Manajemen Penilaian Sumatif pada Ranah Kognitif Pembelajaran PAI Kelas X Semester Ganjil di SMA Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2017/ 2018

Mabid Barokah

Abstract


Penelitian ini mempunyai tiga tujuan yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut  penilaian sumatif pada ranah kognitif pembelajaran PAI kelas X semester ganjil di SMA Negeri 2 Pontianak tahun pelajaran 2017/ 2018.Penelitian ini menggunakan  jenis penelitian survai dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif.Adapun teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini ialah:1)Perencanaan penilaian sumatif yang dilakukan guru yaitu merumuskan tujuan penilaian berdasarkan buku pegangan guru,membuat kisi-kisi beracuan pada kesimpulan dari materi, hadits-hadits dan peta konsep yang terdapat di buku paket,kisi kisi yang dibuat guru tidak sesuai dengan aturan sehingga tidak terstuktur dan terperinci,guru membuat soal langsung mengambil dari buku LKS dan membuat kunci jawaban.2)Pelaksanaan penilaian sumatif yang dilakukan guru ialah mempersiapkan ruangan dengan memperhatikan kebersihan dan kursi,mengabsen,membagikan soal dan  mengumpulkan lembar jawaban siswa berdasarkan nomor urut ujian yang ditempel di setiap meja.3)Tindak lanjut penilaian sumatif yang dilakukan guru ialah memberikan skor pada soal pilihan ganda skor 1 untuk jawaban benar dan skor 0 jawaban salah.Sedangkan soal essay dengan memberikan skor yang sama untuk soal mudah dan sukar dengan point 5 pada tiap- tiap soal dan membuat pelaporan hasil belajar yang akan diberikan kepada siswa dan kepala sekolah.

Kata kunci: Perencanaan, Pelaksanaan dan Tindak Lanjut Penilaian Sumatif


 

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Rachman Shaleh. 2005. Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Abudin Nata, 2016. Kajian Kurikulum Pendidikan Agama. Jurnal: Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Serta Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Alvarisi. 2015. Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Bina Khatulistiwa Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Pontianak.

Anas Sudiyono. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Anonim, 2010. Kajian Teori dan Konsep Pembelajaran PAI. Digilib.Ac.Id.

Eko Putra W. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Jakarta.

Hikmat. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Moh. Haitami Salim, dkk (Eds). 2017. Pembelajaran Al-qur’an dan Hadits. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Mulyadi, 2010. Evaluasi Pendidikan. Malang: UIN Maliki Press.

Nana Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmat Zainal Abidin. 2016. Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif. Diakses 11 Januari 2018 Dari: Https://Yudharta.Ac.Id/Id/2016/11/Penilaian-Formatif-Dan-Penilaian-Sumatif/.

Ramayulis. 2012. Metodologi Penidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Siswanto, 2010. Model Pengembangan PAI di Sekolah. Tadris. Volume 5. Nomor 2.

Suharmi Arikunto. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainal Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.4859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.