URGENSITAS AGAMA DALAM MASYARAKAT MADANI

Syaiful Hamali

Abstract


Dalam masyarakat yang sudah mapan, agama merupakan salah satu struktur institusional penting yang melengkapi dan mewarnai kehidupan masyarakat. Terutama dalam sistem sosial dan kepercayaan dalam berbagai bentuk kehidupan, agama benar-benar merupakan sebagai masalah sosial dan masalah bathiniyah yang sampai saat ini senantiasa ditemukan dalam berbagai masyarakat manusia. Agama benar-benar tertanam dalam jiwa manusia, sehingga nilai-nilai agama selalu memberikan energi pada manusia untuk bersikap dan bertingkah laku. Dalam masyarakat pluarlistik agama akan melahir sikap toleransi dalam kehidupan yang tumbuh dan berkembang dalam mmbentuk sistem komuinitas umat manusia. Masyarakat madani dibentuk dengan landasan motivasi, dan etos kerja keagamaan pada akhirnya akan menumbuh kembangkan nilai-nilai jiwa keagamaan para anggota masyarakat.

Keywords


Urgensitas agama, masyarakat madani

Full Text:

PDF

References


Dadang Kahmat, Sosiologi Agama, Potret Agama dalam Dinamika Konflik, Pluralisme, dan Modern, Bandung: CV. Pustaka Setia, Cet. I, 2010. Elizabeth K,Nottingam, Religion And Society, terj, Abdul Muis Naharong, Jakarta : CV. Rajawali, Cet. I, 1985. Kartini Kartono dan Jenny Andari, Hygiene Mental dan Kesehatan Mental Dalam Islam, Bandung: Mandar Maju, Cet. VI, 1989. M. Dawam Raharjo, Masyarakat Madani: Agama Kelas Menengah dan Perubahan Sosial,, Jakarta: LP3ES, 2009. Nurcholish Madjid, Civil Society Versi Masyarakat Madani, Bandung: Pustaka Hidayah, 1990. ……., Kehampaan Spiritual Masyarakat Modern, Jakarta: Penerbit Mediacita, 2000. ……., Islam Doktrin Dan Peradaban , Jakarta : Paramadina, 1992. ……., Kehampaan Spiritual Masyarakat Modern, Penerbit Mediacita, 2000. ……., Religiusitas, Membumikan Nilai-Nilai Islam Dalam Kehiduapan Madani, Jakarta: Paramadina, 2000.

Nanih Machendrawaty dan Agus Ahmad Syafi‟i, Pengembangan Masyarakat Islam dari Ideologi, Strategi sampai Tradisi, Bandung : PT.Rosdakarya, Cet.I, 2001. Robert H. Tahouless, Pengantar Psikologi Agama, Jakarta : Rajawali Press, Cet. I, 1992. Tim ICCE UIN Jakarta, Pendidikan Kewargaan (civic Education) Demokrasi, Hak Asasi manusia & Masyarakat Madani, Jakarta : Pernada Media, Edisi Revisi, 2003. Thomas F. „Odea, Sosiologi Agama, Suatu Pengenalan Awal, Terj.Tim Penerjemah YASOGAMA, Jogyakarta : Yosagama dan Rajawali, 1984, Cet. I, 1985. Ubaedillah dan Abdul Rosak (Penyunting), Pendidikan Kewargaan (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi manusia dan Masyarakat Madani, Jakarta: Tim ICCE UIN Syarif Hidayatullah dan The Asis Foundation, 2003. Yusuf al-Qordowi, Kayfa Nata Ma’a al-Qur’an fi al-Addin, Kairo: Dar al-Syuruq, Cet.IV, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v12i1.1444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.