KRITIK TERHADAP PEMIKIRAN SAMUEL P. HUNTINGTON TENTANG BENTURAN ANTAR PERADABAN

Agustam Agustam

Abstract


Menurut Huntington, sumber fundamental dari konflik dalam dunia baru ini pada dasarnya tidak lagi ideologi atau ekonomi, melainkan budaya. Budaya akan memilah-milah manusia dan menjadi sumber konflik yang dominan. Negara-bangsa tetap akan menjadi aktor yang paling kuat dalam percaturan dunia, tapi konflik politik global yang paling prinsipil akan terjadi antara bangsa-bangsa dan kelompok-kelompok karena perbedaan peradaban mereka. Pertentangan antara peradaban akan mendominasi politik global. Garis-garis pemisah peradaban akan menjadi garis-garis pertentangan di masa depan.

Full Text:

PDF

References


Amartya Sen, tt. Identity and Violence : The Illusion of Destiny, New York – London : W.W. Norton & Company. Benjamin Barber, 1995. Jihad vs McWorld, New York : Times Book. Muhammad Imaduddin Abdulrahim, 1996. ―Mengapa Perlu Dialog?‖, dalam M. Natsir Tamara dan Elza Peldi Taher, Agama dan Dialog Antar Peradaban, terj. Syaiful Muzani, Jakarta : Paramadina. Surat Kabar Tempo, 28 Januari 2009.

Samuel P. Huntington, 1993. ―The Clash of Civilization?‖, Foreign Affairs, 72, No.3, Musim Panas. ---------, 1996. ―Benturan Antar Peradaban, Masa Depan Politik Dunia‖, dalam M. Natsir Tamara dan Elza Peldi Taher, Agama dan Dialog Antar Peradaban, Jakarta : Paramadina. Mark R. Woodward, 1998. ―Indonesia, Islam dan Orientalisme : Sebuah Wacana yang Melintas‖ (Pendahuluan), dalam Mark R. Woodward (ed.), Jalan Baru Islam ; Memetakan Paradigma Islam Indonesia, Bandung : Mizan. Moeslim Abdurrahman Abdurrahman, Tempo, 18 Desember 1993. Dewi Fortuna Anwar, ―Kemerosotan Barat dan Kerisauan Huntington‖ dalam Ulumul Qur’an, Nomor 5, Vol. IV. Th. 1993. Donald K. Emerson, ―Konflik Peradaban atau Fantasi Huntington‖, dalam Ulumul Qur’an, Nomor 5, Vol. IV. Th. 1993. Akbar S. Ahmed, 2002. Postmodernism and Islam : Predicamen and Promise, London : Routledge. Nurcholish Madjid, ‖Kosmpolitalisme Islam dan Terbentuknya Masyarakat Paguyuban‖, dalam M. Nasir Tamara dan Elza Peldi Taher (ed.), Agama dan Dialog Antar Peradaban, Jakarta : Paramadina. Olah Schumann, ―Persepsi Diri dan Persepsi Majemuk di Barat‖, Agama dan Dialog Antar Peradaban, Jakarta : Paramadina.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajsla.v5i1.468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.