Sistem Pembinaan Profesionalisme Guru Agama Islam di Indonesia dan Malaysia

Endah Tri Sejatiningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk, strategi dan menganalisis persamaan dan perbedaan pembinaan profesionalisme guru agama Islam di Indonesia dan Malaysia. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Dengan tiga aktivitas dalam menganalisis data, yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian terdapat dua bentuk pembinaan bagi guru agama Islam sekolah menengah di Indonesia dan Malaysia yaitu pembinaan berbasis institusi dan pembinaan berbasis individu. Di Indonesia terdapat dua strategi pembinaan guru agama Islam sekolah menengah yaitu dalam bentuk pendidikan dan pelatihan serta non-pendidikan dan pelatihan. Sedangkan di Malaysia terdapat empat strategi yaitu kursus peningkatan profesionalisme guru, penyelidikan dan penulisan, pendidikan ke arah perkembangan kendiri serta perkembangan pendidikan terkini. Terdapat empat persamaan pembinaan di Indonesia dan Malaysia yaitu; persamaan bentuk pembinaan, terdapat badan penyelenggara kegiatan, kegiatan pembinaan, serta strategi pembinaan. Terdapat dua perbedaan yaitu; perbedaan kegiatan pembinaan, dan jumlah strategi.


Full Text:

PDF

References


Bahagian Pendidikan Guru, Sektor Pembangunan Profesionalisme keguruan, Kementerian Pelajaran Malaysia, 2009. Standard Guru Malaysia.

Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Cetakan 1. Kencana Prenada Media Goup, Jakarta.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Cetakan 1. Alvabeta, Bandung.

Efferi, Adri, “Aspek-Aspek Penilaian Kualitas Guru PAI”. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 2, Agustus 2014

Haryanto, Budi, “Perbandingan Pendidikan Islam di Indonesia dan Malaysia”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1 No. 1 September 2015.

Jasmi, Kamarul Azmi. 2010. “Guru Cemerlang Pendidikan Islam Sekolah Menengah di Malaysia”. Tesis. Malaysia: Universiti Kebangsaan Malaysia.

Kementerian Pendidikan Malaysia. 2013. Pelan Pembangunan Pendidikan Pendidikan Malaysia 2013-2025. Malaysia: Kementerian Pendidikan Malaysia.

Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2017. Buku 3 Rambu-Rambu Pelaksa-naan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru.

Khilmiyah, Akif. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Samudra Biru, Yogyakarta.

Madjid, Abd. 2016. Pengembangan Kinerja Guru. Samudra Biru, Yogyakarta.

Matara, Kusmawaty, “Implementasi Kebijakan Pembinaan dan Pemngembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Kota Gorontalo”, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 4, Nomor 1: Februari 2016.

MyNote in Data Catatan Study. Perbandingan Pendididikan Indonesia dan Malaysia. 26 Desember 2017. https://datakata.wordpress.com/2015/10/17/perbandingan-pendidikan-indonesia-dan-malaysia/.

Nata, Abuddin. 2014. Sejarah Pendidikan Islam. Cetakan 2. Kencana Prenadamedia Group, Jakarta.

Priansa, Donni Juni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Alfabeta, Bandung.

Rahim, Abdul M. Ali. 2001. Ilmu Pendidikan untuk KPLI. Cetakan 1. Utusan Publications & Distributors Sdn Bhd, Kuala Lumpur.

Rashid, Noriati A. (et.al). 2014. Falsafah dan Pendidikan di Malaysia. Cetakan 9. Oxford Fajar Sdn. Bhd., Malaysia.

Saad, Ibrahim. 1992. Perubahan Pendidikan di Malaysia. Cetakan 2. Mutucetak Sdn. Bhd., Kuala Lumpur.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan 8. Kencana Prenada Media, Jakarta.

Sang, Mok Soon. 2000. Ilmu Pendidikan untuk KPLI (Kursus Perguruan Lepas Ijazah). Kumpulan Budiman Sdn. Bhd., Kuala Lumpur.

_______________, 1996. Pendidikan di Malaysia. Cetakan 6. Kumpulan Budiman Sdn. Bhd., Kuala Lumpur.

Saud, Udin Syaefudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Cetakan 2. Alvabeta, Bandung.

Shalihah, Nikmatus, Implikasi Kajian Comparative Education terhadap Lembaga Pendidikan. Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 391-407. Tahun 2014.

Undang-Undang Permendikbud RI No. 87 Tahun 2013 Tentang Program Profesi Guru Prajabatan

Undang-Undang Permendiknas RI No. 16 Tahun 2007 Tentang Satandar Kualifikasi Akademik dan Kompetenisi Guru.

Widodo, Syukri Fathudin Achmad. Quality Assurance Pendidikan di Indonesia dan Malaysia. 27 Desember 2017 http://staffnew.uny.ac.id/upload/132302946/pendidikan/quality+assurance+in+education(+Indo+vs+Malay).pdf.

Zahroh, Luluk Atirotu, “Peningkatan Profesionalisme Guru Raudhotul Athfal”, Jurnal Ta’allum, Vol. 2 No. 1 Juni 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.