PENYELENGGARAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) PUSTAKA KELILING ADIL DALAM PEMBERDAYAAN LITERASI DAN EKONOMI MASYARAKAT

Annisa Nur Fatwa

Abstract


Artikel ini membahas mengenai bagaimana upaya yang dilakukan TBM Pustaka Keliling Adil dalam pemberdayaan literasi dan ekonomi masyarakat khususnya di sekitar lingkungan TBM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Data diambil dengan menggunakan dua teknik pengambilan yaitu observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh TBM Pustaka Keliling Adil dalam pemberdayaan literasi masyarakat adalah dengan kegiatan peminjaman dan pengembalian koleksi dan kegiatan baitul qira’ah. Selain untuk memberdayakan literasi, TBM juga melakukan pemberdayaan terkait peningkatan ekonomi masyarakat dengan kegiatan usaha yang dibentuk, diantaranya Adil Snack dan Nasi Box, Koperasi Literasi, dan Adil Agency.

 

Kata Kunci: TBM, Taman Bacaan Masyarakat, Literasi dan Ekonomi


Full Text:

PDF

References


Abu, Roziya. (2014). “Community Development and Rular Public Libraries in Malaysia and Australia.” Victoria University, https://vuir.vu.edu.au/24833/1/Roziya%20Abu.pdf.

Direktorat Pendidikan Masyarakat. 2006. Pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah.

Kalida, Muhsin. 2014. Fundrising Taman Bacaan Masyarakat. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

———. 2010. Menggalang Dana Melalui Taman Bacaan Masyarakat. Yogyakarta: Mitsaq Pustaka.

Listiawati, Nur. (2010). “Kondisi Lima Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Tangerang dan Bandung dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(1).

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohmaniyah, dan Marwiyah. (2020). “Peranan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta.” Media Pustakawan, 27(1).

Suwanto, Sri Ati. (2017). “Pengelolaan TBM Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Baca Masyarakat.” ANUVA, 1(1).

Winoto, Yunus, dan Sukaesih. (2019). “Studi Tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyelenggaraan Perpustakaan Desa dan Taman Bacaan Masyarakat.” EDULIB: Journal of Library and Information Science, 9(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/el-pustaka.v2i1.8666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal El-Pustaka

Jurnal El-Pustaka is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensep-ISSN: 2722-6980 | e-ISSN: 2775-6939 

Creative Commons License 

View Stats