Hubungan Kecerdasan Spiritual terhadap Self Regulated Learning (SRL) pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan 2018

https://doi.org/10.24042/ajp.v3i1.6042

Sri Maria Puji Lestari, Tusy Triwahyuni, Elitha Utari, Nurul Fatimah

Abstract


Latar Belakang:Istilah self regulated learning (SRL) pertama kali dimunculkan oleh Albert Bandura dalam teori belajar sosialnya, yang diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengontrol perilakunya sendiri (Boeree, 2010). Zimmerman dan Pons mengemukakan bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi SRL yaitu faktor personal, perilaku dan lingkungan. Salah satu komponen utama dari faktor personal adalah kecerdasan spiritual.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kecerdasan spiritual terhadap SRL pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan 2018.

Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode cross sectional, alat ukur kuisioner kecerdasan spiritual dan SRL,  serta menggunakan teknik accidental sampling. Data statistik uji spearman menggunakan SPSS versi 21.

Hasil: Didapatkan responden penelitian berjumlah 122 mahasiswa dengan tingat kecerdasan spiritual terbanyak dalam kategori tinggi berjumlah 115 responden (94,3%) dan tingkat SRL terbanyak dalam kategori tinggi berjumlah 62 responden (50,8%). Analisis statistik menggunakan uji spearman menunjukkan p-value sebesar 0,000 dengan uji korelasi  sebesar +0,519.

Pembasan: Terdapat hubungan yang bermakna antara kecerdasan spiritual terhadap SRL pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan 2018. Kecerdasan spiritual mempengaruhi SRL sebesar 27%.

Kata Kunci : Self Regulated Learning, Kecerdasan Spiritual.


Full Text:

PDF

References


Anam, H. and Ardillah, L., 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Sains Terapan.

Agasni, A.A. and Indrawati, E.S., 2015. Kecerdasan Spiritual Dengan Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Program Pendidikan Sarjana Kedokteran. Empati.

Fatmala, V., 2017. Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap self regulated learning pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Doctoral dissertation, UIN Walisongo.

Hakim, N., 2018. Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual dalam Perspektif Bidayatul Hidayah. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES).

Hasanah, U., Maria, S. and Lutfianawati, D., 2019. Hubungan Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. PSYCHE: Jurnal Psikologi.

Husna, T.A., Mayangsari, M.D. and Rachmah, D.N., 2018. Peranan Kecerdasan Spiritual Terhadap Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Santriwati Di SMP Darul Hijrah Puteri Martapura. Jurnal Ecopsy.

Kurniawati, J. and Baroroh, S., 2016. Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator.

Manab, A., 2016. Memahami regulasi diri: Sebuah tinjauan konseptual. In Seminar ASEAN Psycology & Humanity.

Notoatmodjo S.2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sadikin, M.H., 2014. Konsep zuhud thariqah Alawiyah dalam mengatasi krisis spritual manusia modern. Doctoral dissertation, IAIN Walisongo.

Rachmi, F., 2011. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta). Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro.

Rahmasari, L., 2016. Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Majalah Ilmiah Informatika.

Seto, Mulyadi, dkk. 2017. Psikologi Pendidikan Dengan Pendidikan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Depok: Rajawali Pers.

Supriadi, U., 2015. Gagasan Danah Zohar dan Ian Marshall Tentang Kecerdasan Spiritual Dalam Meningkatakan Motivasi Belajar Siswa. Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Woolfolk, A. and Margetts, K., 2012. Educational Psychology Australian Edition. Pearson Higher Education AU.

Zimmerman, B.J., 1989. A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of educational psycholog.




DOI: https://doi.org/10.24042/ajp.v3i1.6042

Article Metrics

Abstract views : 738 | PDF downloads : 580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 ANFUSINA: Journal of Psychology