Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Strategi Cooperative Learning

https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i1.3642

Dwipa Sumantri

Abstract


Penguatan akidah akhlak melalui keteladanan sahabat Nabi, merupakan suatu upaya untuk membangkitkan intuisi agama dan kesiapan rohani dalam mencapai pengalaman transcendental. Melalui Pendidikan Agama Islam (PAI) hal itu dapat diraih dengan menggunakan metode belajar yang efektif. Metode cooperative learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah cara menyajikan pembelajaran dengan belajar bersama berbentuk kelompok kecil yang terstruktur di dalamnya peserta didik melakukan aktivitas belajar saling membantu guna meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam memahami materi pelajaran dan memecahkan masalah secara kolektif sesuai dengan indikator pembelajaran PAI yang telah ditetapkan. Metode cooperative learning dapat memotivasi peserta didik untuk berfikir kritis sekaligus dialogis, kreatif dan interaktif yakni problem solving atau pengajuan masalah-masalah yang dituangkan dalam bentuk pertanyaan. Permasalahan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian diupayakan untuk dicari jawabannya baik secara individu maupun bersama. Penerapan Metode cooperative learning ini tidak hanya memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang akan guru sampaikan, namun juga akan dapat menguatkan akidah akhlak serta keaktifan peserta didik dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhaimin, (2013), Rekonstruksi Pendidikan Islam; Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, Robert E. (2016), Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, Bandung:Nusa Media.

Suyadi, (2013), Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung:Remaja Rosdakarya

Muliana. (2017). Konsep Dakwah Enterpreneur Menurut Abdurrahman Bin Auf. Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, Vol. 1, No. 2

Sada, H. J. (2015). Pendidik Dalam Perspektif Dalam al-Quran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam , Vol. 6, No. 1

Tambak, Syahraini. (2017), Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-hikmah Vol. 14, No. 1

Widodo, Syukri Fathudin Achmad . (2006). Menerapkan metode cooperative learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Humanika Vol. 6 No. 1

Wahyudi, Dede. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Jurnal Mudarrisuna Vol.7 No.2




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i1.3642

Article Metrics

Abstract views : 68 | PDF downloads : 71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.