Pelatihan Dan Bimbingan Pengelolaan Keuangan Masjid Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat Di Kota Metro

Yufi Maskuro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengelola masjid dalam mengelola keuangan masjid untuk memberdayakan umat di Kota Metro. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif atau studi lapangan, Obyek penelitian ini adalah masjid yang berada pada wilayah Kota Metro dan yang menjadi sumber pemberi data pada penelitian ini ada pengurus masjid yang mengurusi masalah keuangan masjid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya pemahaman kepada pengelola masjid dalam mengelola keuangan masjid untuk memberdayakan umat di Kota Metro. Keterbatasan penelitian ini yaitu hanya membahas seberapa besar pemahaman kepada pengelola masjid dalam mengelola keuangan masjid untuk memberdayakan umat di Kota Metro, serta  jumlah sampel dan populasi yang diteliti hanya masjid yang ada pada wilayah Kota Metro sehingga membuka peluang untuk peneliti-peneliti yang baru dengan mengangkat tema yang sama. Implikasi penelitian ini diharapkan agar bisa menambah khasanah ilmu pengetahuan berkaitan dengan memberikan pemahaman kepada pengelola masjid dalam mengelola keuangan masjid untuk memberdayakan umat di Kota Metro.

 


Keywords


Akuntansi, Masjid,Transparansi, Akuntabilitas

Full Text:

PDF

References


Abidin, H. a. ((2004).). Kritik dan Otokritik LSM. Jakarta : Piramedia.

Adisty, D. (2021). Pengaruh Audit Operasional Tehadap Efektivitas Pelaksanaan Dana Bantuan Operasional Sekolah pada Inspektorat Kota Sukabumi. Jurnal Akuntansi UMMI 2.1 , 49-65.

Alim, A. P. (2010). Audit Pengurusan Masjid: Kajian di Daerah Pasir Puteh, Kelantan. Universiti Teknologi Malaysia Institutional Repository, 1-7.

Aminu, M., Utz, B., Halim, A., & Van Den Broek, N. (2014). Reasons for performing a caesarean section in public hospitals in rural Bangladesh. BMC Pregnancy and Childbirth, 14(1), 1–8.

Andarsari, P. R. (2016). Laporan keuangan organisasi nirlaba (lembaga masjid). Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri 1.2.

Ayub, M. (1996). Manajemen Masjid. Jakarta: : Gema Insani.

Badu, R. S. (2014). Studi Ethnosains: Dilema Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pelaporan Sumbangan Donatur dan Pengelolaan Keuangan Masjid (Studi Kasus Di Kabupaten Gorontalo). Penelitian Kolaboratif Dana BLU FE, 1(1087).

Bastian, I. (2007). Akuntansi untuk LSM dan partai politik. Erlangga.

Bastian, I. (2007). Akutansi Yayasan Lembaga Publik. Erlangga, Yogyakarta.

Horngren, H. G. (2007). Akuntansi Edisi Ketujuh Jilid 1.

Lewis, T. (2007). Practical Financial Management for NGOs: A Course Handbook Getting Basic Right, Taking the Fear Out Finance, alih bahasa Hasan Bachtiar, Cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Maskuro, Y. (2020). "Pelatihan dan Bimbingan Pengelolaan Keuangan Masjid Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat. Al-Mal: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam 1.2, 86-97.

Nazir, M. ( 1988). Metodologi Penelitian Cetakan ke 7. Jakarta: t Ghalia Indonesia.

Nordiawan, D. (2006). Akuntansi Sektor Publik. Jakarta.

Pontoh, C. R. S. (2013). Penerapan laporan keuangan organisasi nirlaba berdasarkan psak no 45 pada gereja bzl. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia: Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.

Saputro, A., & Triyuwono, I. (2009). Koreksi Konsep Nilai Tambah Syariah: Menimbang Pemikiran Konsep Dasar Teoritis Laporan Keuangan Akuntansi Syariah. Proceeding Simposium Nasional Akuntansi XII Unsri Palembang (6–9 November), 1–25.

Sekaran, U. a. (2014). Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Research Methods for Business.

Singarimbun, M. a. (1989). Metodologi penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Siregar, L. M. (2018). Akuntansi Keuangan Mesjid: Suatu Tinjauan. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 4(2).

Sumarni, M., & Soeprihanto, J. (1998). Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Liberty.

Standar Akuntansi Keuangan, S. A. (2012). Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Suharto, N. (2015). Potensi Kebangkrutan Perbankan Dengan Z-Score Altman Dan Pengaruhnya Terhadap Harga saham (Studi Perbandingan Bank BUMN Dengan Bank Non-BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang 3.1 .

Vredenbregt, J. ( 1981). Metode dan teknik penelitian masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/al-mal.v1i2.5426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Creative Commons License
Al-Mal: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.