Pengaruh Penggunaan Metode Drill pada Materi Kalor terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Durrul Jauhariyah, Dardiri Dardiri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan metode drill dengan siswa yang menggunakan metode ceramah; (2) pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MAN 1 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN 1 Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X.MIA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.MIA1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pre-test dan soal post-test. Teknik analisa data menggunakan uji-t dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan metode drill dengan siswa yang menggunakan metode ceramah yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,033; (2) terdapat pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MAN 1 Bandar Lampung yang ditunjukkan oleh koefisien regresi positif sebesar 0,758.

The Effect of Drill Method on Heat Material Toward Students’ Physics Learning Outcomes

The purpose of this research was (1) the difference of the students’ cognitive study results that used drill method and lecture method; (2) the effect of using drill methods concerning the study result of learning in class X MAN 1 Bandar Lampung. This was quasi-experiment research with Pretest-Posttest Control Group Design. The population was all of X grade students of MAN 1 Bandar Lampung. Taking samples in this research was done by a cluster random sampling technique, so X MIA4 was chosen as the experimental class and X MIA1 was chosen as the controlling class. The Instrument used in this research consist of pretest and posttest question. Then, the technique of analyzing data used T-test and regression. The results of this research show that (1) there was a difference of the student’ cognitive study results that used drill and lecture method with significance of t-test 0,033; (2) there was an effect of using drill method concerning about the students’ cognitive study result with coefficient of regression 0,758.


Keywords


ceramah, drill, hasil belajar, kuasi eksperimen

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryantini. (2011). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa MAN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2010/2011 (Unpublsished Skripsi). Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Bruce, J & Marshal, W. (2000). Models of Teaching 6th Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Dahar, R. W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Furlong, K. P. & Sharma, P. (2012). Effects of Active Learning on Enhancing Student Critical Thinking in an Undergraduate General Science Course. Innovation High Education, 223-235.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, M. A. (2014). Efektivitas Metode Drill Berbantuan Modul Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 2 (3) 68-74.

Harjanto. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwati, P. (2010). Pengaruh Penerapan Metode Drill/Latihan terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4 (1) 48-53.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sriyono. (1992). Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Susilowati, E. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran Drill sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP UNS, 1 (3) 242-250.

Suyanto & Jihad, A., (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas di Era Globalisasi. Jakarta: Esensi, Erlangga Group.

Wahyudin, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Drill terhadap Hasil Belajar IPS Siswa (Unpublished Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Wilson, L. O. (2013). New blooms in established fields: four domains of learning and doing. Retrieved from http://goliath.ecnext.com/coms2/gi_0199-5400788/New-blooms-in-established-fields.html

Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Biagraf Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i1.907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.