Hubungan Kepemimpinan Kepala Madrasah Dengan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan

https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.8679

Supi Khoerunnisa, Irawan Irawan, Dian Dian

Abstract


. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan kepala madrasah dengan motivasi kerja tenaga kependidikan, adapun secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (a) ) Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kab. Sumedang, (b) Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kab. Sumedang dan (c) Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Madrasah dengan Motivasi Kerja Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri  se-Kabupaten Sumedang. Dan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan menggunakan teknik sampling total yaitu dimana semua populasi sebanyak 85 dijadikan sampel. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (a) Kepemimpinan kepala madrasah termasuk kualifikasi sangat tinggi, karena berada pada rentang interval 4,20- 5,00 yaitu 4,23 (kualifikasi tinggi). (b) Motivasi kerja Tenaga Kependidikan termasuk kualifikasi tinggi, karena berada pada rentang interval 3,40 – 4,19 yaitu 3,93 (kualifikasi tinggi). (c) Hubungan kepemimpinan kepala madrasah dengan mtivasi kerja tenaga kependidikan terdapat hubungan sebesar 0,725, dengan harga koefisien masuk kategori 0.51 – 0.75 yang artinya ada hubungan yang kuat. Artinya, semakin dioptimalkanya kepemimpinan kepala madrasah maka motivasi kerja tenaga kependidikan meningkat.


Full Text:

PDF

References


Aeni rahmi. (n.d.). Pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja Tenaga Administrasi DI SMA NEGERI 2 Sungguminasa Kab. Gowa. 2017.

Irawan,. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jahari, J. (2013). Manajemen Madrasah. Bandung: ALFABETA.

Madu, A., & Jailani. (2013). Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah , Motivasi Kerja , dan Komunikasi Interpersonal dengan Kinerja Guru Matematika SMA The Relationship between the Principals ’ Leadership , Work Motivation , and Interpersonal Communication and the Performance of High Sc. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(4), 12–20.

Mesiono. (2012). Manajemen Organisasi. Bandung.

Permendiknas Nomor 24 tahun 2008 tentang tenaga adminitrasi tenaga kependidikan

Rahayu, Y. N. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung. Handout.

Rewansyah, A. (2011). Kepemimpinan dalam Pelayanan Publik (Kesatu). Bandung. STIA LAN.

Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perhitungan manual & SPSS. Jakarta Prenada Media Grup.

Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanto, P. (2016). Produktivitas Sekolah. Bandung: Fajar Media.




DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i1.8679

Article Metrics

Abstract views : 87 | PDF downloads : 45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
All publications by by al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.