Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X

Irwandani Irwandani, Sri Latifah, Ardian Asyhari, Muzannur Muzannur, Widayanti Widayanti

Abstract


The aims of this research is to produce interactive digital modul based on Articulate Studio '13 on quality and interesting circle motion subject of physics learning. This is Research and Development (R&D) research by modifying 10 stages that exists into 7 stages, they are: potential and problem, information gather, product design, design validation, design revision, product testing, and product revision. The limitation of stages is done based on the need and the purpose of the research itself. Based on the result validation product, concludes that digital interactive modul of Articulate Studio'13 on circle motion subject is categorized very eligible to used. The gain percentages are from physics experts are 84,67%, from learning media experts are 85,56%, and from education experts are 84,1%. Then, the product is tested on small scale and gained interesting percentage at 84,4%. Later, on large scale gained interesting percentage at 85,0%. Based on those result, it can be conclude that interactive digital modul based on Articulate Studio'13 on circle motion subject of physics learning can be used as learning modul.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk modul digital interaktif berbasis Articulate Studio’13 pada mata pelajaran fisika materi gerak melingkar yang berkualitas dan menarik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan memodifikasi 10 tahapan yang ada menjadi 7 tahapan yaitu; potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Pembatasan tahapan ini dilakukan berdasarkan kebutuhan dan tujuan penelitian itu sendiri. Berdasarkan hasil validasi produk, diperoleh kesimpulan bahwa modul digital interaktif berbasis articulate studio’13 pada mata pelajaran fisika materi gerak melingkar diakategorikan sangat layak untuk digunakan. Persentase yang diperoleh dari ahli materi fisika sebesar 84,67%, dari ahli media pembelajaran sebesar 85,56%, dan dari praktisi pendidikan sebesar 84,1 %. Produk tersebut kemudian diujicobakan dalam skala kecil dan diperoleh persentase kemenarikan sebesar 84.4%. Selanjutnya, dalam uji coba skala besar diperoleh persentase kemenarikan sebesar 85,0%. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa modul digital interaktif berbasis Articulate Studio’13 pada mata pelajaran fisika materi gerak melingkar dapat digunakan sebagai modul pembelajaran.


Keywords


articulate studio’13, gerak melingkar, interaktif, modul digital

Full Text:

PDF

References


Aprilliyah, & Wahjudi, E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif pada Materi Jurnal Khusus Kelas X Akutansi di SMK Negeri Mojoagung. UNESA, 1–7.

Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanched Course: Mengembangkan Web-Blogs Pembelajaran Fisika Dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 13-25. doi:10.21831/jitp.v4i1.13435

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(I), 1-13. doi:10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Asyhari, A., Irwandani, I., & Saputra, H. C. (2016). Lembar Kerja Instruksi Konseptual Berbasis PhET: Mengembangkan Bahan Ajar untuk Mengkonstruksi Konsep Siswa Pada Efek Fotolistrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika ‘Al-BiRuNi’, 5(2), 193-204. doi:10.24042/jpifalbiruni.v5i2.119

Asyhari, A., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Pendidikan Karakter. Jurnal Inkuiri, 3(1), 62-75.

Aulliyah, M., Sutarto, & Harijanto, A. (2015). Paket Sumber Belajar dengan Analisis Wacana Isu untuk Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 152–158.

Ayudia, C. (2014). Upaya kepala sekolah dalam meningkatkanpartisipasi orang tua di sdn kecamatan pariaman utara kota pariaman. Jurnal Administrasi Pendidikan Halaman, 2(1), 100–107.

Basonggo, I., Tangkas, I. M., & Said, I. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Meselesek. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(2), 96–104.

Byun, J., Sung, T. E., & Park, H. W. (2017). Technological innovation strategy: how do technology life cycles change by technological area. Technology Analysis and Strategic Management, 1–15. https://doi.org/10.1080/09537325.2017.1297397

Desy, Desnita, & Raihanati. (2015). Pengembangan Alat Peraga Fisika Materi Gerak Melingkar untuk SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 39–44.

Fachrory Akbar Ghozali. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Studio’13 Kompetensi Dasar Arsitektur dan Prinsip Kerja Fungsi Setiap Blok PLC di SMK Negeri 1Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).

Fathurohman, A. (2014). Analogi dalam pengajaran fisika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 74–77.

Heeks, R., & Stanforth, C. (2015). Technological change in developing countries: Opening the black box of process using actor-network theory. Development Studies Research, 2(1), 33–50. https://doi.org/10.1080/21665095.2015.1026610

Huda, T. A., Fadiawati, N., & Tania, L. (n.d.). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Termokimia Berbasis Rerresentasi Kimia, 26–37.

Indrawati, R. M. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Bermain Peran. Journal of Elementary Education, 2(4), 15–22.

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103

Jabar, A. (2015). Penerapan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 81–88.

Krismiyati. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43–50.

Kristanti, Y. D., Subiki, & Handayani, R. D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122–128.

Lubis, S. A., & Derlina. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Hukum Newton di SMP Yayasan Perguruan Budi Agung Medan Marelan T.P. 2013/2014. Jurnal Inpafi, 4(4), 140–145.

Nasional, D. P. (2008a). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Nasional, D. P. (2008b). Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu dan Tenaga Kependidikan Dinas.

Nessa, W., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak Pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis Science , Technology, Engineering, And Mathematics ( STEM ) Problem-Based Learning Di Kelas X. Jurnal Elemen, 3(1), 1–14.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 33–47.

Nurul Qomariah. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(1), 177-.

P, A. B., Sunaryo, & Iswanto, B. H. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash untuk Menjelaskan Fisika Inti dan Radioaktivitas untuk SMA Kelas XII. Seminar Nasional Fisika, 116–120.

Permana, M. S., Johar, D., & Bunyamin. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, 11(1), 1–10.

Praswoto, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Kencana Media Group.

Purnamasari, P., An’nur, S., & M., A. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar melalui Model Pembelajaran REACT pada Materi Elastisitas. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 209–221.

Rahayu, S. D., Prihandono, T., & Gani, A. A. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Concept Mapping pada Materi Elastisitas di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 247–254.

Sahfriana, I., Subchan, W., & Suratno. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPA Biologi untuk Materi Ajar Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas 8-C Semester Gasal di SMP Negeri 1 Bangil . Pancaran, 4(2), 213–222.

Sari, D. M., Surantoro, & Ekawati, E. Y. (2013). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Termodinamika Pada Siswa SMA. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(1), 5–8.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. INVOTEC, IX(2), 101–116.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujanem, R., Suswandi, I., & Ganesha, U. P. (2012). Pengembangan Modul Software Multimedia Interaktif dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia |, 1(1), 13–27.

Suprapto. (2006). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi di Sekolah. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3(April), 34–41.

Suroso. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Fisika Termodinamika pada Siswa SMA Negeri 1 Magetan. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 4(1), 8–18.

Syafi’i, M., & Nasir, M. (2016). Perancangan dan Pembangunan Multimedia Interaktif Pembelajaran Fisika Visualisasi Gerak Melingkar Beraturan Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan, 86–96.

Tania, L., & Susilowibowo, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikuum 2013 pada Materi Ayat Jurnal Penyesuain Perusahaan Jasa SIswa Kelas X Akutansi SMK Negeri 1 Surabaya. UNESA, 1–9.

Ulfah, M. (2012). Mekanisme Perolehan Ilmu dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XII(2), 289–307.

Wati, P. A., & Santosa, A. B. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel Dan Menggambar Teknik Kelas X Smk Kal-1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3), 401–407.

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2016). Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1–8.

Yoto, Zulkardi, & Wiyono, K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Teori Kinetik Gas Berbantuan Lectora Inspire untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 211–219.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Irwandani Irwandani, Sri Latifah, Ardian Asyhari, Muzannur Muzannur, Widayanti Widayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © UIN Raden Intan Lampung. All rights reservedp-ISSN 2303-1832 | e-ISSN 2503-023X