Faktor Determinan yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Berbasis Mutu Perguruan Tinggi

https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3213

Farida Farida

Abstract


Artikel ini memberikan kontribusi untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh: (1) kepemimpinan terhadap kinerja dosen berbasis mutu Perguruan Tinggi, (2) motivasi dosen terhadap kinerja dosen berbasis mutu Perguruan Tinggi, (3) iklim kampus terhadap kinerja dosen berbasis mutu Perguruan Tinggi, (4) kepemimpinan, motivasi dosen, dan iklim kampus terhadap kinerja dosen berbasis mutu Perguruan Tinggi. Metode yang akan digunakan dalam artikel ini adalah metode survey. Sesuai dengan variabel-variabel yang ada di dalam artikel ini maka penentuan responden yang menilai adalah sebagai berikut: kepimpinan dengan responden pejabat di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. Motivasi prestasi dengan responden dosen. Iklim kampus, dengan responden dosen. Kinerja dosen berbasis mutu perguruan tinggi dengan responden dosen. 3Untuk teknik analisis yang digunakan adalah path analisis, dengan melakukan beberapa uji antara lain meliputi uji persyaratan statistic sebagai persyaratan, uji korelasi dan uji path atau path analysis. Hasil analisis dan pembahasan yang didapat adalah sebagai berikut; (1) Kepemimpinan berpengaruh langsung terhadap kinerja dosen berbasis mutu Perguruan Tinggi dan tidak mempunyai pengaruh tidak langsung, (2) Motivasi berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja dosen (3) Iklim Kampus  berpengaruh langsung terhadap kinerja dosen. (4) Kepemimpinan, motivasi dosen,  dan iklim kampus secara bersama-sama berpengaruh langsung terhadap kinerja dosen berbasis mutu Perguruan Tinggi.

 

Keywords: Iklim Kampus, Kepemimpinan,  Kinerja Dosen, Motivasi Dosen.


Full Text:

PDF

References


Jalal, F., & Dedi, S. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Depdiknas, BAPPENASS, Adicita Karyanusa.

Kerja, E., & Apriani, F. (2009). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Kepemimpinan terhadap Efektivitas Kerja. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 16(1), 13–17.

Kusumstuti, D. (2002). Manajemen Sistem Pembangunan Sumberdaya Dosen Sebagai Penjamin Mutu di Perguruan Tinggi. Studi Tentang Pengaruh Kompetensi Individu Terhadap Kinerja Dosen yang Berorientasi Pada Mutu dengan Moderator Iklim Organisasi dan Dukungan Sumberdaya di Institut Te. Bandung: ITB.

Nasution, S. (2002). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, H. (2003). Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sallis, E. (1993). Total Quality in Education. Philadelpihia: Kogan Page Limited.

Setiawati, T. (2013). Pengaruh Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Dosen (Studi Kasus Di FPTK UPI). Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner, 1(1), 1–5.

Tampubolon, D. P. (2001). Perguruan Tinggi Bermutu, Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke 21. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3213

Article Metrics

Abstract views : 347 | PDF downloads : 288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.