

Mardayani, S., Hamdi, & Murtiani. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Ayat Al-Quran Pada Materi Gerak Untuk Pembelajaran Siswa Kelas X SMA. Pillar of Physics Education, 1(1), 39–47. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/1067%5Cnhttp://files/224/Mardayani - 2013 - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA YANG TERINTEGRASI N.pdf

Noviar, D., & Musthofa, A. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keislaman Dan Contectual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Ciri- Ciri Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains FKIP UNS, 1(1), 1–8.

Pratama, N. septa. (2015). Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking ( Hots ). Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6(1), 104–112.

Purwanto, A. (2013). Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 10(2), 133–135.

Rahmadani, A., Amalita, N., & Helma. (2012). Penggunaan Lembar Kerja Siswa Yang Dilengkapi Mind Map. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 30–34.

Ridwan. (2008). Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Rufaida, D., Sudarmin, & Arif, W. (2013). Pengembangan Lks Ipa Berbantuan Microsoft Expression Web Tema Pencemaran Lingkungan Dan Kesehatan Untuk Siswa Mts Kelas VII. Unnes Science Education Journal, 2(1), 209–213.

Setiawan, A., Sutarto, & Indrawati. (2012). Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Pengantar Fisika SMA: Studi Pada Konsep Besaran Dan Satuan Tahun 2012-2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 285–290.

Setiowati, H., Agung Nugroho, C. ., & Widiastuti Agustina, E.

(2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inqury) Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(4), 54–60.

Sugiyono. (2012). 2012Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutjipto. (2014). Dampak pengimplementasian kurikulum 2013 terhadap performa siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 187–199.

Sutrisno. (2006). Fisika dan pembelajarannya. Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UPI, 1–24.

Syamsurizal, Epinur, & Dev, i M. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Non Eksperimen Untuk Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI IPA SMA N 8 Muaro Jambi. J. Ind. Soc. Integ. Chem, 6(2), 35–42.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Wahyuni, P., Sarwanto, & Masykuri. (2013). Dengan Menggunakan Media Kit Listrik Paket Dan Swakarya Ditinjau Dari Kreativitas. Jurnal Inkuiri, 2(1), 43–56.

Wijayanti, D., Saputro, S., & Nurhayati, N. D. (2015). Pengembangan Media Lembar Kerja Siswa ( Lks ) Berbasis Hierarki Konsep Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X Pokok Bahasan Pereaksi Pembatas. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2), 15–22.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i1.104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.