Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Witri Puspita Sari, Eko Suyanto, Wayan Suana

Abstract


This research aims to reveal the students conceptual understanding about the vector of XI grade senior high school students in Natar district, South Lampung. The population was all of the students of XI grade from seven high schools, and the number of samples was 167 students. The data collected by using 15 multiple choice and reasons required questions. The results showed that only 39.1% students understood about vector concept. Unit vector was the most understandable subtopic where 61.1% of students understand the subtopic whereas the direction of the vector was the most challenging subtopic for students where only 23.3% understand the subtopic.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemahaman konseptual tentang vector, siswa kelas XI SMA di Kabupaten Natar, Lampung Selatan. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA dari tujuh SMA dan jumlah sampel sebanyak 167 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan 15 soal pilihan jamak dan alasan pertanyaan yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 39,1% siswa yang mengerti tentang konsep vektor. Vektor satuan adalah subtopik yang paling mudah dipahami dimana 61,1% siswa memahami subtopik sedangkan arah vektor adalah subtopik yang paling sulit bagi siswa dimana hanya 23,3% yang mengerti subtopic


Keywords


analisis konsep vektor; pemahaman konsep; siswa SMA.

References


Barniol, P., & Zavala, G. (2014). Test of understanding of vectors: A reliable multiple-choice vector concept test. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.010121

Bollen, L., Kampen, P. Van, Baily, C., Kelly, M., & Cock, M. De. (2017). Student difficulties regarding symbolic and graphical representations of vector fields. Physical Review Physics Education Research, 13(20109), 1–17. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.13.020109

Bollen, L., Kampen, P. Van, & Cock, M. De. (2015). Students ’ difficulties with vector calculus in electrodynamics, 20129, 1–14. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020129

Erlinda, N. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika di SMK. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1738

Gumrowi, A. (2016). Strategi Pembelajaran melalui Pendekatan Kontekstual dengan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gelombang Siswa Kelas XII MAN 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 183–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.118

Heckler, A. F., & Scaife, T. M. (2015). Adding and Subtracting Vectors : the Problem with the Arrow Representation, 10101(11), 1–17. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.010101

Irwandani, & Rofiah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 165–177. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90

Komikesari, H. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 15–22.

Mustari, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Lewat Komputer terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 4(2), 269–280.

Poniman. (2016). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika dengan Metode Praktikum pada Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 257–264.

Pujianto, A., Nurjannah, & Darmadi, I. W. (n.d.). Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(1), 16–21.

Rhahim, E., Tandililing, E., & Mursyid, S. (n.d.). Hubungan keterampilan matematika dengan kemampuan menyelesaikan soal fisika terhadap miskonsepsi siswa pada impuls momentum, (2002), 1–9.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum Dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation Dan Lkm Melalui Pendekatan Saintifik : Dampak Pada Minat Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60.

Sasmita, P. R. (2017). Penerapan metode inkuiri terbimbing menggunakan media kit fisika: upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 95–102.

Sirait, J. H., & Oktavianty, E. (2017). Analysis of Pre-Service Physics Teachers ’ Understanding of Vectors and Forces. Journal of Turkish Science Education, 14(2), 82–95. https://doi.org/10.12973/tused.10200a

Susiharti, & Ismet. (n.d.). Studi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Vektor di SMA Negeri 1 Inderalaya. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 99–105.

Wang, T., & Sayre, E. C. (2010). Maximum likelihood estimation (MLE) of students’ understanding of vector subtraction. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1289, pp. 329–332). American Institute of Physics. https://doi.org/10.1063/1.3515236

Yusuf, M. T., & Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85–92.

Yuwarti, Pasaribu, M., & Hatibe, A. (n.d.). Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Lab-School Palu pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 5(3), 12–15.

Zavala, G., & Barniol, P. (2010). Students’ understanding of the concepts of vector components and vector products. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1289, pp. 341–344). American Institute of Physics. https://doi.org/10.1063/1.3515240




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 witri puspita sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © UIN Raden Intan Lampung. All rights reservedp-ISSN 2303-1832 | e-ISSN 2503-023X