Potret Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Kecamatan Patumbak Sumatera Utara

https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.114

Derlina Derlina, Putri Srijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran IPA di SMP se-kecamatan Patumbak T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif studi kasus. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII masing-masing SMP T.P. 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sebanyak 25% dari jumlah keseluruhan SMP Se-Kecamatan Patumbak yaitu SMPN 1 Patumbak, SMPS Madani Marindal, SMPS Ponpes Al-Husna dan SMPS IT Rahmat. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, catatan harian wawancara dan angket (kuesioner) yang dibantu oleh satu observer.Dari hasil penelitian diperoleh jumlah nilai pendidikan karakter yang diimplementasikan setiap sekolah SMP, yaitu pada SMP Negeri 1 Patumbak menerapkan 9 nilai karakter dengan persentase 50%, SMP Swasta Madani Marindal 1 menerapkan 11 nilai karakter dengan persentase 55%, SMP Swasta Ponpes Al-Husna menerapkan 13 nilai karakter dengan persentase 72%, dan SMP Swasta IT Rahmat menerapkan 9 nilai karakter dengan persentase 50%.

The Description of The Implementation of Character Education in Junior High School Patumbak District, North Sumatra

This study aims to determine the implementation of character education in science subjects in junior high school districts Patumbak TP 2015/2016. This research is a descriptive case study. The population in the study were all students of class VIII SMP respectively TP 2015/2016. The sampling is done randomly as much as 25% of the total number of sub-district Junior High School in Patumbak ie, SMPN 1 Patumbak, SMPS Madani Marindal, SMPS Pesantren Al-Husna, and SMPS IT Rahmat. The instruments used are observation sheets, diaries interviews and questionnaires (questionnaire) assisted by one observer. The results are obtained, sum of the values of character education is implemented in every secondary school ie,; at SMP Negeri 1 Patumbak apply 9 character values with a percentage of 50%, SMPS Madani Marindal 1 apply 11 character values with a percentage of 55%, SMPS Pesantren Al-Husna apply 13 character values with the percentage of 72%, and SMPS IT Rahmat apply 9 character values with a percentage of 50%.


Keywords


deskriptif studi kasus; implementasi pendidikan karakter; pelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Benninga, J. S., Berkowitz., Kuehn, P., & Smith, K. (2003). The relationship of character education implementation and academic achievement in elementary schools. Journal of research in character education 1(1): 19-32.

Depdiknas. (2010). Buku Induk Pembangunan Karakter. http://wartapedia.com.

Diani, Rahma. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah pendidikan Fisika Al-Biruni 04(2):243-255.

Ikhwanuddin. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Kerja Keras dan Kerja Sama dalam Perkuliahan. Jurnal pendidikan Karakter. Tahun II, No.2. 153-163.

Jaya, I.M., Sadia, I.W,.& Arnyana, I.B.P. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Setting Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 4. 1-12.

Mukromin. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Pesantren. Jurnal Al-Qalam XIII (9): 131-133. 2010.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Salirawati, Das. (2012). Percaya Diri, Keingintahuan, dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun II, No.2. 213-224.

Sani, Ridwan A. (2011). Pendidikan Karakter di Pesantren. Medan: Citapustaka Media Perintis.

Siswanto. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religious. Jurnal Tadris 8(1): 103-106.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.

Skaggs, G & Bondenhorn, N. (2006). Relationships Between Implementing Character Education, Student Behavior, and Student Achievement. Journal of Advanced Academics, 18, 82-144.

Suharjana. (2012). Kebiasaan Berprilaku Hidup Sehat dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun II, No.2. 189-201.

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Jurnal Walisongo 19(2): 292-293.




DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.114

Article Metrics

Abstract views : 755 | PDF downloads : 605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © UIN Raden Intan Lampung. All rights reservedp-ISSN 2303-1832 | e-ISSN 2503-023X