MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DIGITAL PERGURUAN TINGGI ISLAM: Studi Sistem Manajemen Perpustakaan Digital Universitas Islam Bandung

https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.2291

IRMA LUCYDA, WIA ADAWIYAH

Abstract


Jika Sumber Daya Manusia tidak dikelola secara baik, efektivitasnya akan merosot lebih cepat daripada sumber daya yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan Sistem Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi Islam dengan melakukan studi pada Perpustakaan Digital Universitas Islam Negeri Bandung. Metode  yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Langkah-langkah yang dilakukan adalah analisis kebutuhan pada setiap unit, sehingga seluruh kriteria dan tahapan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan. Namun pada kenyataanya terkadang rasio antara pengguna dengan SDM yang ada tidak seimbang, sehingga terkadang SDM kewalahan ketika melakukan pelayanan. Peningkatkan pengelolaan sumber daya manusia dilakukan agar mampu mengoptimalkan kinerja dan menggerakkan sumber daya lainnya. Pengembangan SDM di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dilakukan di luar Perguruan Tinggi dan hanya untuk pustakawan saja, pelatihan belum secara menyeluruh untuk semua unit dan belum secara khusus dilakukan di perpustakaan Kampus ini sendiri. Pengembangan SDM di Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini juga menjadikan Perpustakaan di Perguruan Tinggi Islam sebagai pusat informasi ilmiah dan persebaran ilmu agama dituntut untuk mendukung era digitalisasi. Hadirnya sistem Perpustakaan Digital diharapkan memberikan layanan yang lebih efektif dan efesien sehingga mendukung penguatan keilmuan dilingkungan sivitas akademik di Perguruan Tinggi Islam UIN Bandung.

 

Kata Kunci : Sumber Daya Manusia,  Sistem Informasi Manajemen,  Perpustakaan Digital, Perguruan Tinggi Islam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.2291

Article Metrics

Abstract views : 119 | PDF downloads : 527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.