Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Antara Konsepsi dan Aplikasi

Syaripudin Basyar

Abstract


Penelitian ini akan memaparkan “Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Antara Konsepsi dan Aplikasi” yang diawali permasalahan fital mengapa pendidikan Islam di Era Globalisasi niscaya dikaji secara konsepsi dan aplikasi?  dengan tujuan penelitian mengekspolasi keniscayaan pendidikan Islam di Era Globalisasi dikaji secara Konsepsi dan Aplikasi. Sedangkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi teoritis dan kontribusi praktis. Dimana kontribusi teoritis dapat dijadikan paradigma baru bagi peneliti berikutnya untuk melakukanstudi tentangpendidikan Islam di Era Globalisasi: Antara Konsepsi dan Aplikasi. Sementara kontribusi praktis, bahwa pendidikan Islam  sangat relevan dan representatif untuk direalisasikan secara konsepsi dan aplikasi di era globalisasi saat ini, dimana disiplin ilmu ini selalu muttakhir, aktual, berkembang serta update pada setiap era dan generasi.Selanjutnya, penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) dengan cara menela’ah berbagai literatur terkait dengan “Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Antara Konsepsi dan Aplikasi, secara prioritas literatur yang ditulis oleh para pakar pendidikan Islam klasik dan kontemporer. Sedangkan metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifdananalisis. Sementara prosedur pengolahan data, digunakan Content Analysis. Mencermati paparan di atas, maka temuan penelitian yang diharapkan adalah “Desain Pendidikan Islam di Era Globalisasi”, dimulai dari desain tujuan pendidikan Islam, desain kurikulum pendidikan Islam,  dan desain lembaga pendidikan Islam.

Full Text:

PDF

References


Ainurrafiq. “Pesantren dan Pembaharuan: Arah dan Implikasi”. Dalam Abuddin Nata, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Islam di Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. 2001.

Al-Abrasyi, Athiyaah. Ruh Al-Tarbiyah wa Al-Ta’lim. Aleppo: Dar Ihya’ al-Kutub al Arabiyah. 1998.

Al-Faruqi, Ismail Raji. Islamisasi Pengetahuan. diterjemahkan oleh Anas Wahyuddin. Bandung: Pustaka. 1984.

Al-Jabari, Muhammad Abid. Bunyat Aqli al-Arabi. Dirosat Ta’liiliyyat Naqdiyyai Linadhmi al-Ma;rifah fi al Soqofah al-Arrobiyyat. Beirut: Markas al-Wahdah al-Rabiah. 1990.

An Nahlawi, Abdur Rahman. Usulut Tarbiyatul Islamiyati wa asalibiha fil bait wal Mujtama. Mesir: Darul Fikkri. 1998.

Arief, Armai. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Angkasa. 2004.

Arif, Mahmud. Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LkiS. 2008.

Dacholfany, M. Ihsan. Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi: Sebuah Tantangan dan Harapan. AKADEMIKA. Vol. 20, No. 01 Januari – Juni 2015.

Danim, Sudarman. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2003.

Dimyati, M. Keilmuan Pendidikan Sekolah Dasar: Problem Paradigma Teoritis dan Orientasi Praktis Dilematis. Malang: IPTI. 2002.

Esha, Muhammad In’am. Institusional Transformation, Reformasi dan Modernisasi Pendidikan Tinggi Islam. Malang: UIN-Malang Press.

Frire, Paolo. Politik Pendidikan; Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan. Yogyakarta: 2000.

Hamlyn, DW.“History of Epistemology” dalam Paul Edwards, The Encyclopaedia of Philosophy, New York: MacMillan Publishisng Co,Inc, and The Pree Press 1982.

Harre, R. The Philosophies of Science: An Introductory Survey. London: Oxford University Press. 1979.

Hitami, Munzir. IAIN Antara Misi Akademis dan Misi Agama: Telaah atas Perubahan IAIN Menjadi UIN, dalam Potensia; Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 4, No. 1. Pekanbaru: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. 2005.

Jasin, Anwar. “Kerangka Dasar Pembaharuan Pendidikan Islam: Tinjauan Filosofis”. AKADEMIKA. Vol. 20, No. 01 Januari – Juni 2015.

Lubis, M. Solly. Umat Islam Dalam Globalisasi. Jakarta: Gema Insani Press. 1997.

Ma’arif, Syamsul. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2007.

Madjid, Nurcholis. Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina. 1997.

Mastuhu. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu. 2002.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: di Sekolah, Madarasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2008.

Mulkhan, Abdul Munir. Paradigma Intelektual Muslim: Pengantar Filsafat Pendidikan Islam dan Dakwah. Yogyakarta: SIPRES. 1993.

Qodri, Azizy. Melawan Globalisasi, Reinterpretasi Ajaran Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2003.

Saefuddin, A.M. dkk. “Konsep Pendidikan Agama: Sebuah Pendidikan Integratif-inovatif”, dalam A.M. Saefuddin et.al., Desekularisasi Pemikiran: Landasan Islamisasi. Bandung: Mizan. 1991.

Salim, Agus. Perubahan Sosial: Sketsa Teori dan Refleksi Metodologi Kasus Indonesia. Yogyakarta: PT Tiara Wacana, 2002.

Soroyo. Antisipasi Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana. 2000.

Subagja, Soleh. Gagasan Libralisasi Pendidikan Islam: Konsepsi Pembebasan dalam Pendidikan Islam. Malang: Madani. 2010.

Sugiharto, Bambang. Humanisme dan Humanoria Relevansinya Bagi Pendidikan. Yogyakarta: Jalasutra. 2008.

Sutrisno. Pembaharuan Dan Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Fadilatama, 2011.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2000.

Umar Muhammad At-Taumi & As Shaybani. Falsafah Pendidikan Islam, Terjemahan. Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang. 1995.

Usa, Muslih Usa (ed). Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: PT Tiara Wacana. 1991.

Zada, Khamami. “Orientasi Studi Islam di Indonesia Mengenal Pendidikan Kelas Internasional di Lingkungan PTAI”. Istiqro: Jurnal Penelitian Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam, Dirjen Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI, Vol, VI/No. O2/2003. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia. 2003.

Zaini, Syahminan. Prinsip-prinsip Dasar Konsepsi Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 1986.

Zuhairini. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.