Kepemimpinan dan Kompetensi Kepala Madrasah (Studi Ekploratif di MAN Kota Bandar Lampung)

Riyuzen Praja Tuala, Nor Rochmatul Wachidah, Aditia Fradito

Abstract


Adapun permasalahan yang ditemukan besifat positif yakni peneliti  ingin mengetahui lebih komprehensif  tentang  gaya kepemimpinan dan kompetensi yang dimiliki kepala madrasah dalam menjalankan tugas sehari-hari. sehingga peneliti bertujuan menganalisis tentang kepemimpinan dan kompetensi kepala madrasah di Madrasah Aliyah Negeri  Kota Bandar Lampung. data diatas ditemukan melalui metode riset lapangan varietas kualitatif. Investigasi proses penalaran deduktif serta induktif, dan analisis dinamis dari ikatan antara peristiwa yang bisa diamati, lebih ditekankan dalam riset kualitatif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kepemimpinan dan kompetensi kepala madrasah di MAN Kota Bandar Lampung telah diimplementasikan dengan baik, gaya kepemimpinan kepala madrasah diimplementasikan dalam beberapa kebijakan seperti melaksanakan rapat rutin madrasah sebagai ajang komunikasi, diskusi dan konsolidasi, memberi ruang dan  kesempatan kepada para guru untuk memberikan kritik dan saran yang konstruktif, memberi kebebasan kepada para guru untuk menyampaikan ide/gagasan nya untuk kemajuan madrasah, bertanggung jawab bersama atas persoalan-persoalan yang dihadapi warga madrasah, memberi tugas kepada guru sesuai kemampuan, menetapkan visi, misi dan tujuan madrasah, mendorong para guru untuk melanjutkan  studi, memberikan penghargaan kepada para guru yang berprestasi, berupaya keras untuk meningkatkan prestasi madrasah khususnya bidang akademik dan ekstakurikuler). kompetensi kepala madrasah. Kompetensi Manajerial diwujudkan dalam bentuk membuat perencanaan berupa Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM), melakukan pembagian tugas mengajar dan bimbingan guru sesuai kualifikasi akademik masing-masing, memimpin proses pendidikan dan pembelajaran, melaksanakan evaluasi belajar secara berjenjang seperti UTS dan  UAS untuk peserta didik,  UKG  dan PKG untuk guru.


Keywords


Kepemimpinan; Kepala Madrasah;Kompetensi manajerial

Full Text:

PDF

References


Andang. (2014). Andang, Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah.

Aqib, Z. (2015). Zainal Aqib, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam.

Ardana, N. W. M. dan A. A. S. K. (2013). Perilaku Organisasi.

Bashori. (n.d.). Bashori, “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan mutu Layanan Pendidikan,Studi Kasus MAN Godean Sleman.

Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah.

Fahmi, I. (2017). Irham Fahmi, Manajemen Kepemimpinan, Teori & Aplikasi.

file:///F:/294597-kompetensi-kepala-madrasah-aliyah-2b4540f6.pdf, diakses pada tanggal 5 oktober 2021, pukul 07.00 WIB. (n.d.).

Hadiati, E., Setiyo, S., Setianingrum, D. A., Dwiyanto, A., & Fradito, A. (2022). School Management in Total Quality Management Perspective at Bina Latih Karya Vocational School Bandar Lampung-Indonesia. Educational Administration: Theory and Practice, 28(01), 93-103.

Marsongko, M. H. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah,Studi Kasus Tentang Manajemen Kepala Sekolah Di SD Muhamadiyah Wonorejo Polokarto.

Minnah El Widdah, D. (2012). Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah.

Purwanto, N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan.

Sugiono. (2018a). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif Dan R&D.

Sugiono. (2018b). Metodelogi Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D.

Sukandar Rumidi. (2004a). Metodelogi Penelitian, Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula.

Sukandar Rumidi. (2004b). Metodelogi Penelitian, Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Gajah Mada University Perss.

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran.

Wyne K.Hoy & Cecil G. Miskel. (1978). Education Administration. Random House.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v13i2.19664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riyuzen Praja Tuala, Nor Rochmatul Wachidah, Aditia Fradito

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.