Self Management Dalam Meningkatkan Kualitas Menghafal Al-Qur'an

Nor Rochmatul Wachidah, M. Luqmanul Hakim Habibie

Abstract


Menghafal Al-Qur'a>n merupakan sunnah Nabi Muhammad Saw yang sudah menjadi sebuah tradisi amal saleh yang dilakukan oleh salafush-sha>lih untuk menjaga dan mempertahankan keotentikan tulisan, bacaan Al-Qur'a>n. untuk mendapatkan hafalan Al-Qur'a>n yang berkualitas tentu dengan proses muja>ha>dah, tira>kat (tarekat-jalan-suluk) yang sangat panjang dan lama. Sudah menjadi sebuah keniscayaan bahwa dalam proses menghafal Al-Qur'a>n dan menjaga hafalan Al-Qur'a>n bagi yang sudah pernah mengkhatamkan hafalannya terdapat sebuah ujian, cobaan dan problem yang luar biasa dahsyat yang bisa saja mengganggu keistiqomahan dalam menghafal dan menjaga hafalan al-Qur'a>n. Salah satu hal yang dianggap memberikan kontribusi, dan memberikan kemudahan menghafal Al-Qur'a>n ialah Self Management. Dengan Self Management yang kuat dan teratur serta tips dan kiat-suksesnya seseorang pasti akan menemukan ritme dan gaya nya sendiri dalam menghafal dan menjaga hafalan al-Qur'a>nnya sehingga kelak memiliki hafalan al-Qur'a>n yang berkualitas (Mutqin). Oleh karena itu, seseorang penghafal Al-Qur'a>n harus memiliki kompetensi Self Management yang maksimal sehingga semua program menghafal Al-Qur'a>n berjalan dengan lancar dan agenda hidup seorang penghafal Al-Qur'a>n terus berprogres dan meningkat kualitasnya sama hal dengan meningkatnya kualitas hafalan Al-Qur'a>n.


Keywords


Self Management; Improving Quality; Memorizing Al-Quran

Full Text:

PDF

References


Supriyadi, S.( 2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuanantar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2).

Usman Abu bakar, (2014).Pengantar manajemen Sumber Daya Manusia dalam Perpektif Pendidikan Islam, Surakarta : Fataba Press.

Jawwad, M. Ahmad Abdul, (2004). Management Waktu. Bandung: Syamil Cipta Media.

Herry, Bahirul Amali.(2012). Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal Al-Qur'a>n .Yogyakarta : Proyou

Qosim, Amjad.(2008). Hafal Al-Qur'a>n dalam Sebulan. Cemani Solo: Qiblat Press

Chairani, Lisya dan Subandi.(2010). Psikologi Santri Penghafal Al-Qur'a>n .Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Muhammad Nasib Ar-Rifa’i,(2000). Ringkasan Ibnu Katsir. Jakarta : Gema Insani

Hidayah, Aida. (2017). Metode Tahfidz Al-Qur'a>n untuk Anak Usia Dini, Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur'a>n dan Hadis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Vol.18. Nomor 1,

Bolotio, Rivai. Muhammad Imran, Dewi Afiatul Qutsiyah.(2020). Konsep Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal IAIN Manado.

Sa’dulloh. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur'a>n, Jakarta: Gema Insani.

Wulandari, (2013). “Manajemen Diri Mahasiswi Berstatus Menikah”, Skripsi, IAIN Salatiga.

Jazimah, Hanum. (2014):"Implementasi Manajemen Diri Mahasiswa Dalam Pendidikan Islam," Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 6 No. 2,

Uno, Hamzah B. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta :Bumi Aksara

Qardhawi, Yusuf. 1999. Berinteraksi Dengan Al-Qur'a>n . Jakarta: Gema Insani.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.8458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Authors



Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.