PENGARUH PELATIHAN PENETAPAN TUJUAN (GOAL SETTING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM PADA MAHASISWA

Nugroho Arief Setiawan

Abstract


Motivasi belajar agama Islam adalah gejala psikologis dari dalam jiwa dalam bentuk dorongan pertumbuhan dan perubahan diri seseorang dalam tingkah laku baru berkat pengalaman dan latihan untuk mencapai tujuan yang dikehendaki serta mendapat kepuasan. Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar agama Islam pada individu, yaitu faktor dari dalam individu (internal) dan faktor dari luar diri individu (eksternal). Faktor internal adalah adanya faktor fisiologis, faktor emosi, kebiasaan yang dapat menjadi motivator, faktor mental set, nilai dan sikap individu. Selanjutnya faktor eksternal adalah tujuan belajar, strategi belajar dan lingkungan belajar yang merangsang mahasiswa mengembangkan pemikiran ilmiahnya, penetapan tujuan, konsentrasi pada tujuan. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar agama Islam pada mahasiswa adalah penetapan tujuan (goal setting)yaitu sebuah perlakuan yang diberikan kepada subjek dengan dasar pemikiran bahwa setiap orang memiliki suatu keinginan untuk mencapai hasil spesifik atau tujuan yang diharapkan dapat tercapai, penetapan tujuan mempengaruhi proses belajar dengan cara mengarahkan perhatian dan tindakan, memobilisasi pengerahan usaha, memperpanjang lamanya pengerahan usaha, dan memotivasi individu untuk mengembangkan strategi yang relevan untuk mencapai tujuan belajar.

Keywords


Motivasi Belajar Agama Islam, Pelatihan Penetapan Tujuan (Goal Setting)

Full Text:

PDF

References


Berry, L., & Houston, J. Psychology at work. Dubuque:Brown & Benchmark Publisher, 1993 Burton, W. The Guidance of Learning Activities. Aplleton Century Crofts, 1952 Carver, S., & Scheier, M. On the self-regulation of behavior. United Kingdom: Cambridge University Press, 1998 Chauhan, S. Advance Educational Psychology. Third Edition. New Delhi: Vikes Publishing House, 1978 Clarke, S., Crowe, T., Oades, L., & Deane, F. Do goal-setting interventions improve the quality of goals in mental health services. Psychiatric Rehabilitation Journal, 32 (4), 2009 Davis, K., & Newstroom, S. Human behavior at work. Organizational behavior. 8th Edition. Singapore : Mc Graw-Hill Book Co, 1989 Elliot, A., Shell, M., Henry, K., & Maier, M. Achievement goals, performance contingencies, and performance attainment: An experimental test. Journal of educational Psychology, 97 (4), 2005

Gist, M., Bavetta, A., & Stevens, CC. Transfer training method: It‟s influence on skill generalization, skill repetition and performance level. Personel Psychology Journal, 43, (3), 1990

Hardjana, A. Training SDM yang Efektif. Yogyakarta: Kanisius, 2003 Harackiewicz, J., Sansone, C., & Manderlink, G. Competence ahievement orientation, and instrinsic motivation: A process analysis. Journal of Personality and social Psychology, 48 (2), 1985 Haslam, S., Wegge, J., & Postmes, T. Are we on learning curve or a treadmill? The benefits of participative group goal setting become apparent as tasks become increasingly challenging over time. European Journal of Social Psychology, 39, 2009 Hidayat, A. Hubungan Antar Persepsi Santri terhadap Kemampuan Guru Mengajar dengan Motivasi Belajar Bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas ahmad Dahlan, 2002 Johnsons, D., & Johnson, F. Joining together: Gorup theory and group skills. Fourth Edition. USA: Prentice Hall International Edition, 2000 Locke, E., Shaw, K., Saari, L., & Latham, G. Goal Setting and task performance: 1969-1980. Psychology Bulleti. (90), 1981 Locke, E., & Latham, G. A theory of goal setting and task performance. Englewood Cliffs, Nj: Prentice-Hall, 1990 Locke, E., & Latham, G. Building practically usefull theory of goal setting and task motivation. American psychologist, 57 (9), 2002 McCown, R., Driscoll, M., & Roop, P. Educational Psychology: a Learning Approach to Classroom Practic. Boston: Allyn & Bacon, 1997 Muchinsky, P. Psychology applied to work: An introduction ndustrial and organizational psychology. Chicago: The Dorsey Press, 1987 Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002 Robbin, S. Organizational behavior: Concepts, controversies, and applications. I4th edition. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1989

Sardiman, A. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001 Simanjuntak, B., & Pasaribu, T. Psikologi Perkembangan. Bandung: Tarsito, 1981 Steer, R., & Porter, L. Motivational and work Behavior. Six edition. Mc. Graw: Hill Companies, 1990 Syah, M. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya, 2004 Syarafuddin. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2001 Widyastuti, P., & Wahyuni, S. Pengaruh kepribadian terhadap self-efficacy dan proses penentuan tujuan (goal setting) dalam rangka memprediksi kinerja individu. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1), 2003 Wood, R., Mentho, A., & Locke, e. Task complexity as a moderator of goal effect a meta-analysis. Journal of applied Psychology, (72), 1987 Yearta, S., Maitlis, S., & Briner, R. An exploratory study of goal setting in theory and practice: A motivational technique that works. Journal of Occupational and Organizational Psychology, (68), 1995




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v12i1.1443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.